Sukses

Pilihan Smoothies untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Memasuki musim hujan Anda jadi gampang sakit? Coba mulai konsumsi smoothies untuk membantu daya tahan tubuh Anda. Sontek resep smoothies sehat ini!

Musim hujan dan cuaca mendung dapat menurunkan daya tahan tubuh. Dalam kondisi tersebut, Anda akan mudah terserang penyakit.

Nah, untuk kembali meningkatkan imunitas tubuh, cobalah memperbanyak konsumsi makanan dan minuman sehat.

Salah satu asupan yang direkomendasikan itu adalah smoothies. Ingin tahu campuran smoothies apa saja yang baik untuk jaga imun tubuh?

 

1 dari 3 halaman

Smoothies untuk Tingkatkan Sistem Imun

Selain rasanya yang enak, smoothies digemari karena banyak sekali variasinya. Anda bisa mencampurkan beragam buah ke dalam satu minuman sehat. Hal tersebut sempat diungkapkan dr. Sepriani T. Limbong.

Pada dasarnya, semua buah bisa dijadikan bahan campuran untuk membuat smoothies. Buah mengandung mikronutrien, yakni vitamin dan mineral, yang sangat baik buat imun tubuh,” tuturnya saat dikonfirmasi.

Berikut beberapa pilihan campuran smoothies, yang baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh:

1. Campuran Pisang dengan Jahe

Resep smoothies sehat yang pertama adalah kombinasi pisang dan jahe. Pisang mengandung banyak sekali nutrisi untuk menunjang daya tahan tubuh, sebut saja vitamin A, C, dan B6.

Dengan menambahkan sedikit jahe segar berukuran sekitar 1 cm ke dalam smoothies, manfaat ekstra bisa Anda dapat.

Jahe bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan masalah pencernaan, serta membantu tubuh mendetoksifikasi secara alami.

Campuran smoothies ini juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dari artritis hingga nyeri haid. Bila diibaratkan, campuran keduanya seperti obat ibuprofen alami.

2. Semangka dan Daun Mint

Semangka dan daun mint adalah kombinasi yang sangat baik untuk dibuat smoothies. Selain rasa segar yang didapat, campuran ini juga dapat membantu tubuh tetap bugar.

Pasalnya, semangka mengandung likopen, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi dari penyakit degeneratif dan membantu sel berfungsi lebih baik. 

Daun mint sendiri mengandung mentol, yang merupakan dekongestan alami yang membantu meredakan dahak dan gejala flu.

Artikel Lainnya: Mana Lebih Sehat, Smoothies atau Jus?

3. Kubis Merah dan Elderberry

Kubis merah dikenal dengan sifat antiinflamasi, antikanker, dan antidiabetes. Mencampurkan kubis merah ke dalam resep smoothies juga dapat membantu memperbaiki sistem imun tubuh.

Kubis merah mengandung antosianin, yang menurut penelitian dapat membantu menekan peradangan.

Anda juga bisa menambahkan campuran ekstrak elderberry bersama dengan kubis merah. Ekstrak elderberry dipercaya sebagai penangkal flu alami.

4. Campuran Buah Bit dengan Minyak Biji Rami

Resep minuman untuk daya tahan tubuh berikutnya adalah campuran bit dan minyak biji rami. Buah bit kaya antioksidan, seperti vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Sementara itu, minyak biji rami mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Keduanya dipercaya baik sekali untuk fungsi otak dan kesehatan jantung.

Artikel Lainnya: Minum Smoothies untuk Sahur, Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama?

5. Buah Nanas dengan Air Kelapa

Campuran nanas dan air kelapa dapat jadi pilihan sehat smoothies Anda. Buah nanas mengandung vitamin B1, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf.

Selain itu, nanas juga mengandung vitamin B6 yang juga dapat mengatasi penyakit anemia. Vitamin C dalam nanas juga membantu memperkuat sistem imun dan melawan radikal bebas.

Bagaimana dengan air kelapa? Minuman ini sangat bagus untuk mengisi kembali elektrolit yang hilang untuk membantu Anda tetap terhidrasi. 

Artikel Lainnya: Kebiasaan-Kebiasaan Sehat Ini Justru Bikin Tubuh Anda Gemuk

2 dari 3 halaman

Selain Minum Smoothies, Perhatikan Juga Hal Ini

Minum smoothies sehat secara teratur memang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Akan tetapi, itu saja belumlah cukup.

Menurut dr. Sepriani, selain mengonsumsi smoothies, lakukan juga kebiasaan sehat setiap hari supaya imunitas tubuh semakin optimal.

“Konsumsi makanan sehat lain yang seimbang gizinya, yaitu karbohidrat, protein, serat, lemak sehat; lalu istirahat cukup, olahraga teratur, jaga kesehatan mental (meditasi, yoga); serta hindari kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum alkohol,” kata dr. Sepriani.

Orang dewasa pada umumnya membutuhkan 7-8 jam tidur berkualitas setiap malam. Tidur cukup diperlukan agar Anda tidak mudah sakit.

Untuk olahraga, Anda bisa melakukan aktivitas fisik seperti, joging, jalan santai, atau berenang, secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari. Rutin berolahraga membantu tubuh tetap sehat, dan terhindar dari penyakit. 

Yuk, perkuat daya tahan tubuh di musim hujan dengan minum smoothies sehat. Intip tips hidup sehat lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

1 Komentar