Relationship

Alasan Pasangan Tetap Ingin Bersama Meski Tak Lagi Saling Cinta

Krisna Octavianus Dwiputra, 06 Feb 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Beberapa orang ada yang terjebak dalam keadaan tidak cinta lagi dengan pasangan tapi masih ingin bersama. Biasanya apa penyebabnya?

Alasan Pasangan Tetap Ingin Bersama Meski Tak Lagi Saling Cinta

Salah satu kunci hubungan asmara terjalin erat adalah rasa cinta. Atas dasar inilah biasanya pasangan dapat mempertahankan hubungannya. Namun, ada beberapa orang yang justru sudah tidak saling mencintai dengan pasangan namun tak ingin berpisah.

Hal ini dialami Febri (nama samaran). Pria berusia 28 tahun ini bahkan sampai disebut bucin (budak cinta) oleh teman-temannya karena tidak mau putus dengan pacarnya.

Ia sendiri mengaku sudah tidak ada rasa terhadap pacarnya. Cuma memang, ia tidak bisa menjelaskan mengapa tidak mau melepaskan pasangannya.

"Terus terang saja, saya sudah tidak bahagia dengan pacar saya. Bisa dibilang, sudah tidak ada rasa, lah. Tapi, saya sulit saja melepaskannya, bawaannya ingin bareng terus," ungkapnya.

"Sepertinya bukan saya saja yang mengalami hal ini. Saya yakin pasti ada orang yang mengalami seperti saya juga," sambungnya.

Febri mengaku sudah merasakan hal ini setahun belakangan. Ia sudah yakin ada ketidakcocokan, namun sulit sekali melepaskan ikatan dengan pasangannya.

Mengapa keadaan seperti itu bisa terjadi? Simak penuturan psikolog berikut ini.

Sudah Tidak Cinta Lagi Tapi Ingin Bersama, Mengapa?

Sebenarnya, alasannya bisa berbagai macam. Ada yang tidak tega meninggalkan, ada juga yang merasa hampa kalau tidak ada pasangan, sampai bingung mengutarakan ingin berpisah.

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, menjelaskan, "Banyak hal yang menyebabkan seseorang tak mau berpisah. Mesti tahu dulu motivasinya, apakah karena bergantung pada pasangan, takut sulit menjalin hubungan dengan orang lain, atau lainnya."

"Alasan lainnya bisa jadi malah karena merasa kasihan dengan pasangannya, sehingga belum bisa meninggalkannya. Di sisi lain, bisa juga karena merasa secara finansial terpenuhi, jadi enggan meninggalkan pasangan," sambungnya.

Jadi, kita tidak bisa memukul rata atau menyimpulkan sendiri mengapa seseorang tidak mau meninggalkan pasangannya meski sudah tidak cinta. Banyak faktor yang bisa melatarbelakanginya.

Artikel lainnya: Perhatikan, Ini 8 Ciri-ciri Hubungan Cinta Akan Kandas!

Adakah Dampaknya bagi Kesehatan Mental?

Permasalahan asmara ini sebenarnya tidak bisa disepelekan. Pasalnya, kesehatan mental dapat terpengaruh. Kedua belah pihak bisa terkena masalah psikis yang mungkin dapat membuat hidupnya kacau.

Psikolog Ikhsan mengatakan, sulit mempertahankan hubungan kalau sudah tidak ada rasa cinta, baik pada keduanya ataupun salah satu pihak.

"Tentu bisa ada masalah mental, baik buat diri sendiri ataupun pasangan. Hubungan jadi sering berkonflik, sehingga mereka jadi stres," jelas Ikhsan.

"Selain itu, ada perasaan tidak nyaman. Karena, sebenarnya kasih sayang sudah tidak bisa diberikan ke pasangan dan pasangan dirasa tidak bisa memenuhi kebutuhan kasih sayang," sambungnya.

Kondisi sudah tidak cinta dalam hubungan sebaiknya dibicarakan baik-baik. Bila salah satu pihak memaksakan, keadaannya pun belum tentu jadi lebih baik.

Nyatakanlah perasaan kepada pasangan secara jelas. Diharapkan cara ini dapat menghasilkan jalan tengah yang baik bagi Anda berdua.

Untuk mengetahui beragam tips hubungan cinta dari psikolog, download aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

Hubungan Asmara

Konsultasi Dokter Terkait