Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mengenal Vagina Highlighter dan Efeknya untuk Kesehatan Organ Intim

Mengenal Vagina Highlighter dan Efeknya untuk Kesehatan Organ Intim

Jika highlighter di wajah berfungsi memberikan efek glowing dan tegas, apa vagina highlighter fungsinya juga sama? Apakah tidak berbahaya? Yuk, cari tahu di sini!

Mungkin sebagian kaum hawa pernah mendengar seputar vagina mask dan vagina mist. Akan tetapi, bagaimana dengan vagina highlighter? Pernahkah Anda mendengar produk kosmetik kewanitaan yang satu itu?

Berangkat dari produk tersebut, kita akhirnya menyadari bahwa kosmetik tak cuma ditujukan untuk wajah, tangan, dan kaki. Beauty industry mengeluarkan produk semacam itu untuk para wanita yang merasa tak percaya diri dengan area organ intimnya.

 

1 dari 3 halaman

Apa Sebenarnya Vagina Highlighter Itu?

Kosmetik highlighter untuk wajah biasanya berbentuk padatan bubuk yang dipulas menggunakan kuas ke beberapa area yang diinginkan. Ada pula yang berbentuk krim, sehingga Anda bisa mengaplikasikannya langsung dengan jari.

Nah, untuk kosmetik vagina yang satu ini, Anda tidak memerlukan kuas karena bentuknya tidak berupa padatan bubuk, melainkan tube berisi krim.

Fungsi dari vagina highlighter tidak sama dengan kosmetik pemutih miss v. Produk ini bertujuan menambahkan efek kilau di area vulva, bukan membuat putih vagina. Krim tersebut memiliki klaim yang mampu memberi cerah, tegas, dan meminimalkan ketidaksempurnaan kulit organ intim.

Vulva merupakan bagian luar dari organ dan sistem reproduksi kaum hawa. Bagian tersebut terdiri dari bibir vagina luar dan dalam, klitoris, rambut kemaluan, serta kelenjar yang berada di kedua bibir vagina (Bartholin).

Vulva termasuk area penting untuk aktivitas seksual karena dipenuhi sensor saraf yang membantu wanita orgasme.

Artikel Lainnya: Penyebab Vagina Nyeri yang Harus Diwaspadai

Karena area itu penting untuk aktivitas seksual dan bisa merangsang kaum adam juga, maka produsen membuat produk kilau instan ini. Vulva bisa terlihat lebih menggoda dan membuat wanita lebih percaya diri.

Terdapat tambahan vitamin E dan elderflower dalam vagina highlighter. Alhasil, kosmetik itu bisa melembutkan dan menenangkan permukaan kulit. Produk kewanitaan ini juga memberikan klaim bahwa pH kulit akan tetap seimbang, sehingga tidak menyebabkan iritasi.

Cara menggunakannya, pastikan vagina Anda dalam keadaan bersih dan kering. Oleskan sedikit krim sambil ditepuk perlahan-lahan. Produk yang baru dijual di beberapa negara Eropa ini bukanlah sesuatu yang wajib dimiliki oleh setiap wanita.

Bahkan, vagina highlighter masih mengundang kontroversi di kalangan wanita sendiri. Dilansir berbagai sumber, sebagian bersikap netral selama vagina highlighter aman digunakan.

Sedangkan sebagian lagi, lewat media sosial, mereka menentang kehadiran vagina highlighter karena dianggap berlebihan.

Artikel Lainnya: Dosa yang Mengancam Kesehatan Vagina!

2 dari 3 halaman

Apakah Vagina Highlighter Aman Digunakan ke Vagina?

Karena wilayah penjualannya masih terbatas, review yang didapat oleh produk vagina highlighter ini juga belum banyak.

Menurut dr. Devia Irine Putri, apabila kosmetik tersebut digunakan di area bikini line, maka tidak berbahaya.

“Kecuali jika Anda mengaplikasikannya terlalu dalam, dikhawatirkan itu memberikan efek buruk ke vagina. Belum lagi jika kosmetik highlighter vagina ini memiliki kandungan parfum, bisa-bisa memicu iritasi. Petroleum dan glycerin-nya pun bisa memengaruhi pH alami vagina. Otomatis, organ intim berisiko terserang infeksi jamur,” jelas dr. Devia.

Tidak perlu dioleskan ke dalam jika Anda memang telanjur membelinya secara online. Anda bisa mengaplikasikannya ke daerah yang direkomendasikan dokter (bikini line). Bagian bibir vagina yang boleh dioleskan pun hanya bagian luar agar tidak timbul reaksi yang tak diinginkan.

Artikel Lainnya: Mengenal Sports Vagina, Penyebab Miss V Tidak Nyaman Usai Olahraga

Selain itu, dr. Devia menegaskan beberapa hal yang perlu dilakukan bila Anda ingin menggunakan kosmetik highlighter ini, yaitu:

  • Selalu baca lengkap komposisi produk yang akan dibeli. Perhatikan, apakah ada zat-zat yang berbahaya dan memicu alergi atau tidak?
  • Hindari penggunaan produk di atas apabila organ intim Anda sedang mengalami luka atau lecet. “Setelah waxing, produk ini juga tidak boleh digunakan. Waxing membuat pori-pori kulit terbuka dan jauh lebih sensitif. Sebaiknya tunggu 2-3 hari agar kulit lebih tenang,” sarannya.
  • Jika sedang keputihan, sebaiknya Anda atasi dahulu kondisi tersebut. Produk krim kilau instan ini bisa meningkatkan kelembapan. Area miss v yang terlalu lembap bisa memperburuk keputihan.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang vagina highlighter. Apabila masih ada pertanyaan tentang kesehatan organ intim, jangan sungkan untuk tanya langsung pada dokter kami lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar