Diet dan Nutrisi

Efek Samping Konsumsi Buah Duku Berlebihan

dr. Valda Garcia, 22 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Buah duku memang mengandung nutrisi yang baik. Namun, Anda tetap tidak dianjurkan makan terlalu banyak, sebab inilah efek samping yang bisa terjadi!

Efek Samping Konsumsi Buah Duku Berlebihan

Duku terkenal dengan rasa manisnya yang menyegarkan. Buah bulat ini memang banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara dan memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Dalam buah buku terdapat kandungan nutrisi berupa protein, karbohidrat, kalsium, kalium, dan vitamin. Buah ini tidak memiliki lemak jenuh atau kolesterol. 

Kalium di dalamnya penting untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Sementara, vitamin dapat membantu tubuh memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Meski bernutrisi, buah duku yang dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan. 

Apa saja bahaya buah duku jika dikonsumsi berlebihan? Cek penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

1. Menaikkan Berat Badan

Sebanyak 100 gram buah duku mengandung 9,5 gram karbohidrat. Artinya, buah ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. 

Anda mungkin sudah tahu bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi, bila Anda sedang menjalani diet, batasi konsumsi buah ini ya!

Artikel lainnya: Kenali Manfaat Buah Duku bagi Tubuh

2. Memicu Sakit Maag

Salah satu efek kebanyakan makan duku adalah dapat memicu sakit maag. Mengapa bisa?

Itu karena buah duku mengandung gas dan sulit dicerna lambung. Apabila mengonsumsi duku terlalu banyak, lambung akan bekerja lebih keras sehingga bisa menimbulkan mag.

3. Risiko Diabetes

Buah duku memiliki kandungan fruktosa yang cukup tinggi. Fruktosa adalah jenis gula paling sederhana yang biasanya ditemukan di dalam buah-buahan. 

Karena itu, bahaya konsumsi buah duku berlebihan salah satunya bisa menyebabkan risiko diabetes serta obesitas.

Artikel lainnya: Manfaat Hebat Buah Duku untuk Kecantikan Kulit

4. Meningkatkan Jumlah Trigliserida di Tubuh

Efek samping makan dulu berlebihan berikutnya adalah menaikkan kadar trigliserida di tubuh. 

Trigliserida merupakan salah satu lemak utama yang dibawa di aliran darah. Zat ini biasanya didapatkan dari makanan dan minuman untuk simpanan kalori serta menyediakan energi.

Konsumsi buah duku secara berlebihan dikatakan dapat menaikkan kadar trigliserida di tubuh. Hal ini bisa memicu serangan jantung dan sindrom metabolik. 

5. Kelebihan Kalium

Bahaya lainnya yang bisa terjadi jika makan buah dulu terlalu banyak adalah kelebihan kalium.

Ketika tubuh kekurangan kalium, hal ini bisa menimbulkan akibat yang fatal. Namun, kelebihan kalium juga tidak baik untuk tubuh khususnya jantung karena dapat memengaruhi irama jantung.

Itulah beberapa bahaya buah duku jika dikonsumsi berlebihan. Jangan hanya konsumsi duku untuk memenuhi kebutuhan buah Anda, tetapi juga buah-buahan lainnya yang tak kalah lezat dan sehat. 

Selain itu, tetap penuhi asupan sehat lainnya seperti sayuran agar nutrisi harian tercukupi. 

Bila merasakan suatu efek samping setelah mengonsumsi buah duku, segera konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

buahDuku

Konsultasi Dokter Terkait