Relationship

Deretan Sikap Wanita yang Bisa Membuat Pria Stres

Krisna Octavianus Dwiputra, 05 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada beberapa sikap wanita yang sering menjadi penyebab pria stres. Kenali dan waspadai, agar hubungan Anda tidak melulu dilanda masalah.

Deretan Sikap Wanita yang Bisa Membuat Pria Stres

Dalam suatu hubungan, pria dan wanita sama-sama memiliki keunikan tersendiri. Ada kalanya, kelakukan pria bikin senewen pasangan wanitanya. Namun, tak jarang, ada juga sikap wanita yang menjadi penyebab pria stres.

Bukan maksud merendahkan wanita. Akan tetapi, tidak dimungkiri bahwa terdapat beberapa sikap kaum hawa yang sulit ditebak pria. Akhirnya, hal tersebut menjadi penyebab pria stres sehingga menciptakan konflik yang berujung drama dalam berhubungan.

Anda tidak ingin mengalami kondisi tersebut, bukan? Jika memang demikian, berikut ini beberapa sikap wanita penyebab stres pria yang mesti dikenali dan diwaspadai:

1. Cemas Berlebih

"Kecemasan berlebih pada wanita yang menimbulkan sikap selalu curiga dan banyak bertanya kepada pasangan bisa membuat pria stres," ungkap Ikhsan Bella Persada, M.Psi, Psikolog.

2. Tidak Menjelaskan Perasaan

"Wanita sering diam dan tidak menjelaskan perasaan yang dialami ketika sedang ada masalah. Hal ini bisa membuat pria bingung dalam menghadapi permasalahan yang dialami," kata Ikhsan.

Kalau ditanya “kenapa”, wanita cenderung akan menjawab “tidak apa-apa". Tapi, di saat bersamaan, wajahnya selalu cemberut dan ingin dimengerti. Membingungkan, bukan?

Artikel Lainnya: Anak Broken Home Trauma Menjalin Hubungan Asmara, Apa Sebabnya?

3. Masih Punya Dendam

"Masih menyimpan perasaan tidak nyaman atau dendam terhadap pasangan," tutur Ikhsan.

Kondisi ini diduga karena wanita mengedepankan sisi perasaannya. Jadi, kalau tersakiti, mereka akan menyimpannya dalam hati dan malah bisa berujung dendam.

4. Suka Membesarkan Masalah

Pria menganggap masalah sepele, tapi tidak dengan wanita. Mereka (wanita) bisa saja membesarkan masalah yang sebenarnya tidak begitu penting.

Hal tersebut sebenarnya hanya sudut pandang antara wanita dan pria. Penerimaan terhadap masalah memang berbeda-beda pada setiap orang.

Walau begitu, kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan terus berlangsung. Dalam sebuah hubungan, pria dan wanita harus sama-sama punya pengertian yang baik satu sama lain.

Artikel Lainnya: Tips Anti Selingkuh Bagi Wanita

5. Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain

Menurut psikolog Ikhsan, perilaku wanita yang kerap membandingkan pasangannya dengan orang lain ini juga bisa membuat pria stres.

“Hal ini bisa dikarenakan ada keinginan-keinginan yang tidak terpenuhi dari pasangan,” kata psikolog Ikhsan.

6. Cemburuan

“Sikap cemburuan pada pasangan yang ditunjukkan secara berlebih sehingga seringkali melarang pasangannya dalam membina relasi dengan orang lain,” kata psikolog muda tersebut.

Artikel Lainnya: Pria Lebih Mudah Stres, Ini Solusinya

7. Egois

Sikap egosentris, selalu ingin dimengerti, dan merasa bahwa diri wanita adalah yang paling benar dapat menjadi penyebab pria stres.

“Tapi, semua ini perlu diperhatikan, ya. Jangan-jangan, dari sikap pria sendiri yang menyebabkan timbulnya perilaku tersebut pada si wanita?” tanya Ikhsan.

Ikhsan mengatakan, berbicara mengenai hal tersebut adalah cara terbaik untuk meminimalkan risiko konflik.

"Komunikasikan masalah dan perasaan yang dialami kepada pasangan, agar konflik yang terjadi tidak semakin buruk," saran Ikhsan.

"Sebisa mungkin, beri ruang kepada pasangan agar dapat menenangkan diri dan menyelesaikan konflik dengan lebih baik," sambungnya.

Terdapat beberapa sikap wanita yang memang bisa membuat pria stres. Begitu pun sebaliknya, ada sebagian sikap pria yang sering bikin wanita stres. Jadi, jangan saling menyalahkan, ya. Lebih baik rundingkan agar hubungan bisa dijalankan dengan nyaman dan langgeng.

Jika perlu saran atau butuh bantuan menghadapi konflik dalam sebuah hubungan, Anda bisa berkonsultasi kepada psikolog melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Hubungan Asmara

Konsultasi Dokter Terkait