Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mengenal Efek Tingling saat Pakai Skincare, Apakah Berbahaya?

Mengenal Efek Tingling saat Pakai Skincare, Apakah Berbahaya?

Muncul sensasi nyeri yang menggelitik setelah menggunakan skincare? Bisa jadi Anda mengalami tingling sensation. Yuk, kenalan dengan tingling sensation skincare.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, penggunaan skincare memang dianjurkan. Namun, sayangnya, memilih produk skincare yang cocok dengan kondisi kulit tidak semudah Anda mengedipkan mata. 

Bahkan, tidak sedikit wanita yang mungkin merasa ‘kesakitan’ saat pakai skincare. Kondisi ini disebut dengan tingling sensation.

1 dari 3 halaman

Apa Itu Tingling Sensation?

Menurut dr. Devia Irine Putri, tingling sensation diartikan sebagai sensasi kesemutan atau terasa nyeri menggelitik pada kulit setelah menggunakan skincare. Kondisi ini biasanya berlangsung sementara akibat penggunaan produk yang tidak sesuai.

Melansir Well and Good, adanya perbedaan pH antara kulit dan produk skincare bisa jadi penyebab munculnya tingling sensation

Dokter kulit sekaligus penderita Visha Skincare bernama Purvisha Patel, MD, mengatakan bahwa sensasi kesemutan pada wajah setelah menggunakan skincare tidak selalu berarti produk tersebut berbahaya atau tidak bekerja pada wajah. 

“Jika Anda bisa merasakan sensasi terbakar, ini kemungkinan ada hubungannya dengan tingkat pH pada produk skincare. Hal itu berarti pH produk lebih rendah atau lebih asam daripada kulit Anda,” kata Purvisha.

Artikel Lainnya: Mitos Tentang Skincare yang Tak Perlu Anda Percaya

“Kadang-kadang, kulit kita sangat kering dan sensitif sehingga hampir semua produk skincare akan mencetuskan sensasi nyeri menggelitik,” sambungnya.

Tidak hanya sebatas itu, produk yang memiliki kandungan exfoliant juga jadi alasan lain mengapa kulit Anda mengalami tingling sensation

Menurut Purvisha, kandungan AHA bisa menembus lapisan kulit untuk bekerja ekstra. Senada dengan itu, dr. Devia mengatakan bahwa produk skincare yang mengandung BHA dan glicolic acid juga bisa memberikan efek demikian. 

Hal lain yang juga bisa menyebabkan tingling sensation adalah kandungan mentol atau mint yang ada di dalam produk skincare. Sensasi nyeri menggelitik akibat kandungan tersebut umumnya dirasakan oleh orang yang punya kulit sensitif.

Artikel Lainnya: Tetap Menawan di Usia Senja, Ini Skincare untuk Usia 60-an!

2 dari 3 halaman

Tingling Sensation, Perlukah Diobati?

Efek tingling merupakan kondisi yang umum terjadi. Kondisi ini biasanya hanya berlangsung sementara, yakni sekitar 5 sampai 10 menit. Dengan demikian, tidak perlu penanganan khusus untuk mengatasinya.

Namun, menurut dr. Devia, ada hal yang perlu menjadi perhatian pengguna produk skincare

“Apabila efek tingling terus muncul meski wajah sudah dicuci sampai bersih, ada hal yang perlu diwaspadai. Apalagi, jika kondisi ini disertai ruam merah, nyeri, rasa terbakar, dan gatal terus-menerus,” ujar dr. Devia.

“Penggunaan produk skincare sebaiknya segera dihentikan, dan gunakan pelembap yang berbahan dasar aloe vera untuk menenangkan kulit. Jika tidak kunjung membaik, segera pergi ke dokter untuk penanganan lebih tepat,” sarannya.

Agar terhindar dari tingling sensation atau dampak buruk lain akibat penggunaan produk skincare yang salah, coba kenali kondisi kulit Anda dengan saksama. Jika ragu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar