Sukses

Pentingnya Menjelaskan Menstruasi pada Anak Laki-Laki

Menstruasi memang hanya terjadi pada wanita. Kendati demikian, orangtua tetap perlu menjelaskan menstruasi pada anak laki-laki. Berikut ini tipsnya.

Sebagian besar orangtua mungkin hanya akan membicarakan soal menstruasi kepada anak perempuannya. Namun, tahukah Anda, Menjelaskan menstruasi pada anak laki-laki juga merupakan hal yang penting, lho!

Faktanya, mengajarkan anak laki-laki seputar menstruasi penting sebagai modal pengetahuan seputar reproduksi dan terkait pubertas. Tindakan tersebut juga bertujuan untuk menghilangkan kebingungan pada anak.

 

1 dari 3 halaman

Pentingnya Menjelaskan Menstruasi pada Anak Laki-Laki

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, menjelaskan menstruasi pada anak laki-laki penting dilakukan agar mereka memahami bahwa keadaan tersebut hanya terjadi pada perempuan yang telah pubertas.

“Anak laki-laki pasti bingung; kenapa perempuan bisa menstruasi, sedangkan aku tidak," kata Ikhsan.

"Jadi, jangan sampai anak (laki-laki) bertanya-tanya sendiri. Kalau dijelaskan, mereka akan memahami menstruasi hanya terjadi pada perempuan (pubertas), yang menandakan bahwa organ reproduksinya sudah siap mengalami pembuahan," ucap Ikhsan.

Masih dari Ikhsan, menjelaskan menstruasi pada anak laki-laki juga bertujuan agar mereka tidak menertawakan saat ada teman wanitanya yang ‘bocor’ saat mengalami kondisi tersebut tanpa persiapan.

Artikel Lainnya: 4 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Pria Saat Wanita PMS

2 dari 3 halaman

Cara Menjelaskan Menstruasi pada Anak Laki-Laki

Menjelaskan menstruasi pada anak laki-laki harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak salah kaprah.

Berikut ini adalah cara menjelaskan menstruasi pada anak laki-laki yang tepat:

  • Beri Anak Informasi Mengenai Edukasi Seks

Orangtua perlu menjelaskan kenapa menstruasi hanya dialami oleh perempuan berdasarkan fakta dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

Tidak hanya terbatas pada itu, Ikhsan berkata bahwa orangtua juga sebaiknya menjelaskan mengenai proses yang terjadi selama menstruasi, ciri-ciri orang yang mengalaminya, dan lain sebagainya.

  • Bicara di Waktu yang Tepat

"Cari waktu yang tepat. Jadi, pada waktu yang santai dan ketika anak bertanya seputar pubertas. Maka, bisa dijelaskan juga apa perbedaan pubertas laki-laki dan perempuan," tutur Ikhsan.

Artikel Lainnya: Ingin Hamil Anak Laki-laki? Kalender Masa Subur Bisa Membantu

  • Menggunakan Bahan Ajar

Merasa kesulitan menjelaskan menstruasi pada anak laki-laki? Anda dapat menggunakan bahan ajar yang tepat;  baik video atau buku.

"Sebaiknya tetap didampingi sambil dijelaskan. Jangan biarkan anak nonton atau baca sendirian, yang mereka kalau bingung tidak bisa tertanya," saran Ikhsan.

Menjelaskan menstruasi pada anak laki-laki adalah hal penting, agar mereka tidak bingung dan bertanya-tanya sendiri.

Dengan cara pengajaran yang tepat, anak jadi punya modal pengetahuan mengenai reproduksi untuk menghadapi kehidupannya saat dewasa nanti.

Terkendala atau punya pertanyaan mengenai cara menjelaskan menstruasi pada anak laki-laki?

Tak perlu malu untuk melakukan konsultasi kepada dokter atau psikolog melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar