Pencernaan

Cara Mengobati Ambeien Berdasarkan Keparahan, Stadium 1 Sampai 4

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 11 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penanganan ambeien harus disesuaikan dengan tingkat keparahannya. Untuk itu, ketahui cara mengobati ambeien berdasarkan stadiumnya di sini.

Cara Mengobati Ambeien Berdasarkan Keparahan, Stadium 1 Sampai 4

Ambeien menjadi salah satu masalah kesehatan yang sangat mengganggu. Penyakit ini terjadi ketika pembuluh-pembuluh darah di rektum (anus) mengalami pembengkakan.

Saat pembuluh darah tersebut bengkak, darah berkumpul dan pembuluh akan membesar ke selaput di dekat jaringan anus. Inilah yang menyebabkan rasa tidak nyaman atau menyakitkan.

Penyakit yang juga sering disebut wasir ini memiliki tipe-tipe yang berbeda. Cara mengobatinya pun tidak bisa disamakan sesuai stadiumnya. 

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai cara mengobati ambeien

Tipe Penyakit Ambeien

Wasir dibedakan menjadi dua, yakni internal dan eksternal. Wasir internal biasa terjadi di rektum. Penyakit ini tidak selalu terlihat, sebab terletak dalam di anus dan tidak ada saraf yang mendeteksi nyeri di rektum.

Wasir internal cenderung dapat hilang dengan sendirinya. Lalu, terkadang wasir jenis ini bisa bengkak dan keluar dari anus. Kondisi ini dikenal dengan istilah wasir prolaps.

Meski kadang tak terlihat atau terasa, kamu tetap perlu hati-hati. Sebab, wasir internal bisa menyebabkan gejala-gejala bila membesar, misalnya:

  • Rasa tidak nyaman dan sakit
  • Rasa gatal dan terbakar
  • Muncul benjolan di dekat anus

Sementara, ambeien eksternal terjadi di bagian anus, tepatnya di permukaan area untuk buang air besar. Terkadang, penyakit ini menimbulkan benjolan yang terlihat di permukaan anus.

Pada dasarnya, gejala wasir eksternal sama dengan tipe internal. Namun, karena berada di luar area rektal, wasir eksternal lebih terasa sakit ketika duduk, beraktivitas fisik, atau buang air besar (BAB).

Ambeien yang sudah terkena komplikasi biasa disebut thrombosed hemorrhoid. Pada kondisi ini terdapat pembekuan darah di jaringan benjolan wasir.

Artikel lainnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Ambeien Anak

Pengobatan Ambeien Berdasarkan Stadiumnya

Ambeien bisa terjadi dalam beberapa stadium, mulai dari 1 sampai 4. Berikut ini cara mengobati ambeien sesuai tingkat keparahannya:

  • Ambeien Stadium 1

Ambeien stadium 1 umumnya bukan tipe yang berbahaya. Dalam kondisi ini, biasanya tidak ada gejala yang muncul. Akan tetapi, kalau ada darah segar keluar dari anus, inilah yang perlu diperhatikan.

Cara menyembuhkan ambeien stadium 1 biasanya menggunakan obat-obatan. Akan tetapi, yang paling utama adalah perubahan gaya hidup.

Penggunaan obat-obatan perlu disertai dengan perubahan gaya hidup, seperti konsumsi asupan berserat dan tidak makan pedas. Hindari juga menggunakan obat-obatan golongan antiinflamasi non-steroid (OAINS). 

  • Ambeien Stadium 2 & 3

Ketika membedakan gejala stadium 2 dan 3, kamu perlu perhatikan apakah benjolan dapat keluar dan masuk dengan sendirinya. Kalau bisa masuk dan keluar sendiri, berarti ambeien masih berada di stadium 2.

Wasir pada stadium ke-3 umumnya ditandai dengan adanya benjolan yang harus dimasukkan kembali dengan jari.

Lalu, bagaimana cara menyembuhkan ambeien stadium 2 atau menghilangkan benjolan ambeien stadium 3?

Penanganan stadium 2 dan 3 bisa dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup seperti pada stadium 1. Namun, jika benjolan sudah menimbulkan keluhan, tindakan operasi bisa dilakukan.

Artikel lainnya: Atasi Wasir dengan Tips Sederhana ini

Dilansir dari Healthline, cara rumahan yang bisa kamu lakukan untuk mengobati ambeien ringan, yaitu:

  • Mengoleskan krim khusus hemoroid atau yang mengandung witch hazel untuk meredakan bengkak dan sakit.
  • Menggunakan kompres dingin.
  • Duduk di dalam air hangat selama 10-15 menit.

Meski begitu, pada ambeien stadium 3, Anda hanya dapat mengurangi gejalanya. Benjolan akan selalu muncul saat kambuh dan harus dimasukkan dengan tangan. 

  • Ambeien Stadium 4

Biasanya, saat memasuki stadium tertinggi ini, benjolan tetap tidak bisa dimasukkan meski sudah didorong pakai tangan. 

Lalu, bagaimana cara mengobati atau menghilangkan benjolan ambeien stadium 4?

Karena stadiumnya sudah tinggi, cara untuk mengatasinya umumnya adalah dengan operasi hemoroidektomi. Ambeien stadium 4 tidak dapat sembuh sendiri maupun dengan obat-obatan tradisional lain. 

Segera periksakan kondisi kamu ke dokter bila gejala semakin parah. Selain dengan hemoroidektomi, beberapa kasus ambeien dapat diatasi dengan tindakan-tindakan berikut untuk mencegah rasa sakit dan komplikasi jangka panjang:

  • Rubber band ligation
  • Sclerotherapy
  • Infrared coagulation
  • Hemorrhoidopexy

Waspada stadium ambeien yang sudah tinggi. Ubah gaya hidup kamu menjadi lebih sehat agar gejala ambeien tidak kambuh atau bertambah parah.

Konsultasikan seputar keluhan ambeien dengan dokter lewat Live Chat. Kamu juga bisa mendapatkan tips seputar gaya hidup sehat lebih lengkap di aplikasi KlikDokter.

[RS]

ambeien

Konsultasi Dokter Terkait