Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jarang Diketahui, Ini Manfaat Wortel Ungu bagi Kesehatan

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Wortel Ungu bagi Kesehatan

Manfaat wortel oranye memang tak perlu dipertanyakan. Namun, bagaimana dengan wortel ungu? Ketahui gizi dan manfaat wortel ungu di sini.

Wortel merupakan sayuran yang memiliki berbagai warna. Walaupun dikenal dengan warna oranye, sebenarnya wortel memiliki warna asli ungu dan putih.

Wortel oranye yang biasa kita temui sehari-hari kemungkinan besar merupakan turunan dari wortel kuning. Jenis tersebut dikembangkan dari hasil mutasi genetik.

Semua wortel dalam warna apa pun memiliki kandungan nutrisi yang tak jauh berbeda, seperti serat, kalium, vitamin C, mangan, vitamin A, dan beberapa vitamin B. Tapi, wortel ungu juga memiliki sejumlah keistimewaan, lho.

Berikut ini beberapa manfaat wortel ungu yang bagus untuk kesehatan:

1 dari 5 halaman

1. Kaya Antioksidan

Antioksidan unik yang terkandung di dalam wortel ungu adalah antosianin. Antosianin merupakan antioksidan jenis polifenol yang bisa ditemukan pada buah maupun sayuran berwarna ungu, seperti blueberry, anggur, dan kentang ungu.

Antioksidan menjaga tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis dan penuaan.

Selain antosianin, wortel ungu juga mengandung antioksidan asam kafeat dan asam klorogenat. Bahkan, wortel ini mengandung antioksidan polifenol sekitar sembilan kali lebih banyak dibandingkan wortel warna lainnya!

2. Baik untuk Kesehatan Mata

Wortel memiliki kandungan alfa-karoten dan beta-karoten yang sangat banyak. Kandungan tersebut kemudian diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A berfungsi untuk penglihatan, terutama dalam keadaan gelap.

Manfaat wortel ungu untuk mata jauh lebih besar dibandingkan wortel oranye. Karena, wortel ungu memiliki antosianin dan lutein.

Antosianin dan lutein dapat mencegah gangguan penglihatan, seperti degenerasi makula dan katarak akibat penuaan. Bahkan, kadar lutein di dalam wortel ungu jauh lebih banyak dibandingkan wortel oranye.

Artikel lainnya: Manfaat Sehat Mengonsumsi Sayuran Berwarna Ungu

2 dari 5 halaman

3. Efek Antikanker

Antioksidan wortel ungu dikatakan memiliki efek antikanker. Penelitian tahun 2018 menunjukkan, tikus yang diberi makan ekstrak wortel ungu memiliki pertumbuhan kanker yang lebih sedikit dibandingkan yang tidak ketika terpapar senyawa pemicu kanker.

Apa saja jenis kanker yang bisa dihambat? Sebuah penelitian observasi menggunakan tabung reaksi menunjukkan, antosianin mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara, hati, kulit, darah, dan kolon (usus besar).

Selain antosianin; alfa-karoten, beta-karoten, dan vitamin A juga berkontribusi dalam mencegah kanker. Khasiat antikanker memang lebih menonjol pada buah-buahan dan sayuran berwarna ungu.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Wortel mengandung kalori dalam jumlah sedikit namun sangat bernutrisi. Oleh karena itu, sayuran ini baik dijadikan makanan penurun berat badan.

Mengganti makanan tinggi kalori seperti snack yang diproses dengan makanan berbasis sayur bisa menurunkan kalori secara keseluruhan. Nah, wortel ungu bisa jadi alternatif yang tepat.

Kandungan gizi wortel ungu berupa serat tinggi dapat membantu menurunkan nafsu makan. Caranya, dengan meningkatkan produksi hormon yang menghasilkan rasa kenyang seperti peptide YY.

Selain itu, sebuah penelitian yang melibatkan 124.000 orang menunjukkan, orang yang mengonsumsi sayuran ungu seperti wortel ungu dapat mengurangi berat badan lebih banyak, baik pada laki-laki maupun perempuan.

Artikel Lainnya: Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh Anda

3 dari 5 halaman

5. Bermanfaat untuk Penderita Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik merupakan kumpulan gejala, termasuk di antaranya kolesterol tinggi, hipertensi, dan peningkatan gula darah. Keadaan ini meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes mellitus, dan angka kematian yang tinggi.

Antosianin di dalam wortel ungu dapat membantu kondisi tersebut. Berbagai penelitian pada hewan menunjukkan, konsumsi wortel ungu, baik sebagai jus ataupun suplemen, bisa memperbaiki gejala sindrom metabolik.

Penelitian pada tikus menunjukkan adanya penurunan tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan resistensi insulin. Namun, manfaat wortel ungu yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk efeknya pada tubuh manusia.

Artikel lainnya: Sederet Bahaya Wortel Jika Dikonsumsi Berlebihan

6. Baik untuk Pencernaan

Wortel ungu baik untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi berkat kandungan seratnya. Namun, antosianin dari sayuran ini juga mampu menjaga sistem pencernaan.

Lalu, antosianin memiliki efek antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan kronis pada saluran pencernaan. Caranya yaitu dengan menurunkan produksi protein penyebab inflamasi.

Namun, hal tersebut baru sebatas penelitian pada hewan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia demi melihat efek antiinflamasinya untuk peradangan usus.

4 dari 5 halaman

7. Mencegah Penyakit Jantung

Efek antiinflamasi wortel ungu berperan dalam mencegah penyakit jantung. Fungsi tersebut akan mencegah terbentuknya plak pada pembuluh darah dan membantu menurunkan produksi kolesterol jahat. Dengan demikian, risiko serangan jantung akan berkurang.

8. Bermanfaat untuk Kulit

Wortel ungu bermanfaat untuk kulit karena vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya, terutama vitamin C.

Beta-karoten juga bermanfaat untuk mewujudkan kulit yang sehat. Karena, kandungan ini berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Selain itu, kadar antioksidan tinggi di dalam wortel ungu dapat mengatasi radikal bebas yang menyebabkan penuaan pada kulit.

Dengan demikian, pembentukan kerutan di wajah bisa berkurang. Perlawanan terhadap radikal bebas ini juga akan mencegah kanker kulit.

Baik disajikan dalam bentuk salad, jus, maupun sup, wortel ungu dapat dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari. Kombinasikan dengan makanan bergizi lainnya agar nutrisi yang didapat menjadi lebih optimal.

Bila ingin konsultasi ke dokter seputar asupan gizi, pakai Live Chat KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar