Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Benarkah Ramuan Kapulaga Bisa Hilangkan Kebiasaan Mendengkur?

Benarkah Ramuan Kapulaga Bisa Hilangkan Kebiasaan Mendengkur?

Mau mencoba ramuan kapulaga untuk atasi mendengkur karena mulai diprotes pasangan? Boleh-boleh saja, tapi ketahui dulu efektivitasnya di bawah ini!

Punya kebiasaan mendengkur alias ngorok memang cukup mengganggu. Selain bikin diri sendiri sering terbangun, orang lain pun sulit tidur nyenyak karena berisik. 

Beragam cara ingin dicoba, salah satunya mengonsumsi ramuan kapulaga. Rempah yang satu ini kaya antioksidan dan terkenal sejak berabad-abad lalu dalam memelihara kesehatan tubuh. 

Tak cuma antioksidan, satu sendok makan kapulaga mengandung kalsium, kalium, dan magnesium. Antioksidan dan kalium mampu menjaga kondisi tekanan darah, sehingga lebih terkontrol. 

Meski baik untuk mencegah hipertensi, bagaimana khasiatnya dalam menghilangkan kebiasaan mendengkur? Apakah sama baiknya?

1 dari 3 halaman

Kapulaga sebagai Cara Menghilangkan Mendengkur secara Alami

Menurut dr. Arina Heidyana, sebenarnya belum banyak penelitian yang membahas manfaat dan efektivitas kapulaga dalam mengatasi ngorok

“Namun, bisa saja ramuan rempah yang satu itu efektif untuk beberapa orang. Hal tersebut bergantung juga pada penyebab kebiasaan mendengkur. Apabila masalah mendengkurnya disebabkan oleh hidung tersumbat, kapulaga bisa membantu,” kata dr. Arina.

Dia menambahkan, “Selain aromanya yang khas, kapulaga itu sifatnya dekongestan sehingga mampu melegakan hidung yang mampet.”

Ketika saluran hidung dan otot tenggorokan tidak tersumbat, intensitas dengkuran otomatis akan berkurang. 

Artikel Lainnya: Kapulaga, Cara Alami Hilangkan Bau Mulut

Kandungan magnesium dalam kapulaga juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Magnesium akan menenangkan sistem saraf parasimpatis serta otot.

Alhasil, orang yang mengonsumsi ramuan kapulaga bisa tidur lebih nyenyak (tidak sering terbangun). 

Tak sekadar bisa meningkatkan kualitas tidur, magnesium dalam kadar cukup juga bisa mengatasi kecemasan dan depresi

Bau mulut setelah bangun tidur juga bisa dikurangi dengan kapulaga. Rempah dari keluarga Zingiberaceae itu bisa menghilangkan bakteri penyebab masalah gigi dan mulut. 

Bila ingin merasakan manfaat kapulaga dalam menghilangkan dengkuran, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, Anda bisa mengonsumsi biji kapulaga secara langsung, dikunyah, lalu ditelan.

Artikel Lainnya: Anak Tidur Mendengkur, Normal atau Tidak?

Kedua, Anda bisa membuat ramuan yang super simpel. Pertama, siapkan air panas dan bubuk kapulaga. Tuang satu sendok makan ke dalam air tersebut, aduk, lalu minum sebelum tidur. 

Karena rasanya agak pahit, Anda juga bisa menggunakan madu murni sebagai pemanisnya. Tuangkan sedikit saja agar manisnya tidak dominan. 

Madu juga dipercaya bisa mengatasi pembengkakan yang menghambat saluran pernapasan. Perlu diingatkan kembali bahwa efektivitasnya masih belum bisa dipastikan pada setiap orang. 

Hidangan sehat yang menggunakan rempah kapulaga juga bisa Anda konsumsi, misalnya tumis daun pepaya atau teh kapulaga kayu manis.

Sama seperti kapulaga, kayu manis juga sumber antioksidan dan mencegah peradangan di tubuh. 

Artikel Lainnya: Apakah Ada Obat untuk Atasi Mendengkur?

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini sebelum Konsumsi Kapulaga untuk Hilangkan Mendengkur!

Kendati layak dicoba, dr. Arina tetap mengingatkan efek samping yang bisa terjadi jika Anda mengonsumsi kapulaga. 

“Ibu hamil dan penderita batu empedu sebaiknya tidak mencoba ramuan kapulaga. Pada ibu hamil, mengonsumsi kapulaga terlalu banyak akan berbahaya bagi janin,” tuturnya.

Beberapa orang bahkan ada yang mengonsumsi kapulaga berlebihan untuk melakukan aborsi ilegal. 

Pada penderita batu empedu, rempah ini bisa memicu kolik. Nah, kolik yang dimaksud adalah kolik bilier, yakni nyeri hebat di perut kanan atas penderita batu empedu.

Makin banyak jumlah kapulaga yang dikonsumsi, semakin besar risiko Anda mengalami kolik ini. 

Tak punya masalah batu empedu atau tidak hamil? Barulah Anda boleh menjadikan kapulaga sebagai cara menghilangkan mendengkur secara alami. Untuk memaksimalkan khasiat kapulaga, Anda juga bisa tidur dalam posisi miring.

Kini Anda sudah mengetahui tentang manfaat kapulaga untuk hilangkan kebiasaan mendengkur serta efek sampingnya.

Bila masih ada pertanyaan seputar gangguan tidur dan pernapasan, tanyakan pada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar