Kesehatan Umum

Pusing Setelah Makan Asin? Mungkin Ini Penyebabnya

Tri Yuniwati Lestari, 19 Feb 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pernahkah Anda merasa pusing setelah makan asin? Hati-hati, menurut dokter, kondisi tersebut bisa terjadi akibat kondisi-kondisi berikut ini. Cek faktanya!

Pusing Setelah Makan Asin? Mungkin Ini Penyebabnya

Sebagian orang tidak bisa menolak rasa asin pada makanan. Beberapa dari mereka bahkan berpendapat, rasa asin pada makanan bisa meningkatkan nafsu makan.

Namun, ada juga orang yang tidak ingin mengonsumsi makanan asin. Alasannya, mereka akan merasakan pusing setelah makan asin, apalagi dalam jumlah berlebihan.

Apakah Anda termasuk orang yang merasakan pusing setelah makan asin? Jika ya, sebaiknya waspadai jenis makanan tersebut mulai saat ini.

Penyebab Pusing Setelah Makan Asin

Kenapa setelah makan asin kepala pusing? Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, hal itu terjadi karena Anda terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut.

“Makanan asin mengandung natrium. Jadi, kalau berlebihan, dapat meningkatkan volume darah sehingga ruang di pembuluh darah akan menjadi lebih luas,” kata dr. Dyah Novita.

Perluasan tersebut dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, dan membuat aliran darah tidak optimal. Alhasil, otak bisa kekurangan pasokan darah yang mengandung oksigen.

Faktanya, kurangnya asupan oksigen pada otak membuat bagian vital tersebut tidak bekerja dengan optimal. Hal inilah yang menimbulkan sensasi pusing setelah makan asin.

Artikel Lainnya: Sering Makan Ikan Asin Bisa Picu Kanker?

Selain itu, dilansir dari Livestrong, pusing setelah makan asin juga dapat disebabkan oleh hipotensi postprandial alias tekanan darah rendah setelah makan.

Sebagian kasus tersebut berhubungan dengan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hipotensi postprandial dapat menyebabkan gejala-gejala penyerta, seperti nyeri dada, mual, penurunan kesadaran, dan terkadang masalah penglihatan. Kondisi tersebut bahkan dapat menyebabkan serangan stroke ringan.

Atas dasar itu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan asin secara berlebihan. Hal ini penting diperhatikan, apalagi jika sedari awal Anda telah mengalami hipertensi, penyakit jantung, atau gangguan fungsi ginjal.

Kementerian Kesehatan RI pun telah mengeluarkan batasan makan garam yang aman bagi kesehatan.

Anjuran konsumsi garam pada orang sehat atau tidak berpenyakit, yaitu 2000 miligram per hari atau setara dengan 1 sendok teh.

Sedangkan pada orang yang berpenyakit, konsumsi garam sebaiknya dibatasi hanya 1500 miligram per hari.

Jika ingin lebih aman lagi, orang dengan hipertensi, penyakit jantung, atau penyakit ginjal sebaiknya membatasi garam tidak lebih dari 1000 miligram per hari.

Artikel Lainnya: Pro Kontra Manfaat Ikan Asin bagi Kesehatan Tubuh

Cara Mengatasi Sakit Kepala Setelah Makan Asin

Anda adalah orang yang sehat, namun sering merasa pusing setelah makan asin? Jika ya, dr. Dyah Novita menyarankan agar Anda mulai membatasi asupan makanan asin mulai saat ini.

“Jika terasa pusing setelah makan, sebaiknya istirahat dulu. Kalau ada tensimeter, bisa cek tekanan darah dan mulai kurangi asupan garam hanya satu sendok teh per hari,” saran dr. Dyah Novita.

Selain itu, ada pula hal-hal lain yang bisa dilakukan sebagai cara mencegah dan mengatasi pusing setelah makan asin:

  • Minum lebih banyak air sebelum dan sesudah makan.
  • Hindari minuman berkafein dan makanan tinggi natrium, karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi.
  • Duduk selama 30 hingga 60 menit setelah makan.
  • Menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, cukup istirahat, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, kelola stres, dan menjauhi rokok maupun alkohol.
  • Periksakan ke dokter jika Anda memiliki kondisi medis kronis, seperti diabetes dan hipertensi. Hal ini agar Anda paham batasan garam yang tepat sesuai kondisi kesehatan.

Sekarang Anda sudah tahu kenapa setelah makan asin kepala pusing, bukan? Mulailah untuk membatasi asupan garam sesuai dengan anjuran dari Kemenkes, apalagi jika Anda adalah penderita hipertensi, penyakit jantung, atau gangguan ginjal.

Jika tetap merasa pusing setelah makan asin meski telah membatasi asupan garam, segera konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

makanangaram

Konsultasi Dokter Terkait