Sukses

Cara Membuat Bayi Sendawa Setelah Menyusu

Bayi mesti diusahakan serdawa usai menyusu. Bagaimana caranya? Simak penjelasan dokter mengenai cara membuat bayi sendawa setelah menyusu berikut ini.

Serdawa (biasa disebut sendawa) adalah aktivitas yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan udara berlebih yang masuk. Aktivitas ini tak hanya penting bagi orang dewasa, tapi juga bayi.

Faktanya, bayi perlu dibantu untuk serdawa usai menyusui. Hal ini penting, namun tidak sedikit orang tua yang masih bingung cara membuat bayi sendawa setelah menyusu. Anda salah satu orangtua yang seperti ini?

 

1 dari 3 halaman

Alasan Bayi Perlu Serdawa Usai Menyusu

Faktanya, bayi akan menelan sejumlah udara bersama ASI yang dikonsumsinya. Udara tersebut dapat terperangkap di perut, membuatnya merasa tidak nyaman dan mudah kenyang.

"Kalau tidak sendawa, bayi bisa sering muntah atau terjadi kolik abdomen," tutur dr. Dyah Novita Anggraini, menjelaskan kenapa bayi perlu serdawa usai menyusu.

Sayangnya, tidak semua bayi bisa serdawa dengan mudah. Oleh karena itu, orangtua perlu tahu cara membantu bayi sendawa agar udara yang terperangkap di dalam perutnya tak sampai menimbulkan gejala merugikan.

Artikel Lainnya: 4 Tips Hentikan Cegukan pada Bayi

2 dari 3 halaman

Cara Membantu Bayi Sendawa Usai Menyusu

Cara membantu bayi sendawa yang disarankan adalah sebagai berikut:

  • Posisikan si kecil tegak (berdiri), dan tempelkan ke area dada Anda.
  • Dalam posisi tersebut, punggung bayi dapat ditepuk-tepuk perlahan hingga udara dari saluran pencernaannya dapat keluar.
  • Tepukan atau usapan lembut mungkin membuat bayi serdawa. Tetapi dalam beberapa kasus, bayi membutuhkan tepuk sedikit lebih kuat untuk bisa serdawa.
  • Fokus tepukan pada sisi kiri punggung bayi, di situlah letak perut si kecil.

Selain dengan cara tersebut, Anda juga dapat menelungkupkan si kecil di pangkuan sambil mengelus-elus lembut bagian punggungnya.

Artikel lainnya: Tips Merawat Bayi dengan GERD

Saat mengusahakan si kecil serdawa, Anda bisa menyiapkan kain atau perlak. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga jika bayi muntah.

Lantas, bagaimana jika bayi tertidur saat menyusu? Adakah cara membuatnya serdawa pada kasus seperti ini? Ada. Cara ini perlu dilakukan sebelum si kecil tertidur pulas.

Teknik membuat bayi yang sedang tidur serdawa pada dasarnya sama seperti saat mereka terjaga. Hanya saja, gerakannya harus dibuat lebih lembut agar tidak mengganggu kenyamanan si kecil saat tertidur.

Itu dia beberapa cara membantu bayi sendawa yang bisa Anda lakukan. Apabila Anda menemukan kesulitan dan butuh saran lebih lanjut, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar