Sukses

Manfaat Hebat Buah Duku untuk Kecantikan Kulit

Selain rasanya enak, buah duku ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan kulit lho. Apa saja manfaat duku untuk kecantikan? Cek di sini.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan guna mendapatkan kulit yang cantik. Mulai dari merias wajah, menggunakan produk skin care, sampai makan buah-buahan tertentu, semua akan dilakukan demi menunjang kecantikan. 

Salah satu buah yang dianggap efektif dalam menjaga kesehatan kulit adalah duku. Kok bisa? Simak nutrisi dan khasiat duku untuk kecantikan berikut ini!

1 dari 4 halaman

Kandungan Nutrisi Buah Duku

Buah duku atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Lansium domesticum memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Protein
  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Tiamin
  • Riboflavin
  • Karbohidrat
  • Air
  • Serat
  • Fosfor
  • Tembaga
  • Niasin
  • Vitamin C

Artikel lainnya: Kenali Manfaat Buah Duku bagi Tubuh

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Duku untuk Kecantikan

Bila dilihat dari kandungan nutrisinya, buah duku memang menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya bagian kulit. 

  1. Mencegah Penuaan Dini

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, “Buah duku mengandung vitamin C yang tinggi dan bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh. Untuk kecantikan sendiri, kandungan antioksidannya bertindak sebagai penangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.”

Selain itu, vitamin C tersebut juga diperkuat dengan vitamin E di dalam duku. Kandungan vitamin ini bekerja untuk meningkatkan elastisitas yang membuat kulit wajah kenyal dan mengurangi risiko flek hitam muncul. 

Imbangi dengan minum air putih yang cukup minimal 8 gelas sehari agar kulit tetap terhidrasi dan semakin kenyal. Namun, kebutuhan cairan bisa berbeda pada setiap orang, terutama mereka yang punya banyak kegiatan di luar rumah.

  1. Melawan Efek Buruk Sinar Matahari

Kandungan polifenol di dalam buah duku bekerja untuk mengatasi efek buruk dari paparan sinar matahari. Jadi, risiko kulit kering dan menghitam serta kanker kulit pun dapat diturunkan. 

Namun, konsumsi buah duku juga harus dibarengi dengan perawatan kulit lainnya. Misalnya, rajin mengoleskan sunscreen dan menghindari paparan sinar matahari langsung. 

Ingat, sinar UV yang masuk terlalu banyak ke kulit bisa meningkatkan risiko kerusakan pada sel jaringan kulit. 

  1. Mencerahkan Kulit

Melansir Dr Health Benefits, buah duku juga memiliki kandungan vitamin A yang efektif dalam mencerahkan kulit. Dengan mengonsumsi buah duku rutin dan diimbangi dengan perawatan kulit lainnya, wajah bisa tampak lebih cerah dari biasanya.

Artikel lainnya: Efek Samping Konsumsi Buah Duku Berlebihan

3 dari 4 halaman

Imbangi Konsumsi Duku dengan Perawatan Kulit

Bila Anda hanya mengandalkan buah duku tanpa melakukan perawatan kulit, manfaat-manfaat yang disebutkan tadi tidak akan didapatkan maksimal. Untuk itu, tetap lakukan tips di bawah ini sembari menjadikan duku sebagai camilan sehat:

  • Kurangi Paparan Sinar Matahari 

Kalau ingin punya kulit sehat dan cantik, pastikan Anda tidak terpapar sinar matahari terlalu sering, apalagi di siang hari. Sinar UV yang masuk ke kulit bisa merusak jaringan serta membuat kulit kering, menghitam, dan muncul flek. 

  • Rutin Mencuci Muka 

Setelah beraktivitas di luar rumah, bersihkan wajah dengan air dan sabun yang sesuai jenis kulit. 

Kotoran yang menempel pada wajah bisa membuat bakteri menumpuk. Nantinya, kondisi ini dapat berujung pada komedo, jerawat, dan gangguan kulit lainnya. 

  • Bersihkan Makeup 

Membersihkan makeup juga menjadi hal yang wajib dilakukan. Sisa produk yang menempel pada wajah bisa membuat pori-pori tersumbat. Akibatnya, timbullah jerawat dan komedo. 

Selain dikonsumsi, adakah cara lainnya demi mendapatkan manfaat duku untuk kecantikan? Dokter Devia mengatakan, menggunakan produk dengan ekstrak duku bisa menjadi pilihan.

Meski bermanfaat untuk kulit, hindari makan duku berlebihan, ya. Selain itu, tetap terapkan rutinitas skin care yang sesuai jenis kulit Anda.

Konsultasi ke dokter spesialis kulit bisa dilakukan lebih mudah lewat Live Chat. Cari tahu tips kecantikan lainnya di KlikDokter!

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar