Covid-19

Cara Sehat dan Tepat Kencan saat Pandemi COVID-19

Tamara Anastasia, 26 Jan 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak bisa menahan rasa rindu padahal sedang dilanda pandemi virus corona? Tak perlu gundah. Ini tips kencan saat pandemi yang bisa Anda jadikan sebagai panduan.

Cara Sehat dan Tepat Kencan saat Pandemi COVID-19

Menjalin hubungan di masa pandemi virus corona memang tergolong rumit. Apalagi jika Anda memiliki love language quality time dan physical touch.

Akibatnya, tidak sedikit hubungan putus di tengah jalan, dan meninggalkan bekas patah hati yang sulit untuk dipulihkan.

Jikapun bertahan, beberapa pasangan malah terjebak dalam toxic relationship. Hal seperti ini tak dapat dibiarkan terjadi berkelanjutan, karena dapat mengganggu fisik dan mental.

Lantas, harus bagaimana agar hubungan tetap langgeng di tengah pandemi virus corona?

Tips Kencan saat Pandemi Virus Corona

Berikut beberapa tips kencan saat pandemi virus corona menurut Ikhsan Bella Persada, M. Psi., Psikolog:

  • Pertimbangan Karakter dan Kepribadian

Bagi Anda yang baru saja masuk dalam tahap perkenalan diri, jangan bergerak tergesa-gesa. Ada baiknya saling mengenal karakter satu sama lain sebelum melakukan hal yang lebih serius.

Masa perkenalan adalah momen penting, karena di sinilah Anda diuji untuk menerima kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Jika awalnya saja sudah tidak cocok, bagaimana nanti mau berkomitmen?

  • Patuhi Protokol Kesehatan Jika Ingin Bertemu

Tidak ada yang salah jika Anda ingin sesekali bertemu dengan pasangan. Hanya saja, di masa pandemi seperti sekarang, Anda wajib mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Jika Anda takut untuk bertemu langsung, gunakan fitur video call untuk berkomunikasi.

  • Perlakukan Pasangan dengan Baik

Di era sekarang, layanan pesan antar makanan sudah banyak tersedia. Agar lebih romantis, sesekali pesankanlah makanan untuk pasangan saat mereka sedang sibuk bekerja.

Menurut Ikhsan, hal ini akan membuat pasangan merasa diperhatikan dan disayang oleh Anda.

Artikel Lainnya: Awas, Selingkuh Emosional Lebih Berbahaya dari Selingkuh Fisik!

  • Jalin Komunikasi dengan Baik

“Tetap jalin komunikasi dengan baik. Jika dirasa via chat kurang tepat, maka bisa sambil video call agar ekspresi satu sama lain dan maksud dari yang diucapkan juga lebih tepat diterima oleh pasangan,” ucap Ikhsan.

  • Saling Terbuka Satu Sama Lain

Jangan sungkan untuk membicarakan hal-hal yang disuka dan tidak dari pasangan. Komunikasi terbuka adalah kunci hubungan yang sehat.

Jika Anda terus memendam hal-hal yang tidak disukai dari pasangan, nantinya rasa kesal tersebut akan meledak dan bisa mengganggu kelanggengan hubungan.

Artikel Lainnya: Tetap Mesra selama Pandemi Virus Corona? Ini Rahasia dari Dokter Boyke!

  • Jangan Playing Victim

Baik pria maupun wanita, keduanya sama-sama berpotensi melakukan playing victim. Sadari kesalahan, dan jangan selalu menganggap bahwa Anda adalah korban dari setiap perdebatan yang terjadi.

Cobalah untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa. Akui kesalahan, ketimbang menuduh dan membuat lawan main jadi terus merasa bersalah.

  • Jangan Takut Menyudahi

Jika hubungan yang Anda jalin hanya membuat diri sendiri jadi lelah, takut, dan sedih, jangan takut untuk menyudahinya.

Jika dibiarkan, toxic relationship seperti itu akan mempengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda jadi menyakiti diri sendiri karenanya.

Artikel Lainnya: Main Dating Apps Saat Pandemi Datangkan Manfaat Positif

Hubungan Asmara Penting untuk Dijaga

Suatu hubungan asmara bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Karenanya, Anda diminta untuk membangun hubungan yang sesehat mungkin.

“Hubungan asmara itu penting dijaga, dikarenakan setiap orang memiliki kebutuhan akan kasih sayang dan perhatian,” tutur Ikhsan.

“Jika kebutuhan tersebut terpenuhi, tentu adanya peningkatan kualitas kesejahteraan mental. Ketika mental kita sejahtera, ini membuat kita jadi lebih kuat dalam menghadapi stres saat pandemi dan meningkatkan imun tubuh,” tegasnya.

Butuh ide kencan saat pandemi lainnya? Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada psikolog melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Hubungan Asmara

Konsultasi Dokter Terkait