Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Benarkah Kacang Hijau Bisa Meredakan Sakit Asam Lambung?

Benarkah Kacang Hijau Bisa Meredakan Sakit Asam Lambung?

Kacang hijau dikenal punya banyak manfaat yang berkaitan dengan pencernaan. Tapi, benarkah jenis kacang ini bisa meredakan asam lambung? Simak faktanya di sini.

Berbicara soal kacang-kacangan, kacang hijau masih berada di daftar teratas jenis kacang yang disukai masyarakat. 

Tidak salah, sebab palawija dengan nama latin Vigna radiata ini rasanya nikmat, mudah didapat, dan cocok untuk dijadikan berbagai macam olahan. 

Selain rasanya yang enak dan kaya manfaat, kacang hijau juga dianggap baik untuk kesehatan lambung, termasuk asam lambung. Namun, benarkah kacang hijau bermanfaat untuk asam lambung?

Adakah Manfaat Kacang Hijau untuk Asam Lambung?

Beberapa orang menganggap kacang hijau sebagai comfort food di kala asam lambung kambuh. Tapi, apakah benar kacang hijau baik untuk mengatasi asam lambung?

Sebenarnya, belum ada studi yang membahas secara spesifik soal kacang hijau dan kaitannya untuk asam lambung. 

Akan tetapi, kacang hijau termasuk karbohidrat yang mudah dicerna dibandingkan legumes (polong-polongan) lainnya. Jadi, kacang hijau memiliki risiko yang lebih rendah untuk membuat perut menjadi kembung.

Meskipun tidak terbukti memperbaiki keluhan asam lambung, kacang hijau tetap memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. 

Artikel lainnya: Sejumlah Manfaat Bubur Kacang Hijau untuk Anak

Kacang hijau mengandung pektin, yakni serat yang larut di dalam air. Serat ini bisa mempercepat pergerakan makanan saat melewati usus. 

Ketika makanan lebih cepat diproses oleh usus, gejala maag seperti perut kembung dan begah pun kemungkinan bisa mereda.

Tak hanya itu, kacang hijau juga mengandung pati resisten. Pati resisten ini berperan sebagai makanan untuk bakteri sehat di dalam usus. 

Nantinya, bakteri akan mencerna makanan tersebut dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek yang dinamakan butirat.

Dalam sebuah penelitian, butirat ternyata bisa meningkatkan kesehatan pencernaan, termasuk bagi sel-sel usus besar. Selain itu, butirat mampu meningkatkan pertahanan kekebalan usus dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar.

Artikel lainnya: Sehatkah Bubur Kacang Hijau Pakai Santan?

Cara Mengolah dan Konsumsi Kacang Hijau untuk Asam Lambung

Agar manfaat kesehatan untuk pencernaan bisa didapat maksimal, ada yang harus Anda perhatikan saat mengolah dan mengonsumsi kacang hijau. Terutama bagi Anda dengan asam lambung. 

Umumnya, kacang hijau diolah menjadi bubur dan dicampur dengan beberapa sendok santan. Santan inilah yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Sebab, santan mengandung lemak yang susah dicerna oleh lambung.

Ketika santan dikonsumsi, tubuh akan merangsang asam lambung untuk keluar lebih banyak supaya bisa mencerna lemak secara maksimal. Ketika asam lambung meningkat, gejala perut tidak nyaman dan kembung pun dapat terjadi.

Untuk mencegah asam lambung kambuh, cobalah mengolah kacang hijau dengan cara berikut ini:

  • Rebus kacang hijau dan taburkan di atas salad buah atau sayuran.
  • Kacang hijau bisa diolah menjadi sup hangat.
  • Bila mau dijadikan bubur, ganti bahan santan dengan susu almond.

Demikian penjelasan seputar kacang hijau untuk asam lambung. Kacang hijau tidak terbukti dapat memperbaiki keluhan asam lambung. Untuk mencegah asam lambung, lakukanlah perubahan gaya hidup, dan jika perlu, konsumsi obat-obatan dari dokter.

Dapatkan informasi kesehatan lainnya mengenai asam lambung di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 jam.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar