Sukses

Benarkah Pusat Gravitasi Tubuh Wanita dan Pria Berbeda?

Pusat gravitasi tubuh pria dan wanita disebut-sebut berbeda. Hal ini dibuktikan lewat video challenge TikTok yang beredar luas di media sosial.

Media sosial TikTok sedang diramaikan oleh center of gravity challenge. Tantangan ini menjadi heboh karena menunjukkan bahwa tubuh wanita dan pria punya keseimbangan yang berbeda.

Untuk mengikuti challenge ini, pria dan wanita harus berada dalam posisi merangkak, namun kedua siku ditekuk dan diletakkan di lantai. Kemudian, angkat kedua tangan untuk menopang wajah. Selanjutnya, angkat tangan kanan dan kiri satu per satu, lalu arahkan ke belakang punggung.

Menurut beberapa video yang beredar, pria selalu kalah karena tidak bisa menyeimbangkan tubuhnya, bahkan sampai tersungkur. Sementara itu, kebanyakan wanita sukses memosisikan tubuhnya tetap seimbang dan tanpa jatuh.

Lantas, benarkah pusat gravitasi tubuh (center of gravity) pria dan wanita terletak di bagian yang berbeda? Untuk tahu fakta sebenarnya, simak penjelasan dokter berikut ini.

1 dari 4 halaman

Apa Itu Center of Gravity di Tubuh Manusia?

Sebelum membahas perbedaannya, Anda harus mengetahui dulu apa itu center of gravity. Dijelaskan oleh dr. Arina Heidyana, center of gravity adalah titik tumpu di tubuh manusia.

“Gravity diartikan sebagai titik imajiner, di mana sebagian besar berat tubuh ditopang oleh titik atau bagian itu,” jelas dr. Arina

Pusat gravitasi juga bisa dikatakan sebagai titik massa tubuh seimbang atau titik penyangga berat badan.

Titik ini dapat berubah, tergantung posisi tubuh seseorang. Misalnya, ketika Anda menggerakan lengan ke atas, ke bawah, bersandar, atau jungkir balik, pusat gravitasi tubuh akan berubah tergantung titik massa badan.

Artikel Lainnya: Deretan Kesalahan yang Bisa Bikin Tubuh Tidak Bersih

Selain itu, massa tubuh bisa bertambah ketika Anda sedang membawa benda-benda berat, seperti tas atau koper. Hal tersebut dapat memengaruhi letak pusat gravitasi tubuh.

Dikutip dari Physiopedia, center of gravity tubuh manusia tak selalu berada di titik yang sama. Sebagai contoh, pada sistem anatomi tubuh manusia, center of gravity kira-kira terletak di anterior vertebra atau tulang punggung.

Namun, karena tubuh manusia kerap bergerak, maka lokasi center of gravity akan berubah mengikuti posisi dan anggota tubuh lainnya.

Bentuk tubuh yang berbeda juga memengaruhi letak center of gravity setiap manusia.

Artikel Lainnya: 7 Gejala Penyakit di Tubuh yang Patut Diwaspadai

2 dari 4 halaman

Apakah Pusat Gravitasi Tubuh Pria dan Wanita Berbeda?

Seperti yang dijelaskan di atas, pusat gravitasi tubuh manusia berbeda-beda, termasuk bagi wanita dan pria. Nah, untuk mengetahui alasan mengapa wanita lebih sering menang saat melakukan center of gravity challenge, berikut penjelasan dari dr. Arina.

“Wanita memiliki ukuran pinggul yang lebih besar daripada pria. Oleh karena itu, wanita  lebih bisa menopang berat tubuhnya di pinggul saat tangannya dilepas,” jelasnya,

Namun, menurut dr. Arina, tidak selamanya pria bisa kalah dalam tantangan ini. Meskipun pusat gravitasi wanita dan pria berbeda, ada cara yang bisa dilakukan agar pria bisa menang dalam permainan ini.

“Kemenangan bisa didapat kalau saat awal challenge mereka sudah menempatkan tumpuan di lutut dan pinggul terlebih dahulu, jadi tetap stabil saat memindahkan tangan,” kata dr. Arina.

Artikel Lainnya: Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh untuk Turunkan Berat Badan

3 dari 4 halaman

Adakah Efek Positif dari Center of Gravity Tubuh?

Dikutip dari Morgridge Institute of Research, ada dua manfaat dari adanya pusat gravitasi tubuh manusia. Pertama, center of gravity mampu membuat tubuh lebih stabil dan seimbang.

Misalnya, saat Anda ingin mengikat tali sepatu, Anda perlu sedikit membungkukkan badan untuk mengikatnya. Membungkuk ini tujuannya untuk menurunkan pusat gravitasi agar tubuh lebih seimbang.

Setelah selesai mengikat tali, kemudian tubuh Anda dengan cepat dapat kembali berdiri tegak. Bayangkan bila tidak ada gravitasi di tubuh, mungkin Anda bisa terjungkal karena tidak seimbang.

Kedua, pusat gravitasi tubuh dapat membantu Anda bergerak cepat, namun tetap seimbang. Misalnya saat sedang bermain sepak bola, pemain bola memerlukan center of gravity untuk dapat berlari cepat dan juga mempertahankan tubuhnya.

Bila tidak menggunakan pusat gravitasinya, mereka akan dengan mudah didorong oleh pemain lainnya.

Apabila masih punya pertanyaan mengenai pusat gravitasi tubuh manusia, Anda bisa memanfaatkan layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter untuk langsung berkonsultasi dengan dokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar