Kulit

Penyebab Kulit Muka Berminyak saat Bangun Tidur

Ayu Maharani, 07 Feb 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sebelum terlelap, Anda sudah cuci muka sampai bersih. Tapi, kenapa tetap saja muka berminyak saat bangun tidur? Ternyata, hal ini yang jadi penyebabnya.

Penyebab Kulit Muka Berminyak saat Bangun Tidur

Jangan langsung pegang muka saat bangun di pagi hari. Pasalnya, telapak tangan Anda pasti akan lengket karena kena minyak. 

Sudah coba membersihkan dan pakai skincare sebelum terlelap, tetap saja muka berminyak saat bangun tidur. Apa sebabnya? Apakah kondisi ini normal?

Penyebab Kulit Berminyak saat Bangun Tidur

Tidak perlu kesal dan khawatir berlebihan ketika muka berminyak saat bangun tidur. Menurut dr. Valda Garcia, kondisi tersebut sangat normal dan memang dialami oleh banyak orang. 

Terdapat beberapa faktor yang membuat wajah lebih mengilap saat baru bangun, yaitu:

  1. Jenis Kulit

Hal ini merupakan penyebab utama muka berminyak saat bangun tidur. Faktanya, kulit kering sekalipun tetap akan berminyak ketika bangun tidur. 

Sudah dapat dibayangkan hal yang terjadi pada pemilik kulit kombinasi dan berminyak, bukan?

  1. Pori-Pori Terbuka ketika Tidur

Sederhananya, penyebab muka berminyak saat bangun tidur yang satu ini juga tak bisa diapa-apakan lagi. 

Pori-pori memang akan terbuka dan menghasilkan sebum ketika Anda beristirahat di malam hari. Buat kulit berminyak, tentu hasil produksinya akan lebih banyak daripada tipe kulit kering.

Artikel Lainnya: Pakai Sleeping Mask Malah Bikin Bruntusan, Kenapa ya?

  1. Punya Pori-Pori yang Besar

Pori-pori bisa semakin besar akibat usia, fluktuasi berat badan, dan jerawat sebelumnya. Nah, pori-pori yang besar cenderung menghasilkan lebih banyak minyak. 

Pori-pori yang besar biasanya terletak di kiri kanan hidung alias pipi, karenanya bagian tersebut akan sangat berminyak ketika Anda bangun tidur. 

  1. Tidur dengan Suhu Hangat

Hidup di negara tropis dan tidur tanpa pendingin ruangan akan membuat suhu kamar menjadi hangat alias gerah. 

Untuk tipe dry skin, tidur dalam suhu hangat akan membuat kulitnya semakin kering. Karena itu, pemilik kulit kering harus mengoleskan krim pelembap yang cukup tebal di malam hari (night cream). 

Hal sebaliknya dialami pemilik kulit berminyak. Tidur dalam suhu yang hangat justru membuat kulitnya semakin berminyak dan mengilap. Alhasil, Anda pun bangun tidur dengan kondisi wajah yang lengket. 

Artikel Lainnya: Buruan Hindari, 5 Kebiasaan Malam Hari Ini Bisa Bikin Kulit Rusak!

  1. Mengoleskan Pelembap Terlalu Tebal di Malam Hari

Pelembap memang mesti diaplikasikan ke wajah sebelum tidur, khususnya buat pemilik kulit kering. 

Kendati begitu, ada hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengoleskan pelembap ke tipe wajah kombinasi atau oily

Jika tak mau muka terlalu berminyak di pagi hari, pastikan pelembap yang Anda pakai adalah water based (berbahan dasar air) dan berbentuk gel. 

Cukup oleskan tipis-tipis agar tidak sampai menyumbat pori-pori, membuat kulit makin berminyak di pagi hari, dan meningkatkan risiko jerawat. 

  1. Waktu Tidur Kurang Lama

Kurangnya waktu istirahat juga bisa menjadi penyebab muka berminyak saat bangun tidur. Pasalnya, kekurangan waktu tidur dapat meningkatkan kadar kortisol alias hormon stres.

Tingginya kadar hormon stres akan membuat kelenjar minyak memproduksi sebum lebih banyak. 

Jadi, jangan kaget jika muka terasa lebih lengket dan “berkilau” setelah Anda begadang atau hanya tidur sebentar. 

  1. Menu Makan Semalam

Apa yang dikonsumsi di malam hari juga mempengaruhi kondisi kulit. Jika Anda mengonsumsi makanan berlemak dan bersantan, risiko wajah berminyak bahkan berjerawat menjadi lebih tinggi. 

Hal serupa juga dapat Anda alami apabila mengonsumsi makanan atau minuman manis dan tinggi karbohidrat sebelum tidur malam. 

Semua asupan tersebut akan meningkatkan produksi minyak, sehingga bikin wajah Anda lengket dan kusam di pagi hari. 

Artikel Lainnya: Ritual Bangun Tidur yang Baik untuk Kulit

Solusi Muka Berminyak saat Bangun Tidur

Menghela napas panjang tiap berkaca bukanlah solusinya. Daripada mendiamkan kondisi muka berminyak saat bangun tidur, lakukanlah beberapa langkah berikut untuk bantu mengatasinya:

  • Langsung Cuci Muka di Pagi Hari

“Untuk menghindari penyumbatan pori, sebaiknya Anda segera cuci muka,” saran dr. Valda. 

Tidak ada treatment khusus untuk tahapan yang satu ini. Cukup dengan air dan sabun cuci muka yang tepat, lalu keringkan menggunakan tisu wajah atau handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk lembut.

  • Buat Suhu Kamar Lebih Sejuk

Anda bisa menyalakan pendingin ruangan saat tidur, agar suhu di kulit tidak terlalu hangat dan meningkatkan produksi minyak. 

Jika memungkinkan, pilihlah juga bed cover yang berbahan lembut, terutama sarung bantal yang langsung bersinggungan dengan wajah.

  • Tidak Perlu Memberikan Kompres Dingin ke Wajah Sebelum Tidur

Meski suhu hangat bisa meningkatkan produksi minyak di wajah, Anda tidak perlu sampai memberikan kompres dingin ke kulit sebelum tidur. 

“Beberapa orang ada yang mengoleskan es batu ke kulit wajah untuk menekan produksi minyak. Padahal, itu tidak memberikan hasil yang signifikan,” ucap dr. Valda.

“Efek kompres dingin cuma sementara. Pori-pori pun akan tetap terbuka selama tidur dan menghasilkan sebum,” sambungnya.

Artikel Lainnya: Penyebab Wajah Bengkak saat Bangun Tidur

  • Hindari Toner Beralkohol dan Pelembap Tebal di Malam Hari

Apa yang cocok di orang lain belum tentu sesuai dengan wajah Anda. Hindari mengikuti rangkaian skincare yang terlalu banyak, apalagi jika tipe kulit Anda kombinasi atau oily. 

Bukannya bagus, kulit akan semakin berminyak dan timbul jerawat! Toner yang dipilih sebaiknya tidak mengandung alkohol. Pelembap pun jangan pilih yang berbahan dasar minyak. 

  • Jangan Cuma Mengandalkan Makeup Remover

Riasan yang tahan air (waterproof) hanya bisa dihilangkan dengan pembersih mengandung minyak. 

Setelah riasan berhasil dilunturkan dan diusap dengan kapas, jangan langsung merasa wajah Anda bersih. 

Pasalnya, sisa pembersih itu masih menempel di wajah dan bikin lengket di pagi hari. Lakukan double cleansing dengan mencuci muka sebelum tidur

Sudah tahu penyebab muka berminyak saat bangun tidur dan solusinya, bukan?

Bila masih ada pertanyaan seputar kesehatan kulit, konsultasikan langsung kepada dokter lewat fitur LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

kulitKecantikan

Konsultasi Dokter Terkait