Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ibu Menggigil Kedinginan Setelah Melahirkan? Ini Alasannya

Ibu Menggigil Kedinginan Setelah Melahirkan? Ini Alasannya

Sebagian besar ibu yang baru melahirkan mengalami kedinginan sampai menggigil. Apa penyebab ibu menggigil setelah melahirkan? Simak penjelasan berikut ini.

Setelah melahirkan, ada beberapa kondisi atau gejala yang mungkin dialami oleh ibu. Salah satunya kondisi yang dapat terjadi adalah menggigil kedinginan.

Untuk tahu penjelasan lengkap perihal menggigil setelah melahirkan, sebaiknya simak ulasan dan pendapat dokter berikut ini.

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Ibu Menggigil Setelah Melahirkan

Menggigil setelah melahirkan disebut sebagai postpartum shivering atau postpartum chills. Menurut dr. Atika, kondisi pascapersalinan ini bukan masalah besar dan tidak perlu dikhawatirkan.

"Menggigil setelah melahirkan itu normal karena tubuh kehilangan cairan dan kehilangan panas, mungkin bisa sampai kedinginan," ungkap dr. Atika.

Diwartakan dari Mommy Labor Nurse, kehilangan darah saat melahirkan juga bisa  menjadi penyebab ibu menggigil.

Sebab, darah yang beredar di pembuluh darah tubuh manusia memiliki sifat yang hangat. Saat kehilangan darah dalam jumlah banyak, suhu tubuh ibu dan sirkulasi sistemiknya menjadi rendah.

Artikel Lainnya: Mengapa Badan Sering Kedinginan saat Hamil?

Nah, hal inilah yang diyakini membuat ibu merasa kedinginan karena sirkulasi darahnya tidak sebaik seperti sebelum melahirkan.

Dilansir dari Cleveland Clinic, baik itu habis menjalani persalinan operasi caesar atau normal, ibu tetap bisa menggigil setelah melahirkan.

Kondisi kedinginan bisa terjadi beberapa jam setelah melahirkan dan menjelang akhir persalinan. Ibu pun dapat menggigil meskipun berada di ruangan yang suhunya hangat.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Tanda Menggigil yang Tidak Normal

Kendati dianggap sebagai hal normal, ada beberapa kondisi menggigil yang harus ibu waspadai. Perhatikan jika menggigil yang dialami ibu mirip saat terkena flu, disertai demam, atau berbarengan dengan timbulnya rasa nyeri.

"Kalau sudah ada gejala lainnya menyertai, itu bukan menggigil yang normal. Bila disertai dengan gejala gejala lain, misalnya seperti nyeri di otot, nyeri sendi, mengalami bersin-bersin atau ada ingus, itu bisa menjadi tanda-tanda infeksi virus,” jelas dr. Atika.

Artikel Lainnya: Bolehkah Minum Obat Penurun Demam Saat Menyusui?

Pastikan ibu berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami beberapa gejala lainnya. Sebab, itu bisa membahayakan kondisi kesehatan ibu yang sedang dalam masa pemulihan.

Sebagai cara mengatasi tubuh menggigil setelah melahirkan, berikut beberapa hal yang bisa ibu lakukan:

  • Tempelkan botol air hangat atau bantal pemanas listrik ke tubuh agar terasa hangat.
  • Pakai selimut dobel.
  • Konsumsi minuman hangat untuk membantu menghangatkan tubuh.
  • Kenakan pakaian berlapis.

Bila ingin tahu informasi kesehatan mengenai kondisi menggigil atau masalah kesehatan pascamelahirkan lainnya, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar