HomePsikologiPsikologi KeluargaManfaat WFH Bagi Anda yang Sudah Berkeluarga
Psikologi Keluarga

Manfaat WFH Bagi Anda yang Sudah Berkeluarga

Tamara Anastasia, 17 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak terasa setahun sudah sebagian orang bekerja dari rumah atau WFH. Meski membosankan, WFH punya manfaat untuk pasangan yang berkeluarga lho!

Manfaat WFH Bagi Anda yang Sudah Berkeluarga

Kini banyak perusahaan yang menerapkan sistem bekerja dari rumah atau WFH (work from home). Tidak sedikit orang yang merasa bosan dan jenuh saat bekerja di rumah. 

Akan tetapi, bagi pasangan yang sudah berkeluarga, WFH mungkin menghadirkan  manfaat karena ia bisa menghabiskan banyak waktu dengan keluarga tercinta.

Lantas, apa saja keuntungan WFH bagi pasangan yang sudah berkeluarga? 

  • Hubungan dengan Pasangan Semakin Intim 

Ketika salah satu pasangan bekerja di kantor, maka pasangan lainnya akan lebih banyak berperan dalam mengurus rumah tangga dan anak.

Bukan tidak mungkin bisa muncul perselisihan ketika salah satu pasangan mulai habis kesabaran akibat pusing mengurus urusan rumah. 

Namun, dengan adanya kebijakan WFH, pembagian tugas antara rumah dan kantor dapat disiasati agar terasa lebih adil. Anda bisa mengatur jadwal dengan pasangan untuk mengurus anak secara bergantian. 

Hasilnya, hubungan dengan pasangan pun akan terasa lebih mesra dan intim karena adil dan penuh pengertian. 

  • Lebih Dekat dengan Anak 

Bagi pasangan yang baru saja memiliki anak, bekerja di kantor mungkin membatasi waktunya untuk bertemu dengan si kecil. 

Tak dimungkiri, Anda bakal kehilangan berbagai momen penting terkait tumbuh kembang si buah hati. 

Dengan adanya peraturan bekerja dari rumah, hal ini bisa membantu Anda membangun kedekatan dan keintiman dengan anak.

Misalnya saja, Anda jadi bisa memandikan atau menyempatkan waktu mengurus anak, memasak menu MPASI untuk si kecil, menghabiskan waktu istirahat bekerja dengan anak, atau membacakan dongeng sebelum ia tidur. 

  • Lebih Punya Waktu Untuk Diri Sendiri 

Pada pagi hari, umumnya jalanan sering macet. Lalu, untuk menghindarinya Anda harus berangkat lebih pagi. 

Hal tersebut kerap membuat Anda jadi tak merasakan nikmatnya suasana pagi hari, sarapan, atau olahraga setelah bangun tidur. 

Nah, ketika bekerja dari rumah, Anda tak perlu terburu-buru untuk mengejar bus, kereta, atau bahkan takut terlambat masuk ke kantor. 

Anda bisa tetap bangun sesuai jadwal dan mengganti waktu perjalanan ke kantor untuk diri sendiri dan pasangan. 

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, mengatakan, “Anda bisa menghabiskan waktu untuk diri sendiri dengan berolahraga, melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti memasak, menonton televisi ketika urusan rumah selesai, dan sebagainya.”

Artikel Lainnya: Kerja #DiRumahAja Bisa Ganggu Kesehatan Mata, Mengapa?

  • Menghemat Pengeluaran Bulanan

“Karena aktivitas di luar rumah terbatas, Anda jadi lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah. Hal inilah yang membuat pengeluaran uang jadi sedikit. Mungkin, bagi beberapa orang, ia dan pasangannya jadi bisa menabung.” kata psikolog Ikhsan. 

Uang yang ditabung saat WFH ini bisa dijadikan investasi untuk kebutuhan anak di masa depan maupun kebutuhan pribadi dengan pasangan.

  • Punya Waktu Untuk Olahraga

Semenjak bekerja dari rumah, Anda jadi lebih fleksibel untuk melakukan aktivitas sehari-hari. 

Contohnya, olahraga mungkin menjadi aktivitas yang tidak Anda lakukan ketika bekerja di kantor. 

Ketika WFH, Anda tak perlu menghabiskan waktu di jalan untuk berangkat atau pulang. 

Bekerja dari rumah bisa membuat Anda menyediakan waktu berolahraga bersama anak dan pasangan. Tidak hanya semakin terikat, Anda dan keluarga pun juga semakin sehat. 

Artikel Lainnya: Awas Bau Badan meski WFH, Ini Solusi Alami yang Praktis

  • Bagi Beberapa Orang Bisa Mengurangi Stres

Karena bekerja dari rumah, Anda jadi tidak terpaku dengan aturan yang ada di kantor. Misalnya, salah satu manfaat WFH adalah tak harus pakai seragam atau baju rapi yang formal. 

Bekerja dari rumah bisa dilakukan dengan memakai pakaian yang nyaman. Ketika merasa nyaman, stres bisa menurun, mood atau suasana hati menjadi meningkat, Anda pun semakin semangat bekerja!

Di sela-sela waktu bekerja dari rumah, Anda bisa sambil mengurus anak, bekerja sambil memasak, bekerja sambil menonton tayangan TV yang Anda suka, dan sebagainya. 

Kegiatan selingan itu bisa menekan rasa stres akibat pekerjaan kantor. Anda pun menjadi lebih rileks saat punya aktivitas yang lebih fleksibel. 

Itu dia beberapa manfaat WFH bagi yang sudah punya pasangan atau berkeluarga. Jangan jadikan WFH sebagai bentuk hukuman saat pandemi, tapi ambilah hikmah di baliknya. 

Anda jadi lebih dekat dengan anak dan pasangan, pengeluaran yang dibutuhkan juga tidak sebanyak saat pergi ke kantor, dan sebagainya. Cari tahu informasi kesehatan mental lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

Kerja dari rumah

Konsultasi Dokter Terkait