Sukses

Penyebab Puting Payudara Pria Terasa Nyeri

Pria juga bisa mengalami nyeri di puting payudaranya. Untuk tahu apa saja penyebab dari kondisi tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Sebagai orang awam, mungkin kita berpikir bahwa puting payudara sakit hanya dialami oleh wanita. Padahal, pria juga bisa merasakan hal-hal seperti puting nyeri, gatal, dan bahkan bengkak.

Mengapa kondisi-kondisi tersebut dapat terjadi? Simak ulasan penyebab ketidaknyamanan pada puting payudara pria berikut.

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Puting Payudara Sakit pada Pria

Meski penyebabnya bukan karena menyusui, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan puting pria sakit dan bermasalah. 

Dari yang sepele hingga yang berat, beberapa hal di bawah ini bisa jadi penyebab puting pria sakit.

1. Trauma

Stimulasi atau rangsangan berlebih di area puting payudara pria bisa menyebabkan trauma dan nyeri.

Hindari memberikan stimulasi yang menyakitkan, apalagi dengan benda-benda tertentu, saat berhubungan seksual. Efek yang dirasakan biasanya bertahan cukup lama dan bikin tak nyaman.

2. Menggunakan Pakaian yang Terlalu Ketat

Tidak seperti wanita yang putingnya terlindungi oleh bra, puting pria langsung bergesekan dengan pakaian yang dikenakan.

Apabila pakaiannya terlalu ketat dan dikenakan untuk berolahraga, gesekan yang terjadi akan makin kuat. Alhasil, kadang timbul rasa nyeri pada puting pria. 

Artikel Lainnya: Bukan Pajangan, Ini Fungsi Puting di Tubuh Pria

3. Tidak Cocok dengan Bahan Pakaian

Penyebab puting payudara nyeri yang satu ini masih berhubungan dengan faktor kedua. Puting pria juga cukup sensitif. 

Jika area tersebut langsung bergesekan dengan bahan pakaian yang kasar, puting akan terasa gatal dan lama-kelamaan nyeri. 

4. Infeksi Puting

Hati-hati jika Anda ingin menggunting bulu di area puting. Jika tidak, area puting bisa terluka. 

Jika luka didiamkan, tak menutup kemungkinan infeksi akan terjadi. Segera hentikan perdarahan yang ada, cuci bersih dengan air mengalir, dan oleskan obat luka supaya tak semakin nyeri dan infeksi. 

5. Kista Payudara

Selain nyeri, ketika payudara pria diraba, akan terasa ada benjolan lembek.

“Jika kistanya ini adalah kista yang simpel, dia tidak membutuhkan treatment khusus karena bisa hilang dengan sendirinya. Kalau sampai mengganggu banget, cairan kistanya bisa disedot,” dr. Astrid Wulan Kusumoastuti menjelaskan.

Untuk kasus ini, terapi hormonal dan operasi bisa membantu Anda.

Artikel Lainnya: Tanda-tanda Kanker Payudara pada Pria

6. Ginekomastia

Untuk penyebab puting pria nyeri yang satu ini, Anda juga harus memperhatikan gejala lain. Apakah ukuran payudara berubah alias agak bengkak? Jika iya, mungkin penyebabnya adalah ginekomastia

Tak cuma di puting sebenarnya, dr. Astrid menjelaskan bahwa rasa nyeri akan dirasakan di keseluruhan payudara, terutama di area benjolan/pembengkakan. 

Kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan dua hormon, yaitu estrogen dan testosteron.

Pria dengan penyakit tiroid, sirosis hati, ginjal kronis, atau sedang mengonsumsi obat-obatan tersebut lebih berisiko untuk mengalami ginekomastia. 

7. Kanker Payudara

Meski jarang terjadi, pria tetap bisa mengalami kanker payudara. Kebanyakan, kasus ini terjadi pada pria berusia 60 tahun ke atas. 

Pria yang lingkungan kerjanya rentan terpapar radiasi, punya riwayat kanker payudara di keluarga, dan punya penyakit sirosis hati juga lebih berpotensi mengalami penyakit yang satu ini. 

Selain puting sakit, payudara juga terasa keras dan padat. Kulit di area payudara juga terasa seperti kulit jeruk.

Kadang-kadang, cairan juga keluar dari puting dan ada pembesaran kelenjar getah bening di ketiak. 

Artikel Lainnya: Merokok Jadi Penyebab Kanker Payudara pada Pria?

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Mengatasi Puting Payudara Nyeri?

Cara mengatasi puting payudara sakit pada pria tentu disesuaikan dengan penyebabnya.

Apabila penyebabnya adalah trauma atau pakaian yang tidak nyaman, Anda tinggal menghindari sumbernya. 

Rasa gatal dan tidak nyaman akibat pakaian juga bisa diredakan dengan mengoleskan gel lidah buaya. Kompres dingin pun bisa membantu. 

Jika penyebabnya infeksi, salep antibiotik dan obat lainnya yang meringankan gejala akan diresepkan oleh dokter. 

Bagaimana dengan ginekomastia? “Kalau setelah diperiksa oleh dokter dan ditemukan bahwa penyebabnya ginekomastia, dokter akan mengobservasi,” kata dr. Astrid.

“Apakah nanti memburuk atau tidak? Treatment hanya dilakukan apabila keluhan ginekomastia benar-benar mengganggu aktivitas. Obat dan operasi bisa jadi solusinya,” dia menambahkan.

Sedangkan untuk kanker, dokter biasanya akan melakukan tindakan operasi yang dikombinasikan dengan terapi lain. Terapi lain tersebut sangat disesuaikan dengan stadium kanker.

Itu dia tujuh penyebab puting payudara nyeri pada pria. Bila masih ada keluhan seputar payudara, konsultasikan pada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar