Sukses

Efek Samping Beras Merah Jika Dikonsumsi Berlebihan

Nasi beras merah memang lebih sehat, karena kaya serat. Namun, Anda tidak dianjurkan mengonsumsinya berlebihan. Ini efek samping beras merah yang bisa terjadi.

Nasi beras merah terbukti lebih sehat, karena kaya akan kandungan serat. Bahkan, nasi dengan tekstur agak kasar ini sering dijadikan favorit oleh orang-orang yang sedang diet menurunkan berat badan.

Kendati demikian, tahukah Anda bahwa nasi beras merah sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan? 

Bukannya bermanfaat, konsumsi sajian tersebut malah akan membuat Anda merasakan efek samping beras merah untuk kesehatan.

1 dari 3 halaman

Efek Samping Beras Merah Jika Dikonsumsi Berlebihan

Faktanya, seperempat cangkir porsi nasi beras merah mengandung 2 gram serat. Ini artinya, Anda sudah sudah memenuhi 8 persen kebutuhan serat harian jika mengonsumsi nasi beras merah dengan takaran tersebut.

Selain itu, nasi beras merah juga mengandung antosianin yang tinggi. Senyawa ini dipercaya dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, menyehatkan mata dan menghambat pertumbuhan tumor. 

Namun, di balik manfaat yang ditawarkannya, nasi beras merah juga bisa menyebabkan efek samping merugikan. 

Risiko terjadinya efek samping beras merah ini dapat meningkat apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Artikel Lainnya: Beras Merah, Cokelat, dan Hitam, Mana yang Terbaik untuk Diet?

Berikut ini adalah beberapa efek samping beras merah untuk kesehatan, yang bisa terjadi apabila dikonsumsi secara berlebihan:

  1. Perut Kembung 

“Baik nasi putih maupun nasi merah, semua ada porsinya masing-masing. Nasi merah yang tinggi serat bisa memicu perut kembung jika dikonsumsi berlebihan,” kata dr. Dyah Novita Anggraini.

  1. Merusak Jaringan Otak 

Nasi merah yang dibudidayakan berdekatan dengan pertambangan, pembakaran batu bara, atau terkontaminasi limbah industri bisa saja mengandung arsenik di dalamnya. Arsenik bisa merusak jaringan otak manusia. 

Hanya saja, menurut dr. Atika dari KlikDokter, kasus seperti itu sangat jarang terjadi. 

Selain itu, pencucian beras merah sebelum proses memasak juga sudah meminimalkan senyawa berbahaya yang mungkin menempel.

  1. Tidak Naik Berat Badan 

Butuh menambah berat badan agar mencapai indeks massa tubuh yang tepat? Jika ya, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi nasi beras merah.

Nyatanya, nasi beras merah sulit menaikan berat badan, apalagi jika dikonsumsi tanpa lauk yang bergizi dan seimbang. 

  1. Obesitas

“Kalau makan nasi beras merah terlalu banyak, kandungan karbohidrat yang masuk ke tubuh juga bisa berlebihan. Hal ini bisa meningkatkan risiko kegemukan (obesitas),” ucap dr. Atika.

“Akan tetapi, kasus tersebut hanya bisa terjadi jika nasi beras merah benar-benar dikonsumsi berlebihan,” tegasnya.

Artikel Lainnya: Nasi Merah dan Nasi Shirataki, Mana yang Lebih Sehat?

2 dari 3 halaman

Batasan Makan Nasi Beras Merah yang Sehat

Menurut dr. Atika, tidak ada aturan khusus yang menyebutkan berapa banyak porsi nasi beras merah yang aman dikonsumsi. 

Namun, menurutnya, Anda tetap perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan kalori sehari-hari. 

Kebutuhan kalori setiap orang dapat berbeda-beda. Hal ini tergantung dari berat badan, usia, dan aktivitas yang dilakukan.

Tidak cukup hanya dengan itu, bagi Anda yang ingin merasakan manfaat nasi merah tanpa khawatir efek sampingnya, sajian ini juga harus dikonsumsi bersama dengan lauk yang sehat; seperti sayur, telur, dan lain sebagainya.

Anda pun dianjurkan untuk berolahraga secara rutin dan teratur, agar sistem pencernaan dalam tubuh tetap lancar.  

Pasalnya, konsumsi serat berlebihan bisa membuat usus penuh dengan gas, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. 

Cegah efek samping beras merah dengan membatasi porsi saat mengonsumsinya. Jangan lupa juga untuk mengombinasikan konsumsinya dengan menu sehat dan bergizi seimbang.

Khawatir akan bahaya beras merah dan butuh bantuan dari dokter terkait hal tersebut? Tak perlu segan untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar