Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mengenal Squalane Oil dan Manfaatnya untuk Kulit dan Kuku

Mengenal Squalane Oil dan Manfaatnya untuk Kulit dan Kuku

Ada berbagai jenis kandungan pelembap di dalam produk skin care, salah satunya squalane oil. Apa manfaat squalane oil?

Pelembap disebut-sebut sebagai koentji agar kulit tampak sehat, awet muda, dan terhindar dari keriput. Sebab, kulit yang kering rentan menimbulkan masalah, seperti kemerahan, bersisik, dan bikin wajah jadi terlihat lebih tua. 

Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan skin care pelembap yang mengandung squalane oil. Apa itu squalane oil?

 

1 dari 4 halaman

Mengenal Squalane Oil Lebih Dekat

Sebelumnya Anda perlu tahu, squalene (pakai e) adalah lipid atau lemak alami yang dihasilkan oleh kulit manusia. 

Squalene dibuat oleh kelenjar minyak tubuh untuk melembapkan dan mempertahankan pelindung kulit. Tak hanya itu, squalene dapat berfungsi untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Sayangnya, jumlah squalene yang dihasilkan tubuh akan berkurang seiring bertambahnya usia. 

Umumnya, produksi squalene akan memuncak ketika seseorang berusia 20-30 tahun. Lalu, saat memasuki usia lanjut dan produksi squalene alami menurun, kulit manusia cenderung jadi lebih kering dan kasar.

Artikel Lainnya: Atasi Jamur Kuku dengan 3 Cara Ini

Guna mengatasi hal tersebut, para peneliti menemukan dan mengembangkan kandungan yang disebut sebagai squalane (pakai a) oil. Untuk menjelaskan apa itu squalane oil, berikut informasi dari dr. Reza Fahlevi, Sp. A

“Squalane merupakan kandungan pelembap di dalam produk skin care dan sudah diubah menjadi bentuk stabil dari squalene (pakai e). Sebelum digunakan ke kulit, squalene harus dihidrogenasi menjadi squalane (pakai a) yang merupakan bentuk molekul yang stabil,” ungkapnya.  

Hidrogenasi (digabungkan dengan hidrogen) adalah proses mengubah squalene dari minyak tak jenuh menjadi minyak jenuh (squalane). 

Setelah melalui proses hidrogenasi, squalane oil bisa lebih stabil dan aman dioleskan ke kulit. Proses hidrogenasi juga membantu squalane oil agar bisa disimpan dan digunakan lebih lama dalam produk skin care. 

Artikel Lainnya: Kenali 5 Tanda Psoriasis dari Kuku Anda

2 dari 4 halaman

Dari Mana Squalane Didapatkan?

Squalene awalnya dikembangkan oleh ilmuwan dari organ hati ikan hiu. Sayangnya, proses “memanen” squalene dari hati ikan hiu menimbulkan dampak buruk bagi ekosistem hewan di laut. 

Oleh karena itu, ilmuwan mulai mengembangkan squalene dari sumber tanaman termasuk buah zaitun, dedak padi, dan tebu. Squalene yang didapat dari tumbuh-tumbuhan ini juga lebih ramah lingkungan dan cruelty free (tidak membunuh atau membahayakan hewan).

3 dari 4 halaman

Manfaat Squalane untuk Kulit

Berikut adalah beberapa manfaat kandungan squalane oil untuk kulit.

  1. Melembapkan Kulit 

Squalane dapat menghidrasi dan membantu kulit  agar tampak lebih cerah serta sehat. Kandungan  antioksidan di dalam squalane oil ditemukan efektif untuk melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan juga radikal bebas. 

  1. Melindungi Kulit 

“Kandungan antioksidan dan antitumor dalam squalane oil bisa menurunkan risiko kerusakan akibat radikal bebas penyebab penuaan. Antioksidannya juga sangat bermanfaat untuk meregenerasi kulit wajah,”  kata dr. Reza. 

Penggunaan krim dengan kandungan squalane oil secara rutin dipercaya membantu proses detoksifikasi dan meningkatkan produksi kolagen di kulit. 

Artikel Lainnya: Tanda Penyakit Ini Bisa Dilihat Lewat Kuku

  1. Mengatasi Kulit Jerawat dan Berminyak 

Memiliki kulit sensitif, berminyak, atau cenderung jerawatan memang bikin sebagian orang jadi tak pede. Maka itu, pemilihan produk skin care perlu dilakukan dengan cermat dan tepat. 

Guna mengatasi masalah kulit tersebut, gunakan produk skin care yang mengandung squalane oil. Pasalnya, kandungan squalane oil terbilang aman untuk semua jenis kulit. 

Meski squalane adalah minyak, tapi kandungan zat ini sifatnya ringan dan nonkomedogenik. Artinya, penggunaan squalane oil tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Artikel Lainnya: Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit

Selain bermanfaat bagi kulit, squalane berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut. Sama seperti kulit, rambut juga memiliki kadar minyak yang bisa berkurang seiring bertambahnya usia. Rambut yang kering berisiko gampang rontok dan jadi terlihat kusam. 

Tak cuma itu, bagi pemilik kuku kering dan mudah patah, coba gunakan perawatan kuku yang terbuat dari squalene oil. Minyak squalene dapat menyerap cepat ke dalam kutikula dan memberikan kelembapan di kuku. Mengoleskan squalane oil ke kuku juga tak menimbulkan sensasi berminyak di jari. 

Jika tertarik mencoba  menggunakan squalane, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Dokter dapat memberikan rekomendasi produk dan juga cara squalane oil yang tepat sesuai kondisi kulit masing-masing orang. 

Untuk tahu informasi atau tips perawatan skin care lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter, ya. 

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar