Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kedondong vs Mangga Muda, Mana yang Lebih Sehat untuk Ibu Hamil?

Kedondong vs Mangga Muda, Mana yang Lebih Sehat untuk Ibu Hamil?

Kedondong dan mangga muda sering ditemukan dalam rujak. Di antara dua buah tersebut, mana yang paling baik untuk kesehatan?

Selain lemon, ada dua buah lainnya yang punya cita rasa asam tetapi tetap digemari, yakni kedondong dan mangga muda. Kedua buah tropis ini juga kerap diincar oleh ibu hamil untuk dijadikan camilan pelepas ngidam. 

Karena kedondong dan mangga muda sering dikonsumsi ibu hamil, kandungan nutrisi di dalamnya perlu diperhatikan. Bahkan, bisa juga dibandingkan untuk menentukan yang terbaik di antara keduanya, lho

1 dari 3 halaman

Perbandingan Nutrisi Kedondong dan Mangga Muda

Dalam 100 gram mangga muda, terdapat 59 kilokalori. Sedangkan untuk takaran yang sama, kedondong mengandung 47 kilokalori.

Karena lemak yang terkandung dalam mayoritas buah tergolong sedikit, keduanya pun hanya memiliki 0,20 gram dan 0,40 gram lemak. 

Jika Anda ingin mendapat asupan karbohidrat yang lebih banyak, mangga muda bisa jadi solusinya. Sebab, perbandingannya adalah 15,1 gram versus 10,4 gram. 

Namun, jika ingin mendapatkan serat, lebih baik Anda mengonsumsi kedondong. Pasalnya, kandungan serat di dalam buah ini lebih banyak 9 persen dari mangga muda. 

Untuk proteinnya, baik mangga muda maupun kedondong sama-sama mengandung 0,50 gram. 

Artikel Lainnya: Manfaat Mangga Muda untuk Ibu Hamil

Bagaimana dengan vitamin dalam kedondong dan mangga muda? Faktanya, terdapat empat jenis vitamin yang dimiliki kedondong dan mangga muda, yaitu vitamin B1, B2, B3, dan C. 

Vitamin B1 di kedondong mencapai 7 persen dari kebutuhan harian, sementara mangga muda hanya sebanyak 6 persen.  

Untuk vitamin B2 di dalam kedondong, kandungannya sebanyak 2 persen. Sedangkan pada mangga muda, jumlah vitamin B2 di dalamnya hanya beda sedikit, yakni 4 persen.

Terkait kandungan B3, keduanya memiliki kadar yang relatif sedikit. Akan tetapi, jika berbicara tentang vitamin C, kedondong adalah juaranya.

Kandungan vitamin C di dalam kedondong tergolong sangat banyak, yakni mencapai 35,56 persen dari kebutuhan harian. Sementara itu, kandungan vitamin C di dalam mangga muda hanya 2,22 persen dari kebutuhan harian.

Bagaimana dengan kandungan mineral di dalam kedondong dan mangga muda? Keduanya memiliki keunggulan berbeda.

Pada kedondong, buah ini unggul dari segi kalium. Sedangkan pada mangga muda, buah ini unggul dari segi fosfor.

Kalium berkhasiat untuk memelihara tekanan darah dan organ jantung, juga menurunkan risiko stroke, serta menjaga sistem saraf. 

Sementara itu, fosfor berguna untuk memelihara kesehatan gigi, tulang, perbaikan sel tubuh, keseimbangan hormon, serta meningkatkan perkembangan kognitif. 

Artikel Lainnya: Benarkah Makan Buah Kundur Bisa Meningkatkan Peluang Hamil?

2 dari 3 halaman

Mana yang Lebih Sehat, Kedondong atau Mangga Muda?

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, baik kedondong dan mangga muda sama-sama menyehatkan. Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan. 

Apabila ingin meningkatkan daya tahan tubuh, maka yang perlu dikonsumsi adalah kedondong. Jika ingin menambah energi, maka yang dikonsumsi ialah mangga muda. 

Manfaat mangga muda juga bisa dirasakan oleh orang yang ingin memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kebaikan tersebut didapat dari kalium yang ada di dalamnya. 

Jika ingin melancarkan buang air besar alias butuh asupan serat lebih, kedondong adalah pilihan terbaik. Manfaat kedondong dalam menyeimbangkan hormon juga tak boleh diremehkan, karena kandungan fosfornya yang cukup tinggi. 

Meski punya keunggulan masing-masing, Anda tetap harus waspada akan potensi bahaya yang bisa terjadi akibat konsumsi kedondong atau mangga muda.

“Ibu hamil dan semua orang yang punya masalah lambung sebaiknya berhati-hati jika ingin mengonsumsi kedondong atau mangga muda. Kedua buah ini bisa meningkatkan asam lambung dan memicu kekambuhan masalah pencernaan,” ucap dr. Dyah Novita.

“Jadi, jika ingin merasakan manfaat mangga muda atau kedondong, lebih baik konsumsi saat perut sudah terisi makanan pokok. Jumlahnya pun tidak boleh berlebihan,” tegasnya.

Punya kelebihan dan efek samping, buah kedondong dan mangga muda wajib dikonsumsi secara bijak. Makan secukupnya saja, dan konsumsi juga asupan sehat lainnya agar kebutuhan nutrisi harian Anda selalu terpenuhi.

Jika Anda punya masalah kesehatan dan khawatir untuk mengonsumsi kedondong atau mangga muda, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar