Sukses

Manfaat Buah Parijoto Untuk Kesuburan

Untuk mewujudkan kehamilan, pasutri kerap dianjurkan makan berbagai buah untuk kesuburan, salah satunya parijoto. Ketahui manfaatnya di sini.

Berbagai cara akan dilakukan oleh pasangan suami dan istri agar segera memiliki momongan. Mulai dari konsultasi ke dokter, terapi kesuburan, hingga mengonsumsi berbagai makan makanan. 

Salah satu makanan yang disebut-sebut bisa meningkatkan kesuburan dan membantu mewujudkan kehamilan adalah buah parijoto. 

Benarkah buah parijoto untuk meningkatkan kesuburan? Simak penjelasan lengkapnya lewat ulasan berikut ini. 

1 dari 3 halaman

Khasiat Buah Parijoto Untuk Kesuburan

Buah parijoto memiliki nama ilmiah Medinilla speciosa. Karena bentuknya yang kecil dan berwarna ungu, parijoto sering dianggap mirip dengan buah anggur. 

Tanaman buah parijoto umumnya banyak ditemui di negara Indonesia serta Filipina. Meski namanya asing, buah ini diyakini sebagian orang bisa meningkatkan kesuburan pasutri. 

Berikut adalah manfaat buah parijoto untuk kesuburan. 

  1. Membantu Meningkatkan Kesuburan

Dijelaskan oleh dr. Arina Heidyana buah parijoto memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi tersebut baik bila dikonsumsi oleh wanita yang ingin segera memiliki anak.

“Mengonsumsi buah parijoto bisa berefek untuk kesuburan karena kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, beta karoten, tanin, dan saponin,” jelas dr. Arina.

Kandungan tersebut diketahui mampu memicu meningkatkan kualitas sel telur agar kehamilan bisa terjadi. 

Jadi, jika memang Anda sedang ingin menjalani program kehamilan, tidak ada salahnya mengonsumsi buah parijoto yang dipercaya baik untuk kesuburan. 

  1. Melindungi Sel Telur

Dokter Arina mengatakan, di dalam buah parijoto terdapat kandungan beta karoten yang baik untuk kesehatan sel telur wanita. 

Beta karoten sendiri merupakan vitamin A yang bila dikonsumsi dapat bermanfaat untuk melindungi sel telur dari kerusakan radikal bebas.

Tidak hanya itu, beta karoten memiliki kemampuan untuk melindungi DNA dan membantu memperbaiki kualitas sperma pria. 

Artikel Lainnya: Ragam Buah untuk Kesuburan Kandungan Agar Cepat Hamil

  1. Meningkatkan Kesehatan Pasutri

Agar program hamil berjalan lancar dan sesuai harapan, pasangan suami istri harus berada dalam kondisi kesehatan yang prima. 

Nah, buah parijoto diyakini mampu menghadirkan manfaat kesehatan tersebut. Sebab, buah parijoto mengandung antioksidan yang bisa memperbaiki kerusakan sel, jaringan, dan membuat tubuh tetap sehat.

Selain mengonsumsi buah parijoto, Anda perlu memperhatikan keseimbangan nutrisi dari makanan bergizi lainnya, istirahat cukup, dan hindari stres agar tubuh sehat.

  1. Membantu Mencegah Keguguran

Selama kehamilan, kesehatan dan kondisi janin akan bergantung dari nutrisi yang ibu konsumsi. 

Untuk itu, tidak ada salahnya mengonsumsi buah parijoto yang mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan dan beta karoten. Manfaat tersebut diyakini dapat mencegah keguguran saat hamil. 

Kendati begitu, manfaat buah parijoto yang satu ini belum terbukti secara ilmiah dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Artikel Lainnya: 6 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

2 dari 3 halaman

Aturan Mengonsumsi Buah Parijoto

Dijelaskan oleh dr. Arina mengonsumsi buah parijoto untuk membantu program kehamilan memang tidak dilarang. Namun ada yang perlu diperhatikan adalah jumlah konsumsi dari buahnya sendiri.

“Ketika mengonsumsi parijoto, makanlah buah tersebut dalam porsi yang normal dan tidak berlebihan. Lalu, jangan hanya makan buah parijoto saja. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan buah atau sayuran lain supaya kebutuhan nutrisi yang lain tercukupi,” kata dr. Arina.

Selain itu, Anda juga wajib berhati-hati mengenai risiko alergi akibat mengonsumsi buah parijoto. Pasalnya, ada beberapa buah yang memiliki potensi alergi. 

Segera berhenti makan buah parijoto jika Anda mengalami mual, muntah, atau tanda alergi lainnya. Setelah itu, periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis lebih lanjut. 

Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter atau berkonsultasi langsung dengan dokter melalui layanan LiveChat 24 Jam.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar