Kulit

Penyebab Kulit Telapak Tangan Mengelupas dan Cara Atasinya

dr. Adeline Jaclyn, 25 Agt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kulit telapak tangan yang mengelupas bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mari ketahui penyebabnya dan cara mengatasinya.

Penyebab Kulit Telapak Tangan Mengelupas dan Cara Atasinya

Sering terganggu dengan kulit tangan mengelupas? Meski umumnya tidak berbahaya, tetap saja kulit jari tangan mengelupas cukup mengganggu dan bikin tidak pede!

Sebenarnya, kenapa kulit tangan mengelupas? Nah, berikut ini sejumlah penyebab kulit tangan mengelupas yang perlu dihindari dan cara menghilangkannya.

Penyebab Kulit Telapak Tangan Mengelupas

Kulit tangan mengelupas biasanya disebabkan oleh dampak eksternal atau lingkungan. Paparan berbagai hal dapat membuat kulit kering dan mudah terkelupas.

Faktor paparan yang dapat menjadi penyebab misalnya sinar matahari, cuaca dan suhu, zat kimia sabun atau detergen, serta terlalu sering mencuci tangan.

Artikel lainnya: Manfaat Hand Cream untuk Perawatan Kulit Tangan

Mari ketahui lebih jelas beberapa penyebab kulit tangan mengelupas berikut ini:

1. Sering Cuci Tangan

Rutin mencuci tangan bermanfaat untuk menghilangkan kuman atau bakteri, apalagi saat pandemi COVID-19. Namun, ternyata sabun bisa membuat minyak alami di kulit hilang.

Jika minyak tersebut hilang, maka kulit tidak bisa mempertahankan kelembapannya. Akhirnya kulit menjadi kering.

2. Iklim

Kondisi iklim atau cuaca yang kering juga bisa membuat kulit kehilangan kelembapan. Dampaknya, kulit bisa mengelupas atau pecah-pecah. Hal ini dapat terjadi pada musim dingin.

3. Zat Kimia

Banyak produk pembersih dan sabun yang mengandung bahan kimia. Kandungan tersebut dapat membuat kulit kering atau teriritasi.

4. Eksem

Masalah kesehatan ini juga dikenal dengan istilah dermatitis tangan (hand dermatitis). Eksem di tangan dapat diakibatkan oleh faktor genetik atau kontak dengan alergen atau bahan iritan.

5. Keratolisis Eksfoliatif

Kondisi ini lebih mungkin terjadi di musim panas dan sering dialami orang dewasa. Penyebab pastinya pun tidak bisa langsung diketahui.

Gejala keratolisis eksfoliatif adalah adanya lepuh (tanpa isi atau nanah) di ujung jari lalu terbuka. Akhirnya, terciptalah area yang terkelupas. 

Area tersebut kemudian bisa memerah dan kering. Akan tetapi, umumnya keluhan itu tidak disertai gatal. Keratolisis eksfoliatif dapat diperparah oleh bahan iritan, seperti sabun dan detergen.

6. Psoriasis

Gejala psoriasis adalah munculnya bercak-bercak merah pada kulit dan meradang.

Biasanya, masalah ini terjadi pada kulit di siku, lutut, kepala, dan punggung bawah dibanding ujung jari. Namun, keluhan bisa saja muncul di area tubuh lainnya.

Psoriasis adalah penyakit autoimun. Dalam kondisi ini, sel kulit yang sehat justru diserang oleh sistem imunitas tubuh.

Pada kondisi tertentu, penderita psoriasis dapat mengalami perburukan. Hal ini dapat dipicu oleh banyak faktor eksternal, termasuk pola makan, kelembapan, dan stres.

7. Dermatitis Kontak Alergi

Kondisi ini muncul saat penderita menyentuh benda yang memicu alergi. Misalnya, jika memiliki alergi nikel, maka kulit dapat mengalami iritasi, pecah-pecah, atau mengelupas saat memegang nikel.

8. Terbakar Sinar Matahari 

Kulit jari tangan mengelupas biasanya juga terjadi akibat paparan matahari di pantai. Kulit yang terbakar sinar matahari pun akan terasa panas, perih, dan kemerahan.

9. Jamur 

Jamur dapat menyebabkan rasa gatal dan pengelupasan pada kulit. Karena itu jagalah kebersihan telapak tangan agar tidak terinfeksi jamur.

10. Penyakit Kawasaki 

Penyakit Kawasaki adalah kondisi langka yang menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun. Gejala penyakit ini ditandai dengan demam tinggi dan pengelupasan kulit pada ujung-ujung jari.

11. Kebiasaan Mengisap Jari 

Kebiasaan mengisap jari pada anak-anak dapat menyebabkan kulit kering sehingga rentan terkelupas. Keluhan akan berkurang bila kebiasaan tersebut dihindari.

12. Kekurangan Vitamin 

Kondisi kekurangan vitamin B3 atau disebut pellagra dapat menyebabkan pengelupasan kulit. 

Artikel lainnya: Penyebab Tangan Tampak Tua dan Keriput di Usia Muda 

Cara Mengatasi Kulit Telapak Tangan Mengelupas

Jangan panik, berikut ini beberapa cara menghilangkan kulit mengelupas di telapak tangan:

1. Jaga Kelembapan Kulit

Penanganan utama untuk semua penyebab kulit telapak tangan terkelupas adalah rajin menggunakan pelembap.

2. Hindari Produk Penyebab Kulit Kering

Jauhi produk-produk yang cenderung membuat kulit tangan kering, misalnya detergen.

Bila kamu sering terpapar produk tersebut, sebaiknya gunakan pelindung kulit misalnya sarung tangan karet saat mencuci. Lalu, pakai pelembap tangan secara teratur.

3. Tangani Masalah Kulit yang Ada

Faktor internal yang mungkin menjadi penyebab kulit tangan mengelupas perlu kamu ketahui demi menghindari pengelupasan kulit. Beberapa contohnya yaitu reaksi alergi, keratolisis eksfoliatif, dan psoriasis.

Kalau kondisi telapak tangan tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter kulit. Jadi, penyebab dan pengobatannya pun bisa lebih tepat.

4. Minum Cukup Air 

Kulit membutuhkan cukup air untuk menjaga kelembapan. Kulit yang terkelupas membuat kelembapan pada kulit mudah menguap.

5. Kompres Dingin 

Kompres telapak tangan dengan kain yang dingin selama 20-30 menit untuk menghentikan iritasi dan pengelupasan.

6. Gunakan Obat Antiradang 

Oleskan obat antiradang atau gunakan gel aloe vera. Apabila pengelupasan terus terjadi dan memburuk, jangan tunda periksa ke dokter, ya.

Rawat kulit tanganmu karena penuaan dan masalah kulit juga rentan mengganggu kecantikannya. #JagaSehatmu dengan berbagai tips perawatan kulit yang aman dan lengkap di aplikasi KlikDokter, konsultasi dengan dokter kulit juga lebih mudah!

(FR/JKT)

Perawatan KulitPengelupasan kulit

Konsultasi Dokter Terkait