Sukses

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan Kulit

Kecantikan kulit dapat ditunjang menggunakan berbagai bahan alami, salah satunya minyak kemiri. Apa saja, sih, khasiat untuk kulit?

Minyak kemiri biasanya digunakan untuk merawat rambut. Dipercaya, minyak ini dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut. 

Namun, minyak kemiri ternyata tidak hanya bermanfaat untuk rambut. Bahan alami ini juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit. Penasaran apa saja manfaatnya? Langsung saja simak penjelasan dokter di bawah ini.     

 

1 dari 4 halaman

Nutrisi Minyak Kemiri

Bagi yang belum pernah mencoba minyak kemiri untuk kulit, tidak perlu khawatir. Menurut dr. Reza Fahlevi, Sp.A, pada dasarnya minyak kemiri aman digunakan di kulit. 

Hal ini terbukti dengan banyaknya produk kecantikan untuk kulit yang memasukkan kemiri sebagai salah satu bahan dasarnya.  

Beberapa kandungan dari minyak kemiri yang dapat bermanfaat untuk merawat kulit di antaranya:  

  • Vitamin A, C, D, dan E. Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.
  • Mengandung asam lemak sehat, seperti asam oleat (omega-9) dan asam linoleat (omega-6). Asam lemak ini memberikan nutrisi yang baik untuk kulit.

Artikel Lainnya: Merawat Kulit dengan Minyak Kutus Kutus, Benarkah Efektif?

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan

Berikut ini beberapa khasiat minyak kemiri yang dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit Anda:

  1. Melembapkan Kulit

Menurut dr. Reza, minyak kemiri dapat melembapkan kulit. Karena, kemiri mengandung antioksidan yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembut. Lalu, minyak ini dapat menyerap cepat ke dalam kulit dengan sempurna.

Kandungan antioksidan dan asam stearat pada minyak kemiri bisa menjaga kelembapan kulit. 

Selain itu, kandungan vitamin A, C, E, dan F (omega-6) pada kemiri dapat menutrisi kulit agar tetap terhidrasi dan terhindar dari kekeringan.

  1. Membuat Wajah Bercahaya

Kandungan vitamin A, C, dan E, serta antioksidan yang dimiliki kemiri dapat membantu regenerasi kulit. Kondisi kulit akan menjadi lebih sehat dan bercahaya. 

  1. Menghilangkan Kerutan di Wajah

Minyak kemiri juga bisa digunakan sebagai perawatan untuk menghilangkan kerutan dan lingkaran hitam di bawah mata.

Selain itu, minyak ini kaya antioksidan yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan membantu mengganti sel-sel kulit mati.

Artikel Lainnya: Minyak Kemiri Bikin Kumis dan Jambang Tumbuh Lebat?

  1. Meredakan Eksim dan Efektif untuk Penderita Psoriasis

Melansir FutureDerm, minyak kemiri dapat membantu Anda yang memiliki keluhan kulit eksim atau menderita psoriasis. Hal ini dikarenakan sifat kemiri yang dapat melembapkan kulit dengan baik.

Minyak kemiri dapat meredakan gatal pada kondisi kulit seperti eksim. Lalu, kondisi seperti psoriasis dan rosacea juga dapat dikurangi gejalanya dengan minyak ini.

  1. Merawat Kulit dari Sinar Matahari dan Menghilangkan Stretch Mark

Minyak kemiri dapat diserap oleh lapisan kulit terdalam dan membantu perlindungan kulit dari kerusakan. 

Oleh karena itu, minyak ini dapat digunakan untuk menenangkan kondisi kulit yang terpapar sinar matahari dan membantu menghilangkan stretch mark.

Artikel Lainnya: Bisa Dicoba, Cara Mengatasi Diare dengan Kemiri

3 dari 4 halaman

Tips Mengaplikasikan Minyak Kelapa untuk Kulit

Ingin mencoba pakai minyak kemiri? Pastikan pengolahannya sudah benar. Cara mengolah minyak kemiri yang baik bisa dengan diekstrak langsung dari kemirinya. Anda juga bisa beli produk minyak kemiri asalkan terjamin kualitasnya.

Dokter Reza menambahkan, pemakaian minyak kemiri untuk kulit bisa dicampur dengan minyak lainnya seperti minyak kelapa. Cara ini berguna untuk perawatan kulit yang lebih maksimal. 

Selain itu, perhatikan kualitas minyak kemiri, apalagi bila Anda membuatnya sendiri. Untuk memastikannya, cium aroma dari minyak kemiri tersebut.

“Sebelum digunakan, pastikan minyaknya masih bagus dan belum lama. Cium dulu apakah ada perubahan bau menjadi apek. Kalau sudah tidak fresh lagi, sebaiknya jangan digunakan,” kata dr. Reza.

Itu dia beberapa manfaat hebat minyak kemiri yang bagus untuk kesehatan kulit. Disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memakai minyak kemiri di kulit demi menghindari efek samping.

Konsultasi bisa dilakukan lebih mudah melalui LiveChat. Dapatkan beragam tips kecantikan lainnya dari dokter hanya di Klikdokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar