Sukses

Bahaya Tato Mata untuk Kesehatan Indra Penglihatan Anda

Tato mata memang bisa membuat penampilan lebih nyentrik. Namun, tindakan tersebut dapat mengancam indra penglihatan Anda. Berikut bahaya tato mata menurut dokter.

Tato dianggap sebagai sebuah seni oleh beberapa orang. Tak heran, mereka yang berpendapat demikian rela membuat tubuhnya dipenuhi dengan tato dengan tujuan dan alasan tertentu.

Saking terobsesinya dengan ‘seni’ tersebut, tidak sedikit pula orang yang melakukan tato mata. Apakah Anda juga tertarik melakukan tindakan tersebut? 

Jika Anda menjawab ya, sebaiknya pikir ulang sebelum mengambil keputusan. Pasalnya, tato mata dapat mengancam kesehatan indra penglihatan Anda

1 dari 3 halaman

Apa Itu Tato Mata?

Tato mata dilakukan dengan memberikan warna atau corak tertentu pada seluruh bagian putih di indra penglihatan (sklera). Tato ini dilakukan dengan menyuntikkan tinta dengan jarum di bawah lapisan atas mata ke dalam sklera. 

Sklera itu sendiri punya tiga bagian, yaitu episklera (jaringan ikat longgar pada konjungtiva), sklera (bagian putih mata), dan lamina fusca (serat elastis di bagian terdalam mata). 

Ketika disuntikkan ke dalam sklera, tinta akan selamanya melekat di organ tersebut. Dengan kata lain, orang yang telah melakukan tato mata tidak bisa mengembalikan warna sklera seperti sedia kala.

Artikel Lainnya: Cara Menghilangkan Tato dengan Laser dan Efek Sampingnya

2 dari 3 halaman

Bahaya Tato Mata untuk Kesehatan Indra Penglihatan

Sama halnya dengan tato di bagian tubuh lain, tato mata juga dapat memberikan efek samping yang merugikan kesehatan. 

Berikut ini bahaya tato bola mata yang bisa saja terjadi:

  1. Endoftalmitis 

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, endoftalmitis merupakan risiko pertama yang mungkin akan dihadapi oleh orang-orang yang melakukan tato di mata. 

Endoftalmitis adalah peradangan parah yang terjadi pada bagian dalam mata. Peradangan ini biasanya muncul karena adanya infeksi bakteri,” ujar dr. Dyah Novita Anggraini.

“Jika tidak ditangani dengan baik, endoftalmitis bisa menyebabkan kebutaan,” tegasnya.

  1. Photophobia 

Photophobia adalah kondisi mata yang lebih sensitif terhadap cahaya. Indra penglihatan Anda akan terasa perih, silau, dan nyeri ketika terpapar melihat cahaya, apalagi dalam jumlah berlebih. 

Akibat kondisi tersebut, Anda harus memakai kacamata hitam di luar maupun dalam rumah guna meminimalkan keluhan. Aktivitas juga dapat terganggu, karena pencahayaan yang sulit diterima oleh mata. 

Artikel Lainnya: Sulam Bibir Sebagai Make Up Permanen, Amankah?

  1. Risiko Infeksi Hepatitis 

Jarum suntik yang digunakan untuk tato juga berisiko menyebabkan infeksi hepatitis. Hal ini khususnya terjadi jika Anda melakukan tato mata di tempat yang tidak terjamin kualitas, mutu, dan kebersihannya.

Infeksi hepatitis bisa terjadi akibat menggunakan peralatan yang tidak steril. Kondisi tersebut dapat pula terjadi akibat pemakaian jarum suntik tato secara berulang. 

  1. Perforasi Mata 

Menurut Kementrian kesehatan News South Wales, Australia, bahaya tato mata lainnya adalah perforasi mata.

Perforasi mata dapat menyebabkan penipisan sklera menjadi kurang dari satu milimeter. Hal ini bisa menyebabkan kebutaan permanen. Mengerikan, bukan? 

  1. Perdarahan 

Risiko perdarahan juga termasuk sebagai bahaya tato bola mata yang bisa terjadi, khususnya jika tindakan tersebut dilakukan oleh orang yang tidak ahli. 

Perdarahan pada mata adalah kondisi gawat darurat yang mesti segera diatasi. Jika terlambat, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami gangguan fungsi indra penglihatan secara permanen.

Artikel Lainnya: Efek Tato Terasa Gatal, Kenapa, Ya?

  1. Retinal Detachment 

Retinal detachment atau retina terpisah merupakan dampak lainnya yang bisa terjadi akibat melakukan tato mata. 

Kondisi ini biasanya terjadi ketika retina ditarik jauh dari posisi normal. Akibatnya, pandangan menjadi kabur dan bisa berujung pada kebutaan.

  1. Simpatik Oftalmia 

Simpatik oftalmia adalah respons peradangan autoimun, yang bisa menyebabkan kebutaan pada kedua mata. 

Kondisi ini bisa terjadi ketika mata mengalami trauma, seperti tertusuk benda tajam (jarum tato), terkena benturan, dan sebagainya.

  1. Alergi

Alergi pada tinta tato juga bisa menyebabkan peradangan dan iritasi hebat pada indra penglihatan. 

Kondisi ini ditandai dengan mata merah, keluar cairan terus-menerus, dan terasa sangat gatal. 

  1. Kondisi yang Belum Terdiagnosis

Tidak merasakan efek samping tato mata sesaat setelah tindakan bukan berarti Anda terbebas sepenuhnya dari kemungkinan tersebut.

Artinya, bahaya tato bola mata bisa saja terjadi pada Anda, bukan saat ini, melainkan di masa yang akan datang.

Tato mata sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Pasalnya, tindakan ini sangat mungkin menyebabkan efek samping yang bisa merugikan kesehatan indra penglihatan Anda. 

Jika Anda memaksakan diri untuk melakukannya meski sudah mengetahui bahaya tato mata, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar