Sukses

Efek Samping Kapulaga yang Perlu Anda Waspadai

Kapulaga adalah rempah yang biasa digunakan dalam masakan. Awas, jangan digunakan berlebihan. Jika abai, Anda malah bisa merasakan efek samping kapulaga berikut ini.

Kapulaga mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, karena sering dipakai untuk bumbu masakan di rumah. Rasanya yang sedikit pedas membuat rempah tersebut sering ditambahkan ke dalam masakan bersantan. 

Kendati demikian, Anda tetap harus berhati-hati dalam menggunakan kapulaga. Pasalnya, bila digunakan sembarangan atau berlebihan, Anda malah bisa merasakan efek samping kapulaga yang berbahaya bagi kesehatan.

1 dari 3 halaman

Kandungan Senyawa dalam Kapulaga

Kapulaga berasal dari India, yang dihasilkan dari biji tanaman Zingiberaceae. Rempah ini diduga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah antioksidan yang bisa menurunkan tekanan darah. Kapulaga juga punya beberapa kandungan enzim yang disinyalir dapat melawan kanker. 

Selain itu, kapulaga disebut pula dapat mengatasi mual, kejang usus, keluhan hati, kehilangan selera makan, batuk, sakit tenggorokan, mulas, sembelit, dan penyakit infeksi.

Satu sendok makan bubuk kapulaga mengandung:

  • 18 kalori
  • 2 gram karbohidrat 
  • 0,6 kalori
  • 22,2 gram kalsium 
  • 64,9 miligram kalium 
  • 10,3 fosfor
  • 13,3 magnesium

Artikel Lainnya: Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2 dari 3 halaman

Efek Samping Kapulaga yang Perlu Diwaspadai

Meski bernutrisi dan baik untuk kesehatan, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kapulaga secara berlebihan. 

Berikut ini beberapa efek samping kapulaga, yang bisa saja terjadi apabila dikonsumsi di luar batas wajar:

  • Interaksi Buruk dengan Obat 

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan untuk mengendalikan berat badan, hindari mengonsumsi kapulaga secara bersamaan. 

Beberapa obat dapat berinteraksi negatif dengan kapulaga, dan menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius. Kondisi yang bisa timbul yaitu mual, mulas, sembelit, dan lainnya. 

Guna meminimalkan risiko efek samping kapulaga, perhatikan aturan pakai obat. Anda pun sebaiknya tidak sembarang mengonsumsi obat pengendali berat badan, karena juga dapat memicu gangguan kesehatan lainnya.

Artikel Lainnya: Kapulaga, Cara Alami Hilangkan Bau Mulut

  • Kolik Batu Empedu 

Batu empedu merupakan penggumpalan cairan sisa-sisa pencernaan yang mengeras dan terbentuk di dalam kantong empedu. 

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, kapulaga bisa memicu pergerakan saluran pencernaan yang dimediasi dengan mekanisme kolinergik dan Ca++ antagonis. Inilah yang nantinya menyebabkan kolik batu empedu dan merugikan penderitanya. 

Senada dengan itu, beberapa studi telah menemukan kaitan antara kolik batu empedu dengan konsumsi kapulaga dalam jumlah berlebih. 

Penelitian menemukan, konsumsi kapulaga dosis tinggi membuat sistem pencernaan gagal menyerapnya. Nantinya, hal tersebut akan menghasilkan sedimentasi di dalam tubuh, yang pada gilirannya bisa menyebabkan terbentuknya batu empedu.

  • Alergi 

Jika dikonsumsi terus-menerus dan dalam jumlah banyak, kapulaga dapat menyebabkan reaksi alergi. Kondisi ini khususnya terjadi pada orang-orang yang sensitif terhadap kandungan di dalam kapulaga.

Seseorang yang mengalami alergi akibat konsumsi kapulaga akan mengalami gejala ruam kulit, gatal-gatal, dan gangguan pernapasan meski jarang terjadi.

“Sebenarnya, efek samping kapulaga yang paling mungkin terjadi adalah kolik batu empedu. Namun, mungkin juga berpotensi memicu keguguran. Oleh karena itu, sebaiknya dihindari konsumsi suplemen (kapulaga) saat sedang hamil atau menyusui,” saran dr. Astrid.

Kapulaga dapat bermanfaat apabila dikonsumsi secara bijak. Jika berlebihan, Anda justru berisiko merasakan bahaya kapulaga bagi kesehatan.

Jika Anda mengalami penyakit tertentu dan ingin mengonsumsi rempah tersebut tanpa khawatir mengalami efek samping kapulaga, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar