Sukses

Manfaat Hebat Daun Kemangi untuk Kecantikan

Bila biasanya daun kemangi hanya dijadikan lalapan, kini Anda juga bisa memanfaatkannya untuk kecantikan, lho! Simak selengkapnya di sini.

Tidak lengkap rasanya kalau makan tanpa lalapan daun kemangi. Ya, daun yang memiliki aroma dan rasa khas ini memang jadi salah satu kudapan wajib di kala bersantap siang atau malam. 

Meski populer di dunia kuliner, tapi tahukah Anda bahwa kemangi juga punya manfaat yang baik untuk kecantikan? 

 

1 dari 3 halaman

Kemangi, Daun yang Menyehatkan dan Kaya Nutrisi

Daun kemangi memiliki beragam kandungan penting dan dipercaya dapat dijadikan obat tradisional untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Beberapa contohnya seperti, flu, diare, gigitan serangga, demam, dan sebagainya. 

Dilansir dari Medical News Today, nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalam daun kemangi di antaranya:

  • Lutein
  • Zeaxanthin 
  • Vitamin A
  • Vitamin K
  • Kalsium
  • Beta-karoten
  • Beta-cryptoxanthin

Artikel lainnya: Manfaat Daun Kemangi untuk Pengobatan Kanker

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan

Merangkum berbagai sumber, berikut beberapa manfaat daun kemangi yang bagus untuk kulit:

  1. Membersihkan Kulit Secara Mendalam 

Faktor lingkungan seperti polusi, panas, debu, dan kotoran, serta penggunaan kosmetik setiap hari akan berdampak serius pada kesehatan kulit wajah. 

Ketika Anda tidak memberi perhatian ekstra pada kebersihan kulit, kotoran akan menyumbat pori-pori. Akhirnya, berbagai gangguan pada kulit wajah bisa timbul. 

Nah, daun kemangi dipercaya bermanfaat bagi kulit dengan memberikan efek pembersihan yang dalam dan menyeluruh. Kemangi tidak hanya menghilangkan kotoran, tapi juga minyak berlebih pada kulit. 

Anda bisa mengambil satu genggam daun kemangi, lalu hancurkan dan tambahkan air agar bertekstur seperti adonan pasta. Oleskan campuran itu pada wajah, diamkan selama 10-15 menit. 

Bilas dengan air sampai bersih. Lalu, gunakan produk skin care seperti biasa. 

  1. Mencegah Penuaan

Paparan sinar matahari berlebihan memang jadi salah satu penyebab utama tanda penuaan muncul lebih cepat. Saat minyak alami hilang, kulit cenderung kehilangan elastisitas dan garis-garis halus serta kerutan mulai muncul. 

“Daun kemangi memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berfungsi untuk mencegah penuaan,” ujar dr. Devia Irine Putri.

Daun kemangi bisa menetralkan radikal bebas dan meremajakan kulit. Anda cukup merebus daun kemangi dan mengonsumsinya setiap pagi sebagai treatment dari dalam. 

Imbangi juga dengan rutin menggunakan pelembap, sunscreen, serum, dan toner

Artikel Lainnya: Manfaat Sayur Lalapan, dari Antanan sampai Pohpohan

  1. Mengurangi Lingkaran Hitam 

Punya dark circle? Kompres daun kemangi bisa jadi solusinya! Menurut dr. Devia, daun kemangi bisa memberikan efek menenangkan yang membantu mengurangi “mata panda” atau sembab (puffy eyes). 

“Caranya, cincang daun kemangi kemudian campur dengan madu. Aduk rata, lalu oleskan pada wajah sebagai masker. Kalau tidak ingin repot, coba cari skin care atau masker mengandung ekstrak kemangi,” jelasnya. 

  1. Mengatasi Jerawat 

Melansir Be Beautiful, sifat antijamur, antiinflamasi, dan antibakteri pada daun kemangi dapat membantu membersihkan darah serta membuang racun dan bakteri dari kulit. 

Karena bisa berperan sebagai astringent, daun kemangi bisa menyerap minyak berlebih dan menjaga kelembapan kulit secara maksimal.  

Artikel lainnya: Cara Alami Menghilangkan Kutil di Wajah

  1. Mencerahkan Kulit

Produksi melanin berlebih, polusi, dan paparan sinar UV terlalu lama dapat membuat warna kulit menjadi tidak merata atau hiperpigmentasi. Kabar baiknya, daun kemangi bisa menjadi solusi untuk permasalahan ini. 

Kemangi mengandung minyak esensial yang membantu menutrisi dan melembapkan, serta memperbaiki warna kulit. 

Caranya, Anda bisa mencampurkan daun kemangi dengan gram flour dan air. Aduk rata, lalu oleskan pada wajah. Tunggu hingga kering, kemudian bersihkan dengan air dan sabun wajah. 

  1. Mengatasi Ketombe 

Daun kemangi pun bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala, khususnya dalam mengatasi ketombe

Selain menggunakan sampo antiketombe, Anda juga bisa memijat kulit kepala dengan minyak esensial daun kemangi. Setelah itu, bersihkan dengan air dan sampo, lalu keringkan. 

Meski daun kemangi memang bisa membantu menyehatkan kulit wajah dan kepala, tapi bukan berarti penggunaannya aman untuk semua orang. Pasalnya, penggunaan bahan alami termasuk daun kemangi masih berpotensi menyebabkan alergi

“Sebaiknya, dicoba dulu sedikit di daerah leher. Tunggu beberapa saat dan lihat reaksinya. Kalau muncul kemerahan, panas, dan nyeri, sebaiknya dihentikan penggunaannya karena ini bisa jadi tanda awal iritasi,” jelas dr. Devia. 

“Akan lebih aman bila berkonsultasi dahulu kepada dokter kulit. Karena, setiap orang punya kondisi kulit yang berbeda,” tutupnya.

Nyatanya, kulit Anda bisa lebih cantik dan sehat dengan daun kemangi! Pastikan untuk mengikuti saran-saran di atas demi menghindari efek samping.

Konsultasi ke dokter kulit kini lebih mudah lewat Live Chat. Anda juga bisa baca beragam tips kecantikan lainnya di KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar