Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Metode Slugging Bisa Mengatasi Jerawat Kistik, Efektifkah?

Metode Slugging Bisa Mengatasi Jerawat Kistik, Efektifkah?

Metode slugging sedang banyak dipakai untuk mengatasi jerawat kistik. Namun, efektifkah metode ini sebagai cara menghilangkan jerawat batu?

Jerawat kistik alias jerawat batu terbentuk akibat adanya penumpukan minyak sekaligus sel-sel kulit mati pada jaringan kulit dalam. Jerawat jenis ini terkenal menyakitkan karena cenderung besar, keras, merah, dan nyeri saat disentuh.

Tentu Anda tak ingin berlama-lama mendapati jerawat tersebut di wajah, bukan? Nah kini, dunia kecantikan sedang diramaikan dengan metode slugging untuk mengatasi jerawat kistik. Apa iya, cara menghilangkan jerawat batu dengan metode slugging ini sungguhan efektif?

1 dari 3 halaman

Apa Itu Metode Slugging?

Dikutip dalam Metro, teknik slugging banyak diperbincangkan di media sosial dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk jerawat kistik.

Sebenarnya, tidak ada teknik khusus dalam metode slugging. Hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat wajah menjadi sangat licin seperti siput dengan mengoleskan pelembap sebelum Anda tidur.

Pelembap yang digunakan dalam metode slugging adalah yang mengandung petroleum jelly. Jadi, Anda cukup menambahkan petroleum jelly pada tahap terakhir skincare malam Anda.

Artikel lainnya: Teknik Slugging Bikin Wajah Glowing, Benar Tidak Ya?

Dengan banyak mengoleskan pelembap pada malam hari, produk lain, seperti serum, essence, dan juga toner diyakini bisa bekerja lebih efektif.

Slugging pada dasarnya bertindak sebagai “penghalang”. Dengan kata lain, metode ini bekerja untuk menjaga kelembapan, karena kulit yang terhidrasi lebih baik dibandingkan yang kering.

Dikutip dalam Shape, Joshua Zeichner, MD, Direktur Kosmetik dan Penelitian Klinis Bidang Dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York, mengatakan petroleum jelly merupakan bahan oklusif. Artinya, bahan ini dapat membantu kulit yang rusak untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Tidak hanya itu, metode slugging juga dipercaya sangat bagus untuk mendapatkan kulit lembut di pagi hari. Mengoleskan produk petroleum jelly sebelum tidur dapat membuat kulit lebih lembut dan kencang.

Bila dilakukan rutin, kebiasaan ini dapat mengurangi munculnya kerutan sehingga membuat Anda terlihat lebih muda. 

Artikel Lainnya: Cek di Sini Kondisi Jerawat yang Perlu Penanganan Dokter

2 dari 3 halaman

Tapi, Efektifkah Metode Slugging Atasi Jerawat Kistik?

Meski punya manfaat di atas, nyatanya tidak semua dokter kecantikan setuju dengan teknik slugging. Alasannya, mengoleskan petroleum jelly sebelum tidur dapat memperparah kondisi kulit tertentu, apalagi yang sedang berjerawat.

Mengoleskan seluruh wajah dengan petroleum jelly dianggap dapat menutupi pori-pori di wajah. Hal tersebut justru semakin menyumbat bakteri, keringat, dan sebum di permukaan kulit.

Menambahkan keterangan itu, dr. Valda Garcia menjelaskan kalau metode slugging untuk mengatasi jerawat batu masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

“Penggunaan petroleum jelly mungkin bisa membantu meredakan peradangan. Namun, di sisi lain, bisa juga meningkatkan risiko penyumbatan pada pori-pori yang bisa memperberat kondisi wajah yang berjerawat,” kata dr. Valda.

Akan tetapi, jika Anda masih tetap ingin mencoba metode slugging, tiga tips ini bisa dilakukan: 

  1. Pertama, pastikan kulit sudah benar-benar bersih, yakni bebas kotoran dan minyak, sebelum mengaplikasikan produk petroleum jelly. Produk ini bekerja untuk mengunci kelembapan kulit.
  2. Tidak perlu mengoleskannya secara berlebihan. Anda bisa mengambil petroleum jelly di tiga ujung jari lalu oleskan dengan merata di seluruh wajah.
  3. Pastikan Anda mengganti sarung bantal dengan rutin. Metode ini akan membuat produk menempel di permukaan bantal.

Meski masih jadi perdebatan, Anda bisa menerapkan metode slugging dengan memastikan tiga hal di atas. Apabila jerawat kistik tak juga hilang dan semakin meradang, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit.

Konsultasi dengan dokter kulit bisa menggunakan layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar