Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Penyebab Kulit Telapak Tangan Mengelupas dan Cara Atasinya

Penyebab Kulit Telapak Tangan Mengelupas dan Cara Atasinya

Kulit telapak tangan yang mengelupas bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mari ketahui penyebabnya dan cara mengatasinya.

Sering terganggu dengan kulit telapak tangan yang mengelupas? Meski sebagian kasusnya tidak berbahaya, kondisi ini tetap menimbulkan ketidaknyamanan.

Selain itu, pengelupasan kulit di telapak tangan juga bisa disertai gejala lainnya, misalnya ruam, gatal, atau kulit kering. Sebenarnya, apa saja penyebab kulit telapak tangan mengelupas?

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Kulit Telapak Tangan Mengelupas

Umumnya, bagian yang paling sering mengalami pengelupasan kulit adalah ujung jari. Namun, tidak sedikit juga yang kulitnya terkelupas di seluruh bagian telapak tangan.

Hal ini dialami oleh Kartika (bukan nama sebenarnya). Sejak kecil, ia sudah biasa melihat kulit telapak tangannya mengelupas.

"Bahkan, saya kalau ada urusan administrasi yang membutuhkan sidik jari selalu gagal. Karena, memang pengelupasan kulit membuat sidik jari saya hilang," katanya.

"Soalnya, yang mengelupas itu bisa seluruh kulit telapak tangan, bukan cuma ujung jari seperti kebanyakan orang. Dari kecil sampai sekarang, saya mengalaminya," sambungnya.

Artikel Lainnya: Kiat agar Kulit Wajah Mengelupas Jadi Halus Kembali

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, kulit tangan terkelupas biasanya disebabkan oleh dampak eksternal atau lingkungan. Paparan berbagai hal dapat membuat kulit menjadi kering dan mudah terkelupas.

"Faktor paparan yang dapat jadi penyebab misalnya sinar matahari, cuaca dan suhu, zat kimia di dalam sabun atau detergen, serta terlalu sering mencuci tangan," ungkapnya.

Dilansir dari Medical News Today, mari ketahui lebih jelas beberapa penyebabnya berikut ini:

1. Sering Cuci Tangan

Walaupun rutin mencuci tangan bermanfaat untuk menghilangkan kuman atau bakteri apalagi saat pandemi COVID-19, ternyata sabun bisa membuat minyak alami di kulit hilang.

Jika minyak ini hilang, maka kulit tidak bisa mempertahankan kelembapannya. Akhirnya kulit menjadi kering.

2. Iklim

Kondisi iklim atau cuaca yang kering juga bisa membuat kulit kehilangan kelembapan. Dampaknya, kulit bisa mengelupas atau pecah-pecah. Hal ini dapat terjadi pada musim dingin.

3. Zat Kimia

Banyak produk pembersih dan sabun yang mengandung bahan kimia. Kandungan tersebut dapat membuat kulit kering atau teriritasi.

Artikel Lainnya: Penyebab Kulit Penis Mengelupas, Apa Saja?

4. Eksem

Masalah kesehatan ini juga dikenal dengan istilah dermatitis tangan (hand dermatitis). Eksem di tangan dapat diakibatkan oleh genetik atau kontak dengan alergen/bahan iritan.

5. Keratolisis Eksfoliatif

Kondisi ini lebih mungkin terjadi di musim panas dan sering dialami orang dewasa. Penyebab pastinya pun tidak bisa langsung diketahui.

Keratolisis eksfoliatif ditandai dengan adanya lepuh (tanpa isi atau nanah) di ujung jari lalu terbuka.

Akhirnya, terciptalah area yang terkelupas. Area tersebut kemudian bisa memerah dan kering. Tetapi, umumnya tidak disertai gatal. Keratolisis eksfoliatif dapat diperparah oleh bahan iritan, seperti sabun dan detergen.

6. Psoriasis

Psoriasis ditandai dengan munculnya bercak-bercak merah pada kulit dan meradang.

Biasanya, masalah ini terjadi pada kulit di siku, lutut, kepala, dan punggung bawah dibanding ujung jari. Tapi, bisa saja muncul di area tubuh lainnya.

Psoriasis merupakan penyakit autoimun. Dalam kondisi ini, sel kulit yang sehat justru diserang oleh sistem imunitas tubuh.

Pada kondisi tertentu, penderita psoriasis dapat mengalami perburukan. Hal ini dapat dipicu oleh banyak faktor eksternal, termasuk pola makan, kelembapan, dan stres.

7. Dermatitis Kontak Alergi

Kondisi ini muncul saat seseorang menyentuh benda yang memicu alergi. Misalnya, jika memiliki alergi nikel, maka kulit dapat mengalami iritasi, pecah-pecah, atau mengelupas saat memegang nikel.

Artikel Lainnya: Dermatilomania, Kondisi Sulit Berhenti Mengelupasi Kulit Sendiri

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Kulit Telapak Tangan Mengelupas

Jangan panik, berikut ini beberapa cara mengatasi kulit terkelupas di telapak tangan:

1. Jaga Kelembapan Kulit

Menurut dr. Astrid, penanganan utama untuk semua penyebab kulit telapak tangan terkelupas adalah rajin menggunakan pelembap.

2. Hindari Paparan Produk Penyebab Kulit Kering

Dokter Astrid berpesan, jauhi produk-produk yang cenderung membuat kulit tangan Anda kering, misalnya detergen.

Bila Anda sering terpapar produk tersebut, sebaiknya gunakan pelindung kulit (misalnya sarung tangan karet) saat mencuci. Lalu, pakai pelembap tangan secara teratur.

3. Perhatikan Faktor Lainnya

Faktor internal yang mungkin jadi penyebab perlu Anda ketahui demi menghindari pengelupasan kulit di telapak tangan. Beberapa contohnya yaitu reaksi alergi, keratolisis eksfoliatif, dan psoriasis.

Kalau kondisi telapak tangan tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk periksa ke dokter. Jadi, penyebab dan pengobatannya pun bisa lebih tepat.

Konsultasi ke dokter spesialis kulit kini lebih mudah lewat LiveChat di Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar