Sukses

Pakai Alat Vacum Komedo Efektif atau Bahaya?

Beberapa waktu ini, alat penyedot komedo sedang naik daun. Namun, amankah alat ini? Adakah efek samping vakum komedo yang wajib diperhatikan?

Komedo terbentuk saat pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati yang berlebih. Penyumbatan teroksidasi oleh udara, sehingga mengubahnya menjadi gelap atau disebut dengan komedo hitam (blackhead).

Banyak orang berusaha menghilangkannya, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami sampai menggunakan alat penyedot komedo atau vacuum komedo.

Metode ini sedang populer belakangan ini. Alat berukuran tidak lebih besar dari sekepalan tangan itu dipercaya dapat menghilangkan komedo yang membandel di wajah.

Harga yang dijual di pasaran pun bervariatif, mulai dari yang murah hingga cukup mahal. Namun, apakah manfaat alat vakum komedo sungguhan efektif?

1 dari 3 halaman

Pakai Alat Penyedot Komedo, Efektif atau Bahaya?

Penyedot komedo bekerja instan dengan langsung menyedot komedo keluar dari pori-pori kulit.

Tempatkan alat penyedot ini pada area kulit banyak komedo, misalnya batang hidung atau dagu. Mulailah dari pengaturan yang paling rendah agar tidak menyakiti kulit.

Akan tetapi, apakah penyedot komedo bisa menjadi solusi jangka panjang masalah Anda? Dikutip dalam BAZAAR, Anetta Reszko, dokter kulit dan ahli bedah dari New York City, mengatakan kalau menggunakan vacuum komedo hanya menjadi solusi sementara.

Menurutnya, pori-pori secara alami akan tersumbat lagi, dan menyebabkan komedo datang kembali. 

Alat ini boleh saja digunakan sesekali bila ingin menghilangkan komedo dalam waktu yang cepat dan instan.

Artikel Lainnya: Kiat Hilangkan Komedo yang Mengganggu

Namun, jika digunakan terlalu sering, efek samping vakum komedo bisa menyebabkan kulit kerap ditarik hingga bisa menyebabkan telangiektasis. 

Telangiektasis, juga dikenal sebagai spider veins, ditandai dengan pembuluh darah kecil yang pecah, atau melebar di dekat permukaan kulit.

Namun, kalau Anda ingin menggunakannya sesekali, tidak masalah. Dokter Dyah Novita Anggraini mengatakan, “alat ini bisa bekerja lebih maksimal kalau wajah diberikan larutan yang menyerap ke kulit. Saat divakum, komedo akan lebih mudah lepas.”

“Seperti larutan asam salisilat dan glycolic acid yang biasanya digunakan untuk chemical peeling di wajah,” tutur dr. Dyah Novita.

Selain itu, Anda juga bisa menguapi kulit dengan menggunakan handuk lembap yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Cara ini dilakukan untuk membantu melonggarkan sebum di wajah, sehingga komedo dapat mudah ditarik oleh alat vakum.

Artikel Lainnya: Hilangkan Komedo dengan Bahan Alami Ini

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Komedo yang Dianjurkan 

Jika menggunakan alat penyedot komedo tadi dikatakan hanya menghilangkan komedo sementara, berikut beberapa cara menghilangkan komedo yang dianjurkan:

  • Gunakan pembersih dengan kandungan asam salisilat. Kandungan tersebut bekerja baik dalam mengangkat sel kulit mati dan minyak menyumbat pori-pori di wajah.
  • Eksfoliasi kulit dengan beta hydroxy acid (BHA), seperti asam glikolat.
  • Gunakan produk topikal yang mengandung retinoid.
  • Cobalah masker wajah tanah liat (clay mask).
  • Anda juga bisa coba menggunakan masker wajah arang (charcoal facial mask).
  • Gunakan produk wajah non-komedogenik.
  • Cuci wajah Anda setelah berkeringat.
  • Jangan tidur dengan riasan wajah.
  • Pertimbangkan menemui dokter kulit untuk pengelupasan kimiawi.

Hal lain yang perlu diingat, jangan sekali-kali memencet komedo dengan jari. Tindakan ini berpotensi menyebabkan kerusakan kulit, termasuk jaringan parut.

Bila Anda memiliki permasalahan komedo yang membandel, lebih baik konsultasikan kepada dokter kulit. 

Dapatkan informasi mengenai tips perawatan kulit lainnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar