Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Skindemik? Efek Samping yang Muncul Saat Situasi Pandemi

Skindemik? Efek Samping yang Muncul Saat Situasi Pandemi

Bukan hanya pandemi yang harus diwaspadai, tapi juga munculnya skindemik sebagai efek sampingnya. Apa itu dan bagaimana mengatasinya?

Saat pandemi, semua orang harus mengubah kebiasaan guna menghindari penularan penyakit.

Pencegahan yang wajib dilakukan adalah menghindari keramaian, self-quarantine (tak bepergian jika tidak perlu), pakai masker saat ke luar rumah, dan selalu menjaga kebersihan.

Sadarkah Anda bahwa segala penyesuaian yang dijalani saat pandemi dapat menimbulkan efek samping terhadap kulit wajah?

1 dari 3 halaman

Kenali Skindemik, Permasalahan Kulit Wajah yang Muncul di Masa Pandemi

Skindemik dipicu akibat penyesuaian pola hidup yang terjadi saat pandemi. Faktor-faktor, seperti memakai masker, kulit kering akibat seharian di rumah, terlalu lama di ruangan ber-AC, atau stres, dapat menyebabkan skindemik.

Untuk tahu apa saja gejala skindemik, berikut rinciannya:

  • Maskne

Maskne, singkatan dari masker dan acne (jerawat), adalah gejala yang paling umum dirasakan akibat pemakaian masker yang terlalu lama.

Dalam dunia medis, maskne dikenal sebagai acne mechanica. Kondisi ini ditandai dengan peradangan di kulit akibat paparan kuman, polusi, dan panas matahari berlebihan.

  • Kulit Iritasi dan Kemerahan

Masker juga dapat menyebabkan kulit wajah jadi iritasi kemerahan. Biasanya, hal ini dipicu oleh alergi atau iritasi terhadap bahan masker, pemakaian masker terlalu ketat, maupun masker yang sering bergesekkan dengan kulit.

  • Masalah Lainnya

Masalah kulit lain yang mungkin muncul adalah keluhan kering dan terkelupas akibat terlalu lama berada di ruangan ber-AC, terutama saat self-quarantine.

Artikel Lainnya: Bawa Ini Untuk Jaga Kebersihan Wajah Saat Bepergian

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Mengatasi Skindemik?

Guna mencegah dan mengatasi skindemik, Anda bisa menggunakan rangkaian produk POND’S Anti-Bacterial Range.

Berikut beberapa produk rangkaian POND’S Anti-Bacterial Range yang bisa melindungi kesehatan kulit saat pandemi.

1. Pakai POND’S Anti-Bacterial Skin Protect Day Cream

Produk POND’S Anti-Bacterial Skin Protect Day Cream bekerja melindungi kulit tiga kali lebih kuat karena mengandung antioksidan, mempercepat regenerasi sel, dan memperkuat lapisan kulit.

Tak hanya itu, produk dengan kemampuan Smart Defence Technology ini memiliki SPF 30 PA+++ yang melindungi kulit dari sinar UV, blue light, polusi, dan kuman penyebab jerawat.

Perlu diketahui, paparan sinar UV dan kuman di sekitar bisa melemahkan daya tahan kulit.

Ketika kondisi kulit tidak prima, wajah rentan mengalami gejala skindemik, seperti kering, berjerawat, dan kemerahan.

Karena itu, oleskan POND’S Anti-Bacterial Skin Protect Day Cream ke wajah sebagai upaya melindungi kulit saat di rumah, tepatnya sebelum beraktivitas atau menggunakan masker.

Artikel Lainnya: Krim Wajah Berubah Kecokelatan, Apa Masih Boleh Dipakai?

2. Gunakan POND’S Anti-Bacterial Refreshing Face Wipes dan Face Mist

Masker yang tidak diganti menyebabkan keringat serta kotoran terperangkap di pori-pori dan memicu jerawat muncul.

Saat mau mengganti masker di luar rumah, sebaiknya wajah kembali dibersihkan menggunakan POND’S Anti-Bacterial Refreshing Face Wipes.

Facial wipes dengan kemampuan TT Protect-R ini membersihkan kulit dari minyak, kotoran kuman, dan tidak mengandung alkohol. Produk ini mengandung antibacterial agent yang melawan 99 persen kuman di wajah.

Terdapat pula kandungan ekstrak aloe vera yang membuat wajah terasa sejuk, lembap, dan tak bikin kulit kering. Sekali usap, wajah jadi bersih, segar, dan cocok untuk pengguna makeup ringan.

Saat pakai atau sebelum ganti masker, Anda juga bisa menyemprotkan POND’S Anti-Bacterial Face Mist.

Produk dengan kemampuan TT Protect-R ini mengandung bahan antibakteri yang melindungi kulit dan mampu melawan 99 persen kuman di wajah.

Selain itu, POND’S Anti-Bacterial Face Mist seratus persen terbuat dari ekstrak mawar dengan kandungan 5 vitamin yang bikin kulit terhidrasi, lembut, segar, dan glowing meski pakai masker seharian.

POND’S Anti-Bacterial Face Mist juga merupakan produk alcohol free dan praktis digunakan saat di luar rumah.

Untuk pengguna makeup tebal, Anda tak perlu khawatir, face mist juga ini tidak akan melunturkan riasan wajah.

Artikel Lainnya: Membersihkan Wajah dengan Metode Double Cleansing, Perlukah?

3. Cuci Muka Menggunakan POND’S Anti-Bacterial Facial Foam

Menggunakan masker terlalu lama dapat memicu penumpukan kotoran, sel kulit mati, dan kuman yang menyumbat pori-pori kulit. Maka itu, setelah sampai di rumah, Anda harus segera membersihkan wajah.

Tak perlu khawatir untuk memilih produk pembersih wajah yang tepat, Anda bisa menggunakan POND’S Anti-Bacterial Facial Foam yang sudah teruji secara klinis.

Produk facial foam ini menggunakan microfoam dengan kekuatan TT-Protect T dan mengandung formula antibakteri yang bisa melawan 99 persen kuman di wajah.

Karena kandungan tersebut, POND’S Anti-Bacterial Facial Foam mampu membersihkan wajah secara menyeluruh dan meningkatkan perlindungan alami kulit terhadap kuman. Wajah pun jadi sehat, bersih, glowing, dan terawat.

Tidak perlu takut lagi terhadap permasalahan-permasalahan kulit yang muncul saat pandemi.

Dengan menerapkan tips di atas sambil menggunakan POND’S Anti-Bacterial Range, wajah bisa bersih, cantik, Anda pun #gakpanikskindemik. Bye Skindemik!

Cari tahu cara menjaga kesehatan kulit lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

1 Komentar