Sukses

Mengenal Manfaat Daun Binahong untuk Luka Bakar

Meski terdengar asing, manfaat daun binahong untuk luka bakar sudah banyak diteliti. Penasaran bagaimana cara menggunakannya sekaligus efektivitasnya? Cek di sini!

Daun binahong termasuk salah satu herbal yang tak boleh diremehkan khasiatnya. Tanaman rambat yang punya nama latin Anredera cordifolia ini disinyalir bermanfaat luar biasa untuk kulit, yakni mengatasi luka bakar.

Tak sekadar kepercayaan belaka, dr. Dyah Novita Anggraini pun mengatakan daun binahong untuk luka bakar sudah banyak diteliti secara ilmiah.

Kandungan antioksidan dari tanaman yang batangnya berwarna merah keunguan itu juga tinggi.

Hal tersebut membuat daun binahong sering digunakan untuk mencegah berbagai penyakit kronis, seperti gangguan ginjal, hipertensi, dan diabetes.

1 dari 3 halaman

Efektivitas Daun Binahong untuk Luka Bakar

Luka bakar dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya api atau benda panas lain, radiasi, iritasi bahan kimia, hingga sengatan listrik.

Dalam studi yang berjudul The Scouring of Binahong Leaves Accelerates The Healing of Burns on White Rats, para peneliti mengoleskan daun binahong untuk luka bakar yang terjadi di permukaan kulit tikus putih.

Pemeriksaan mikroskopis dan makroskopis pada hewan pengerat tersebut memperlihatkan adanya durasi peradangan yang pendek.

Peradangan yang cepat sembuh itu disebabkan densitas (kepadatan atau kerapatan) kolagen yang dihasilkan oleh pengobatan daun binahong.

Artikel Lainnya: Manfaat Daun Bawang yang Mungkin Belum Anda Tahu

Daun yang permukaannya cukup lebar itu mengandung flavonoid, tanin, alkaloid, dan steroid. Selain itu, daun binahong juga mengandung senyawa saponin yang berfungsi sebagai antiseptik.

Senyawa tersebut juga merangsang pembentukan kolagen, lho! Kolagen itu sendiri sangat penting untuk meregenerasi kulit.

Jika tubuh memproduksi kolagen dalam jumlah memadai, maka luka bakar ataupun goresan di kulit lainnya akan cepat sembuh.

Temuan pada studi tersebut ternyata didukung oleh penelitian lain. Studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Farmasi Sains dan Terapan ini mengecek efektivitas daun binahong untuk luka bakar derajat dua pada hewan tikus.

Peneliti menggunakan salep dengan campuran ekstrak daun binahong 40 persen, untuk diberikan dua kali sehari selama seminggu. Hasilnya, proses perbaikan jaringan kulit terlihat di hari ketiga dan sembuh di hari ketujuh.

Artikel Lainnya: Manfaat Daun Kecapi yang Katanya Punya Efek Antibakteri

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Daun Binahong untuk Luka Bakar

“Penelitian yang ada sebagian besar dilakukan dengan cara menggerus daun binahong sampai lumat, lalu dioleskan ke kulit yang luka,” kata dr. Dyah Novita.

“Ada juga yang dijadikan ekstrak dan dibuat dalam bentuk salep. Sama caranya, salep tersebut dioleskan ke luka bakar,” sambungnya.

Lantas, bagaimana dengan daun binahong yang direbus untuk diminum airnya? Menurut, dr. Dyah Novita, cara tersebut belum diketahui bagaimana efektivitasnya.

Oleh karena itu, cara menggunakan daun binahong untuk luka bakar yang paling dianjurkan adalah dengan digerus sampai lumat.

Sebelum itu, cuci dulu daun tersebut dengan air mengalir hingga bersih. Pastikan alat yang digunakan juga steril dan bebas kuman, agar tidak ada infeksi tambahan yang justru merugikan.

Sebelum mengaplikasikannya ke bagian tubuh tertentu,  Anda mesti memperhatikan derajat luka bakar yang dialami. Dokter hanya merekomendasikan daun binahong untuk luka bakar derajat satu pada manusia.

Artikel Lainnya: Benarkah Daun Sukun Bermanfaat untuk Kesehatan?

Faktanya, luka bakar derajat satu hanya mempengaruhi bagian epidermis (kulit terluar). Gejalanya adalah kulit memerah gelap dan terasa perih.

“Untuk luka bakar derajat lainnya, apalagi derajat tiga dan empat, lebih baik gunakan perawatan medis. Dikhawatirkan, kombinasi antara pengobatan medis yang utama dengan daun binahong justru berinteraksi secara negatif,” saran dr. Dyah Novita.

Demikian fakta mengenai manfaat daun binahong untuk luka bakar. Anda masih punya pertanyaan seputar keluhan kesehatan lainnya?

Tak perlu ragu untuk melakukan konsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar