Sukses

Pilihan Obat Panu Alami yang Bisa Anda Temukan di Dapur

Muncul panu di badan, jangan abaikan walau masih berukuran kecil. Coba beberapa obat panu alami di bawah ini agar keluhan bisa segera sembuh.

Panu memang bukan penyakit yang dapat membahayakan nyawa. Namun, penderitanya bisa merasa tidak nyaman, bahkan kurang percaya diri.

Tinea versicolor, atau dalam keseharian sering disebut panu, merupakan infeksi jamur  pada kulit. Akibatnya, pigmentasi normal kulit akan terganggu, lalu menghasilkan bercak kecil yang berubah warna.

Bercak akibat infeksi dapat berwarna lebih terang, atau lebih gelap daripada kulit di sekitarnya. Kondisi ini paling sering memengaruhi area dada, perut, dan bahu.

Panu bisa diatasi dengan obat yang dijual di apotek, seperti krim antijamur, losion, dan sampo. 

Namun, tahukah Anda jika terdapat obat panu alami yang tersedia di dapur rumah Anda? Berikut beberapa di antaranya:

1 dari 10 halaman

1. Yoghurt

Panu disebabkan oleh infeksi jamur. Oleh sebab itu, yoghurt dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan obat alami untuk menyembuhkannya.

Anda bisa konsumsi yoghurt untuk membantu melawan ragi dari dalam tubuh (internal). Selain itu, Anda juga dapat mengoleskan yoghurt ke area yang ditumbuhi panu.

Caranya, oleskan yoghurt ke kulit yang terkena panu, lalu diamkan sekitar 15 hingga 30 menit. Setelah itu, baru dibilas hingga bersih.

Meskipun perawatan ini mungkin membutuhkan waktu lama, namun yoghurt dianggap ampuh dalam mengobati jamur. Jadi, tidak ada salahnya untuk dicoba.

Artikel Lainnya: Awas, Panu yang Tidak Diobati Bisa Menyebabkan Komplikasi!

2 dari 10 halaman

2. Tea Tree Oil

Menurut praktisi medis, tea tree oil dapat digunakan sebagai obat alami panu. Minyak pohon teh ini memiliki sifat antijamur dan punya daya serap baik untuk kulit.

Cara menggunakannya, tuangkan tea tree oil ke kapas, lalu oleskan pada bagian yang mengalami panu.  

Anda juga bisa memotong selembar kain kasa dan berikan sedikit tea tree oil, lalu tempelkan dengan selotip medis. Biarkan setidaknya selama 1 jam sebelum kain kasa dibuka dan dibersihkan.

3 dari 10 halaman

3. Kunyit

Salah satu obat alami untuk menghilangkan panu yang cukup populer adalah kunyit. Anda bisa menggunakan rempah ini setiap hari sampai panu hilang.

Caranya haluskan kunyit, lalu oleskan ke area panu dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas kulit hingga bersih dengan air mengalir.

4 dari 10 halaman

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung sifat antijamur. Karena itu, bawang putih dapat digunakan untuk membantu mengatasi panu.

Ambil satu siung bawang putih, lalu bagi menjadi dua. Gosokkan bawang putih tersebut ke area kulit yang terkena panu. Diamkan sebentar, lalu bilas sampai bersih.

Artikel Lainnya: Panu Adalah Penyakit Keturunan, Mitos atau Fakta?

5 dari 10 halaman

5. Lemon dan Belerang

Lemon yang mengandung vitamin C dan kandungan mineral pada belerang dapat menjadi ramuan untuk mengatasi panu di kulit Anda.

Caranya, tumbuk halus belerang. Lalu campurkan dengan perasan air lemon, aduk hingga rata.

Oleskan racikan tersebut ke bagian tubuh yang terkena panu, lalu diamkan selama 10 hingga 30 menit. Setelahnya, bilas sampai bersih menggunakan air mengalir.

Dalam menggunakan campuran ini, Anda dapat melakukan setiap hari sampai bercak panu hilang. 

6 dari 10 halaman

6. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan protein, antijamur, dan antiradang. Kandungan tersebut sangat baik digunakan pada kulit yang terkena panu.

Cara mengobati panu dengan bahan alami ini cukup mudah. Anda bisa mengambil ekstrak gel lidah buaya segar dari pohonnya langsung. Setelahnya, oleskan pada area kulit yang terkena panu.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan 2 atau 3 kali dalam sehari selama beberapa minggu.

7 dari 10 halaman

7. Lengkuas dan Garam

Lengkuas mempunyai kandungan kuersetin, amilum, dan flavonoid, yang ampuh mengatasi infeksi bakteri dan jamur.

Sementara itu, garam juga bermanfaat untuk mengurangi kelembapan di area sekitar panu.

Ambil 1 buah lengkuas dan potong hingga halus. Berikan sedikit garam, lalu oleskan pada area panu secara perlahan.

Anda bisa menggunakan obat panu alami ini sebelum mandi. Bila dilakukan secara rutin, bercak panu akan memudar seiring waktu.

Artikel Lainnya: Panu Tak Kunjung Sembuh, Tanda Penyakit Apa?

8 dari 10 halaman

8. Cuka Apel

Sari cuka apel diketahui memiliki sifat antijamur, sehingga bisa dijadikan sebagai obat panu alami.

Anda bisa memasukkan dua sendok makan cuka apel ke dalam air hangat, lalu minum. Cara lainnya, celupkan bola kapas ke dalam cuka apel, kemudian oleskan pada kulit Anda yang terinfeksi jamur.

Pengobatan panu dengan cuka apel selama tiga kali sehari akan memberikan hasil yang bermanfaat. 

9 dari 10 halaman

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu obat alami untuk menghilangkan panu. Dalam bentuknya yang tidak dipanaskan, minyak kelapa bekerja sebagai agen antijamur yang ampuh.

Dengan mengoleskannya di atas kulit, akan membuat minyak kelapa menjadi obat topikal yang baik dan aman. 

Selain itu, karena mudah menyerap di kulit, minyak kelapa berguna untuk mengobati jamur di kulit kepala. Gunakan di atas kulit sebanyak tiga kali sehari.

Jika Anda sudah mencoba obat panu alami di atas, namun kondisi tidak kunjung membaik, Anda mungkin perlu segera ke dokter untuk mendapat terapi yang lebih efektif.

Butuh tuntunan lebih lanjut seputar cara menghilangkan panu dengan bahan alami? Anda bisa meminta saran kepada dokter melalui Live Chat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

[WA]

3 Komentar