Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Amnesia Disosiatif, Hilang Ingatan Akibat Trauma Psikologis

Amnesia Disosiatif, Hilang Ingatan Akibat Trauma Psikologis

Ternyata, hilang ingatan akibat trauma psikologis bisa terjadi. Kondisi ini disebut amnesia disosiatif. Mari kenali lebih jauh dari ulasan berikut ini.

Berbicara tentang amnesia, umumnya yang langsung terlintas di pikiran adalah kondisi hilang ingatan akibat penyakit tertentu. Tapi, nyatanya ada juga masalah kehilangan memori yang disebabkan oleh trauma psikologis, yaitu amnesia disosiatif.

Sederhananya, amnesia disosiatif adalah penyakit mental yang melibatkan kerusakan pada ingatan, kesadaran, identitas, sampai persepsi. Ketika kondisi ini terjadi, aktivitas pengidap akan terganggu.

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Amnesia Disosiatif Menurut Psikolog

Amnesia disosiatif sangat mungkin terjadi ketika seseorang mengalami suatu kejadian traumatis. Akibatnya, ia jadi tidak bisa mengingat apa pun dengan baik.

Jenis amnesia ini memblokir informasi tertentu dari kejadian traumatis tersebut. Akhirnya, orang yang mengalaminya akan merasa "blank" dan sulit menemukan apa yang ingin ia ingat.

Gangguan amnesia disosiatif bisa dibilang sebagai level hilang ingatan yang lebih tinggi atau parah. Segala hal yang bersifat traumatis biasanya akan hilang begitu saja dari ingatan.

"Penyebabnya bisa karena pengalaman traumatis, sehingga menyebabkan si individu tidak bisa mengingat poin-poin penting tertentu yang berhubungan dengan traumanya," jelas Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog.

Artikel Lainnya: 10 Penyebab Seseorang Bisa Hilang Ingatan atau Amnesia

Amnesia disosiatif tidak sama dengan amnesia biasa. Orang dengan penyakit mental ini sebenarnya masih memiliki ingatan. Hanya saja, memori tersebut terkubur sangat dalam di pikirannya.

Ada beberapa gejala amnesia disosiatif yang cukup umum terjadi, di antaranya:

  • Kehilangan memori tentang periode waktu tertentu, kejadian, seseorang, dan informasi pribadi.
  • Perasaan seperti terpisah dari diri sendiri dan emosi.
  • Tidak yakin dengan identitas diri.
  • Ketidakmampuan untuk mengatasi stres emosional dengan baik.
  • Masalah kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, dan kecenderungan bunuh diri.

Melansir WebMD, amnesia disosiatif lebih sering terjadi pada wanita. Frekuensi gangguan ini bisa meningkat selama periode stres dan traumatis, misalnya masa-masa perang dan bencana alam.

Artikel lainnya: Cara Mengatasi Trauma yang Bisa Anda Coba

2 dari 3 halaman

Pengobatan Amnesia Disosiatif

Psikolog Ikhsan mengungkapkan, sebenarnya belum ada pengobatan amnesia disosiatif yang benar-benar terbukti efektif. Namun, beberapa pilihan terapi berikut bisa membantu pemulihannya:

1. Psikoanalisis

"Kalau memang akibat dari bentuk traumanya, bisa terapi dengan pendekatan psikoanalisis untuk melihat secara mendalam dinamika penyebab timbulnya amnesia disosiatif,” jelas Ikhsan.

2. Cognitive Behavioral Therapy (CBT)

Ikhsan juga menyarankan untuk melakukan terapi CBT. Bentuk psikoterapi ini berfokus pada perubahan pola berpikir, perasaan, dan perilaku yang berbahaya.

3. Terapi Keluarga

Terapi keluarga bisa mengedukasi tiap anggota keluarga tentang gangguan amnesia disosiatif. Cara ini juga dapat membantu masing-masing pihak untuk mengenali tanda-tanda bila terjadi pada orang terdekat.

Artikel lainnya: 7 Terapi Psikologis yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

4. Terapi Kreatif

Terapi kreatif dapat dilakukan misalnya lewat musik. Metode ini memungkinkan pasien untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalamannya dalam lingkungan yang aman.

5. Terapi Perilaku Dialektik

Bentuk terapi ini ditujukan untuk orang dengan gangguan kepribadian yang parah, termasuk gejala amnesia disosiatif. Sering kali masalah mental ini terjadi setelah ia mengalami pelecehan atau trauma.

6. Teknik Meditasi dan Relaksasi

Latihan meditasi dan relaksasi membantu untuk menangani gejala amnesia disosiatif dengan lebih baik. Melalui teknik tersebut, orang dengan gangguan ini diharapkan dapat lebih sadar akan keadaannya.

Itulah penjelasan mengenai amnesia disosiatif dan pengobatan yang bisa dilakukan. Pemilihan terapi sebaiknya dikonsultasikan kepada psikolog agar penanganan lebih efektif dan tepat sesuai kondisi.

Untuk mengetahui informasi lengkap seputar gangguan mental dan terapi psikologis, download aplikasi KlikDokter. Dokter umum dan spesialis kejiwaan juga siap membantu Anda lewat Live Chat.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar