Sukses

Kulit di Sela Jari Kaki Bersisik, Alergi atau Kutu Air?

Selain gatal dan tidak tidak nyaman, kulit di sela jari kaki yang bersisik juga dapat mengganggu penampilan. Kenali penyebab dan cara mengatasi kondisi tersebut lewat ulasan berikut ini.

Kulit di sela-sela jari kaki yang bersisik dapat mengganggu penampilan plus rasanya tak nyaman karena sering memicu gatal. Ada dua hal yang sering menyebabkan sisik di sela-sela jari kaki.

Sisik bisa disebabkan oleh kutu air atau alergi. Kendati begitu, kulit jari kaki yang bersisik karena kutu air dan alergi punya ciri berbeda. Ketahui perbedaannya lewat penjelasan berikut ini.

 

1 dari 5 halaman

Kulit Jari Kaki yang Bersisik Karena Kutu air

Kutu air atau dalam dunia medis disebut dengan tinea pedis. Kondisi ini merupakan infeksi yang disebabkan oleh jamur. Dokter Atika menjelaskan infeksi jamur biasanya disebabkan oleh kaki yang sering basah atau lembap.

“Infeksi jamur umumnya ada di sela-sela jari, daerah yang lembap, ada riwayat kakinya sering basah atau lembap, dan tidak dikeringkan sempurna. Lalu, biasanya ada tampilan selaput putih.”

Selain sela jari kaki bersisik, kutu air juga bisa ditandai dengan ruam dan kulit kering. Bahkan, infeksi jamur ini dapat menimbulkan nyeri, kulit melepuh, serta kemerahan.

Faktor risiko yang menyebabkan kulit jari kaki bersisik akibat kutu air adalah:

  • Keringat berlebih di bagian kaki.
  • Kaki sering basah dalam waktu lama.
  • Tidak mengganti kaos kaki yang sudah berkeringat.
  • Mengenakan sepatu berbahan atau berlapis plastik dengan ujung tertutup.
  • Cedera kulit atau kuku ringan.

Jari kaki bersisik akibat kutu air bisa diobati dengan salep antijamur yang tersedia di apotek.

Namun, bila tidak ada perubahan, Anda bisa konsultasi ke dokter dan biasanya akan diresepkan obat antijamur oral atau diminum.

Artikel Lainnya: Kaki Gatal, Tanda 8 Masalah Kesehatan Ini

2 dari 5 halaman

Kulit Jari Kaki Bersisik akibat Alergi

Sisik di sela-sela jari kaki yang disebabkan oleh alergi disebut dengan dermatitis kontak. Kondisi ini terjadi akibat kulit berkontak dengan zat atau benda tertentu yang memicu alergi.

Menurut dr. Atika, alergi umumnya menyerang bagian punggung kaki dan sela-sela jari kaki.

Alergi ditandai dengan gejala ruam, gatal, dan kulit bersisik di sela-sela jari atau tumit kaki. Di bagian yang terdapat ruam, kulit bisa terlihat seperti ada lepuhan.

“Misalnya, alergi terhadap cairan atau zat yang mengenai kaki (misalnya deterjen). Riwayatnya khas, setelah terkena zat bisa muncul perih, gatal. Kalau tidak terkena zat, maka tidak akan muncul gatalnya. Bedanya, di kondisi alergi tidak ada tampilan selaput putih,” jelas dr. Atika.

Untuk mengatasinya, hindari kontak langsung dengan zat atau benda yang memicu alergi. Umumnya, sisik di jari kaki akibat alergi ini akan hilang tanpa diobati.

Jika kulit jari kaki mulai melepuh, terasa gatal, atau panas, Anda perlu konsultasi dengan dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Artikel Lainnya: Ini Penyebab dan Cara Pencegahan Kaki Pecah-Pecah

3 dari 5 halaman

Penyebab Lain Kulit Jari Kaki Bersisik

Bukan hanya alergi dan kutu air, berikut merupakan penyebab lain kulit sela jari kaki Anda bersisik.

  • Dyshidrotic eczema

Eksim dyshidrotic bisa memengaruhi tangan dan kaki, termasuk kulit di sela-sela jari-jari. Tidak seperti ruam eksim pada umumnya, kondisi ini menyebabkan kulit gatal hingga melepuh.

Lepuh ditimbulkan karena adanya kontak dengan logam, serta bisa dipicu oleh stres atau alergi musiman.

  • Gigitan Serangga

Hampir semua jenis serangga dapat menggigit atau menyengat jari kaki. Hewan kecil, seperti tungau, kutu, dan nyamuk dapat membuat gatal. Tak hanya itu, kulit di sela-sela jari kaki pun bisa jadi bersisik.

  • Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit autoimun kronis yang menimbulkan bercak kemerahan dan juga sisik di kulit. Sisik kemerahan ini umumnya disertai rasa gatal dan nyeri.

Belum ada pengobatan pasti untuk psoriasis. Selama ini, perawatan psoriasis hanya dapat dilakukan untuk mengurangi gejala.

Artikel Lainnya: Panduan Merawat Kulit Kering

4 dari 5 halaman

Tips Menghindari Munculnya Sisik di Sela Jari Kaki

Perawatan untuk sela-sela jari kaki yang bersisik dapat dilakukan tergantung penyebab yang mendasari.

Dokter Atika menjelaskan, apabila kulit bersisik disebabkan oleh kutu air, hal ini dapat dicegah dengan memastikan sela kaki jari tidak lembap dan jangan gunakan sepatu atau kaus kaki yang basah.

“Kalau kulit kering, bisa pakai pelembap dan minum air putih cukup. Sedangkan psoriasis harus dengan obatnya yang khusus psoriasis. Lalu alergi, bisa ditangani dengan menghindari pencetusnya,” kata dr. Atika.

Penting juga bagi Anda untuk tahu cara mencegah dan menghindari kulit jari kaki bersisik. Berikut pencegahan yang dapat dilakukan:

  • Mengenakan sandal saat berada di kolam renang atau tempat yang lembap.
  • Mengenakan kaus kaki yang terbuat dari kain lembut.
  • Selalu memastikan jari-jari kaki tetap kering.
  • Hindari pakai sepatu yang terlalu ketat.
  • Tidak berbagi pinjam sepatu atau kaus kaki dengan orang lain.
  • Selalu mengeringkan sepatu dengan benar sebelum digunakan kembali.

Masih punya pertanyaan lain mengenai kesehatan atau penyakit kulit lainnya? Anda dapat konsultasi dengan dokter langsung via LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar