Sukses

Memasak Bisa Menjadi Cara untuk Mengurangi Stres

Cara untuk melepas stres banyak sekali, tak harus selalu liburan mewah. Anda bisa menghilangkan stres dengan cara murah, meriah, dan menyenangkan, yaitu dengan memasak.

Ketika berbicara soal cara menghilangkan atau meredakan stres, Anda pasti akan berpikir soal liburan, naik gunung, berjemur di pantai, atau camping. Akan tetapi, melepas stres sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah, yaitu dengan memasak. 

Ya, kegiatan memasak bukan sekadar menyiapkan makanan bagi keluarga. Memasak punya manfaat bagi kesehatan mental dan bisa menurunkan tingkat stres yang Anda rasakan. Di masa pandemi begini, memasak juga bisa menjadi kegiatan  alternatif di dalam rumah untuk mengisi waktu luang. 

1 dari 3 halaman

Bagaimana Memasak Bisa Membantu Menghilangkan Stres?

Dilansir dari Huffington Post, secara psikologis, memasak disebut sebagai aktivasi perilaku. Untuk membuat makanan yang enak, Anda harus ikut serta ke dalam proses memasak. 

Anda perlu mencicipi, mengoreksi rasa dengan cepat, bahkan menambah atau mengurangi panas masakan di kompor. Hal tersebut merupakan aktivitas yang membutuhkan perhatian dan pikiran yang positif, dilakukan dengan tujuan agar menghasilkan makan enak, dan mudah dilakukan oleh siapa saja. 

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog juga setuju bahwa memasak adalah kegiatan yang bisa melepaskan stres. "Betul, memasak bisa melepas stres. Karena ketika kita memasak itu ada kepuasan tersendiri sebenarnya," ungkap psikolog Ikhsan 

Menurut psikolog Ikhsan, jika memasak itu adalah hobi, maka kegiatan yang bagi Anda menyenangkan dan bisa menghasilkan sesuatu itu membuat diri menjadi tenang. Tingkat stres pun akan turun.

Artikel Lainnya: 8 Kiat Hindari Stres bagi Anda Para Ibu Baru

"Apalagi kalau hasil masakan yang kita buat diapresiasi dari orang sekitar seperti dimakan sampai habis dan dipuji rasa masakan kita," sambung psikolog Ikhsan.

Diwartakan dari Smithsonianmag, menurut sebuah penelitian, memasak adalah kegiatan yang membutuhkan kreativitas dari pelakunya. Efeknya, memasak membuat seseorang jadi merasa berkembang. 

Berkembang bisa dimaknai sebagai rasa menjadi pribadi yang bertumbuh atau lebih baik daripada sebelumnya. Lantas, adanya perasaan tersebut memunculkan efek bahagia di dalam diri seseorang.

Tak hanya itu, memasak memiliki perilaku yang mirip saat seseorang sedang meditasi. Karena aktivitas seperti menyiapkan bahan masakan, menakar bumbu, sampai menata dan menyajikan makanan di piring, digambarkan sebagai hal-hal kecil yang membuat pikiran fokus seperti saat meditasi.

Artikel Lainnya: Berbagai Manfaat Masak Bersama Anak di Akhir Pekan

2 dari 3 halaman

Tips Memasak Agar Stres Bisa Hilang

Ada beberapa tips memasak yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan stres. Berikut tips yang bisa Anda lakukan:

1. Masak Makanan yang Anda Suka

Menurut psikolog Ikhsan, Anda bisa memasak hidangan yang Anda suka. Memasak makanan kegemaran dapat memuaskan hasrat dan lidah Anda. Bila hasil masakan sudah terasa enak, hal itu sudah cukup membuat stres atau penat menghilang.

2. Mencoba Resep Baru

Setelah berhasil memasak makanan yang disukai, selanjutnya Anda bisa mencoba resep baru. Anda bisa dengan mudah mendapatkan resep makanan lewat browsing di internet.

"Boleh juga mencoba memasak resep baru, supaya pada saat memasak menu baru kita merasa ada pencapaian baru juga karena sudah berhasil masak menu baru," jelas psikolog Ikhsan.

Artikel Lainnya: Benarkah Penggunaan Alat Masak Kayu Lebih Sehat dari Bahan Lain?

3. Sediakan Waktu Cukup

Untuk menghilangkan stres, memasaklah ketika Anda memiliki waktu yang luang. Sebab kalau kepepet, misalnya dalam beberapa saat ada janji atau jadwal meeting online, Anda bisa terburu-buru dan tidak puas dengan hasil masakan. 

Dampaknya, stres yang Anda rasakan semakin bertambah karena masakan belum selesai atau rasanya tidak sesuai harapan.

4. Memasak Saat Pikiran Sudah Tenang

Banyak orang mencoba memasak saat emosi sedang memuncak karena suatu masalah. Sayangnya, hal tersebut malah tidak menghasilkan manfaat apa-apa untuk ketenangan hati. 

Agar manfaat pelepasan stres didapat, Anda harus memasak ketika kepala sudah dingin dan situasi di sekitar Anda tenang. Apabila memasak dilakukan dengan hati yang senang, maka hasil masakan akan lezat dan stres pun hilang. 

5. Masak di Tempat yang Bersih

Perhatikan juga kebersihan dapur atau tempat Anda memasak. Bila Anda memasak di tempat atau dapur yang kotor, hal itu malah menimbulkan rasa risi dan tak nyaman. 

Itu dia manfaat serta tips memasak untuk menghilangkan stres. Untuk tahu cara menghilang stres lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar