Sukses

Mengatasi Mioma Uteri dengan Obat Herbal, Efektifkah?

Mioma uteri adalah tumor jinak yang tumbuh di rahim. Kondisi ini diklaim bisa sembuh dengan pengobatan herbal. Benarkah?

Salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami wanita adalah miom atau mioma uteri. Menurut National Health Service UK, sebanyak 1 dari 3 wanita di dunia dilaporkan dapat mengembangkan mioma uteri.

Karena umum terjadi, banyak wanita yang memilih pengobatan herbal untuk mengatasi miom. Lantas, apakah obat herbal aman dan efektif digunakan untuk pengobatan miom?

 

1 dari 4 halaman

Sekilas Tentang Mioma Uteri

Dijelaskan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong, mioma uteri adalah pertumbuhan massa di bagian dalam atau luar rahim. Biasanya, massa ini berasal dari sel otot polos rahim.

Pertumbuhan massa ada yang menimbulkan gejala dan ada yang tidak, tergantung dari kondisi mioma uteri itu sendiri.

Umumnya, massa di rahim bisa menyusut dengan sendirinya setelah wanita mengalami menopause atau kehamilan.

“Hingga saat ini, penyebab mioma uteri sendiri belum diketahui pasti. Tetapi, mioma uteri sering dikaitkan dengan gangguan hormonal estrogen dan juga progesteron,” ujar dr. Sepriani.

Mioma uteri adalah jenis tumor jinak, tidak bersifat ganas, dan tak selalu menandakan kanker.

Kendati begitu, mioma dapat menyebabkan wanita merasakan gejala tidak nyaman. Berikut tanda-tanda miom yang dapat Anda perhatikan:

  • Perdarahan deras saat menstruasi.
  • Siklus menstruasi terjadi lebih dari 1 minggu.
  • Muncul sembelit.
  • Nyeri di pinggul dan punggung.
  • Nyeri juga dapat dirasakan di area kaki.

Ada beberapa kondisi yang meningkatkan risiko terjadinya miom. Dokter Sepriani mengatakan, faktor risiko mioma uteri dapat dipicu oleh usia lanjut, kondisi obesitas, dan riwayat keluarga yang pernah mengidap miom.

Artikel Lainnya: Inilah Ciri Sakit Perut Akibat Miom

2 dari 4 halaman

Obat Herbal yang Dipercaya Bisa Mengatasi Miom

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa obat alami atau herbal yang diyakini bisa mengatasi miom. Berikut di antaranya:

1. Teh Hijau

Sebuah penelitian tahun 2013 mengamati kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) dari ekstrak teh hijau. Peneliti menguji khasiat EGCG kepada 33 wanita yang mengidap miom.

Selama empat bulan, sebagian peserta diberi 800 mg teh hijau dan sisanya mengonsumsi plasebo (obat kosong).

Hasilnya, wanita yang mengonsumsi ekstrak teh hijau memiliki gejala lebih ringan dan ukuran miomnya mengecil.

Meski ada harapan, peneliti tak menyarankan terapi teh hijau untuk mengatasi miom. Sebab, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat teh hijau terhadap miom.

2. Kurkumin

Kurkumin merupakan salah satu bahan aktif yang ada di dalam kunyit. Kurkumin memiliki sifat antioksidan, antiperadangan, dan antibakteri.

Beberapa penelitian menunjukkan kurkumin dapat menghancurkan atau menghentikan produksi sel fibrotik di dalam rahim yang memicu miom.

Sayangnya, penelitian ini hanya dilakukan secara laboratorium dan belum pernah diuji kepada manusia. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat khasiat kurkumin bagi pengobatan miom.

Artikel Lainnya: Rutin Minum Kunyit, Cara Mudah Lancarkan Haid

3 dari 4 halaman

Lantas, Apakah Obat Herbal Efektif Mengatasi Miom?

Menanggapi soal obat herbal untuk mengatasi miom, begini pendapat dari dr. Sepriani Timurtini.

“Penggunaan obat herbal belum dapat direkomendasikan karena memang bukti ilmiahnya belum banyak. Herbal juga bukan standar untuk pengobatan mioma uteri,” tegasnya.

Dokter Sepri menambahkan, “Hingga saat ini pengobatan mioma uteri hanya bisa dilakukan dengan obat-obatan yang umumnya memodulasi hormon atau dengan metode pembedahan.”

Berikut adalah pengobatan mioma uteri yang terbukti efektif dan dianjurkan oleh dokter:

1. Minum Obat Rutin

Ketika didiagnosis miom, dokter dapat memberikan obat antinyeri untuk mengatasi rasa tak nyaman di punggung, pinggang, dan kaki.

Namun, pastikan untuk mengikuti dosis dan petunjuk dari dokter agar obat ini tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Pasalnya, obat antinyeri tidak boleh diminum dalam jangka panjang karena dapat memicu masalah kesehatan lain.

Artikel Lainnya: Benarkah Mioma Hanya Dapat Diatasi dengan Operasi?

2. Pembedahan

Metode pembedahan mungkin akan dilakukan untuk mengobati mioma uteri. Pembedahan yang dilakukan disebut sebagai operasi miomektomi dan bertujuan untuk menghilangkan miom di dalam rahim.

Prosedur ini bisa dijadikan pilihan ketika Anda berencana untuk hamil. Lalu, terdapat pula metode histerektomi atau pengangkatan rahim agar miom tidak muncul kembali.

Konsultasikan dengan dokter mengenai pilihan pembedahan dan risikonya bagi kesehatan Anda.

3. Menjalani Terapi Hormon

Gejala mioma uteri juga dapat diredakan dengan terapi hormon. Umumnya, dokter akan meresepkan pil kontrasepsi untuk mengontrol perdarahan yang keluar saat menstruasi dan mencegah anemia.

Hanya saja, terapi hormon tidak dapat menghilangkan atau membuat ukuran miom mengecil.

Obat herbal belum terbukti aman dan efektif untuk mengatasi miom. Segeralah berkonsultasi kepada dokter kandungan untuk pengobatan miom yang aman dan efektif.

Agar lebih mudah dan praktis, Anda bisa berkonsultasi secara langsung dengan dokter via fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar