Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Meletakkan Bawang Bombay di Ruangan Bisa Mengatasi Flu, Benarkah?

Meletakkan Bawang Bombay di Ruangan Bisa Mengatasi Flu, Benarkah?

Beberapa orang mencoba mengobati flu dengan cara meletakkan irisan bawang bombay di sudut ruangan. Benarkah bawang bombay bisa mengatasi flu?

Belakangan ini, curah hujan di Indonesia sedang tinggi. Musim hujan identik dan kerap dihubungkan dengan kondisi flu. Karena tak leluasa berobat ke rumah sakit di masa pandemi seperti sekarang, beberapa orang memilih pengobatan alami untuk mengatasi flu.

Salah satu pengobatan alami yang dipercaya bisa mengatasi flu adalah menaruh irisan bawang bombay di sudut ruangan. Lantas apakah cara tersebut benar ampuh untuk mengatasi flu?

 

1 dari 3 halaman

Menaruh Bawang Bombay di Ruangan Tidak Bisa Mengatasi Flu

Dilansir dari Healthline, kepercayaan soal bawang bombay untuk meredakan flu ini sudah ada sejak abad ke-15.

Menurut National Onion Association, menaruh potongan bawang bombay mentah di sekitar rumah dapat melindungi Anda dari wabah pes bubonik. Sejak saat itulah bawang bombay juga dianggap mampu mengatasi flu.

Ide menggunakan bawang bombay juga tidak terlepas dari praktik pengobatan tradisional Cina. Dahulu, masyarakat percaya bahwa saraf kaki merupakan titik yang menyambung ke organ tubuh bagian dalam.

Bila bawang bombay diletakkan di dalam kaus kaki, senyawa sulfur diyakini bisa menyerap masuk ke dalam tubuh. Kemudian, senyawa tersebut dapat bekerja membunuh bakteri dan virus penyebab flu.

Artikel Lainnya: Manfaat Bawang Bombay untuk Ibu Hamil

Soal benar atau tidaknya bawang bombay untuk mengatasi flu, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dengan tegas membantah kepercayaan tersebut. Menurutnya, bawang bombay tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan flu, alias cuma mitos belaka.

Masih dikutip dari Healthline, Dr. Ruth MacDonald, dosen Departemen Ilmu Pangan dan Nutrisi dari Iowa State University, di Amerika Serikat juga mengatakan hal serupa.

Ia menjelaskan bahwa obat-obatan atau cara tradisional tersebut tidak efektif melawan flu. Sebab, flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Nah, virus ini harus berkontak langsung dengan inang, yakni manusia, untuk bisa menginfeksi tubuh dan menyebabkan flu.

Sementara itu, bawang bombay sendiri tidak terbukti mampu menarik atau menyerap virus. Jadi, secara ilmiah dan medis, menaruh bawang bombay di ruangan atau di dalam kaus kaki ini tidak terbukti bisa mengatasi flu, ya.

Artikel Lainnya: Cara Mudah Hilangkan Bau Mulut Akibat Makan Bawang

2 dari 3 halaman

Bukan Diletakkan, Lebih Baik Makan Bawang Bombay

Kendati tak dapat menyembuhkan flu, namun ada manfaat yang bisa didapatkan tubuh saat mengonsumsi bawang bombay. 

Bawang bombay adalah sumber prebiotik yang baik. Prebiotik merupakan makanan bagi bakteri baik di dalam usus.

Hadirnya bakteri baik di usus dalam jumlah cukup, bisa memperkuat kekebalan tubuh Anda. Ketika sistem kekebalan tubuh meningkat, Anda pun tak gampang untuk terkena berbagai macam penyakit, termasuk virus flu.

Kandungan prebiotik dari bawang bombay juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan mengurangi stres.

Agar tak terkena flu saat musim hujan, sebaiknya Anda mendapatkan vaksin flu dan menjaga kebersihan diri secara maksimal. Jangan lupa untuk minum banyak cairan dan tetap berada di rumah untuk menghindari penularan virus ke anggota keluarga atau rekan kerja.

Untuk mencari tahu kebenaran soal mitos dan fakta kesehatan yang beredar di masyarakat, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter atau konsultasi dengan dokter via Live Chat.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar