HomeGaya hidupPerawatan WanitaPenyebab Puting Payudara Pria Terasa Nyeri
Perawatan Wanita

Penyebab Puting Payudara Pria Terasa Nyeri

dr. Atika, 10 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pria juga bisa mengalami nyeri di puting payudaranya. Untuk tahu apa saja penyebab dari kondisi tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Puting Payudara Pria Terasa Nyeri

Sebagai orang awam, mungkin kita berpikir bahwa masalah pada puting payudara hanya dialami oleh wanita. Padahal, pria juga bisa merasakan hal-hal seperti puting nyeri, gatal, dan bahkan bengkak.

Mengapa kondisi-kondisi tersebut dapat terjadi? Simak beberapa kemungkinan penyebab puting laki-laki terasa sakit berikut ini:

1. Trauma

Trauma menunjukkan adanya gangguan fisik, contohnya akibat perlukaan atau pergesekan. 

Perlukaan pada puting payudara laki-laki cukup jarang terjadi, namun terkadang hal ini bisa terjadi pada kasus tertentu. Misal, pada saat proses pencukuran atau penghilangan bulu pada area dada.

2. Menggunakan Pakaian yang Terlalu Ketat

Tidak seperti wanita yang putingnya terlindungi oleh bra, puting pria langsung bergesekan dengan pakaian yang dikenakan.

Apabila pakaiannya terlalu ketat dan dikenakan untuk berolahraga, gesekan yang terjadi akan makin kuat. Alhasil, kadang timbul rasa nyeri pada puting.

Artikel lainnya: Cara Ampuh Atasi Puting Datar pada Ibu Menyusui

3. Tidak Cocok dengan Bahan Pakaian

Salah satu penyebab puting laki-laki terasa sakit adalah sensitif terhadap bahan pakaian tertentu. 

Jika area tersebut langsung bergesekan dengan bahan pakaian yang kasar, puting akan terasa gatal dan lama-kelamaan nyeri. 

4. Infeksi Puting

Infeksi puting juga bisa menjadi penyebab sakit pada puting payudara pria. Contohnya adalah pasca pencukuran bulu di area dada dan sekitar puting. 

Apabila proses pencukuran dilakukan dengan pisau yang tidak bersih, maka dapat menyebabkan masuknya kuman ke folikel rambut di sekitar puting. Akibatnya, terjadi infeksi yang menimbulkan gejala bengkak, merah, panas, dan nyeri.

Oleh sebab itu, pastikan alat yang digunakan untuk mencukur bulu sudah disterilkan atau dalam kondisi higienis. 

Selain itu, proses mencukur perlu dilakukan secara berhati-hati karena lecet dan luka akibat pisau cukur mudah memicu perdarahan di puting. Sebab, area puting dan sekitarnya memiliki banyak pembuluh darah. 

5. Kista Payudara

Rasa sakit pada puting payudara pria juga bisa disebabkan oleh kista. Kista bisa bermula dari infeksi. Selain nyeri, gejalanya bisa berupa terabanya benjolan lunak pada payudara. 

Terapi untuk kista sangat bergantung dengan jenis kista tersebut. Pemeriksaan fisik, bersamaan dengan mammogram bisa digunakan untuk menentukan ukuran dan lokasi kista. Bila ada kecurigaan lebih lanjut, biopsi juga mungkin diperlukan.

Artikel lainnya: Puting Payudara Wanita Berubah Hitam, Apakah Tanda Penyakit?

6. Ginekomastia

Ginekomastia bisa menjadi penyebab puting laki-laki terasa sakit. Ini adalah kondisi di mana terjadi pembengkakan dan pertumbuhan yang tidak normal pada payudara pria. Akibatnya terjadi perubahan pada bentuk dan ukuran payudara. 

Kondisi ini bisa dialami oleh pria segala usia, serta dapat menimbulkan rasa nyeri pada payudara. 

Ginekomastia terjadi akibat ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron. Pemicu lainnya adalah obesitas, obat-obatan, alkohol dan penuaan. 

7. Penyakit Paget

Penyakit Paget adalah salah satu bentuk kanker pada payudara. Gejalanya hampir menyerupai kondisi eksim atau alergi sehingga sering kali sulit didiagnosis. 

Gambarannya pada payudara, yaitu kulit area puting dan areola berkerak serta pecah-pecah. Ada rasa gatal dan nyeri yang juga dirasakan pada area tersebut.

8. Fibroadenoma

Fibroadenoma adalah bentuk benjolan di jaringan payudara dan tidak bersifat kanker. 

Fibroadenoma lebih sering dialami oleh wanita, namun pada kasus langka bisa terjadi pada pria. 

Benjolan ini dapat terasa membulat dan keras, serta bisa menyebabkan rasa nyeri pada puting dan payudara.

Artikel lainnya: Penyebab Puting Terasa Sakit

9. Kanker Payudara

Puting laki-laki yang terasa sakit bisa menjadi pertanda kanker payudara. Meski jarang terjadi, pria tetap bisa mengalami kanker payudara. Kebanyakan, kasus ini terjadi pada pria berusia 60 tahun ke atas. 

Pria yang lingkungan kerjanya rentan terpapar radiasi, punya riwayat kanker payudara di keluarga, dan punya penyakit sirosis hati juga lebih berpotensi mengalami penyakit yang satu ini. 

Selain puting sakit, payudara juga terasa keras dan padat. Kulit di area payudara juga berubah menjadi gambaran kulit jeruk. Bisa ditemukan pula keluarnya cairan dari puting dan ada pembesaran kelenjar getah bening di ketiak. 

Jika Anda mengalami keluhan nyeri pada puting, maka penting bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter guna mencari penyebab utamanya. 

Sebab, penanganan akan sangat bergantung dengan penyebabnya. Apabila penyebabnya adalah trauma atau pakaian yang tidak nyaman, Anda tinggal menghindari sumbernya. 

Jika penyebabnya infeksi, obat antikuman adalah pilihan yang terbaik. Jangan lupa, pastikan obat yang Anda gunakan selalu diperoleh dengan resep dokter. 

Sedangkan untuk benjolan payudara, dokter akan merencanakan serangkaian pemeriksaan untuk dapat menentukan sifat dari benjolan tersebut (jinak atau ganas). Barulah kemudian bisa menentukan metode penanganan yang sesuai. 

Ternyata penyebab puting laki-laki terasa nyeri bisa bersumber dari banyak kondisi. Kondisi-kondisi tersebut sangat bervariasi, mulai dari penyebab yang ringan hingga yang berat. 

Sebagai penutup, bila puting payudara Anda sakit bila tersentuh, jangan ragu untuk mengonsultasikannya pada dokter. Sebab, sakit pada puting payudara juga bisa disebabkan oleh kondisi yang berat. 

Anda dapat membaca artikel-artikel kesehatan yang menarik lainnya di aplikasi KlikDokter

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

[RS]

Payudaraputing

Konsultasi Dokter Terkait