THT

Sering Pakai Anting Bikin Belakang Telinga Bau, Ini Penyebabnya

dr. Nadia Octavia, 16 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Belakang teliga dan lubang anting mengeluarkan bau tak sedap? Apa penyebabnya? Bagaimana cara agar lubang anting tidak bau? Cek di sini.

Sering Pakai Anting Bikin Belakang Telinga Bau, Ini Penyebabnya

Pakai anting memang bisa menunjang penampilan. Sayangnya, kebiasaan ini bisa saja menyebabkan lubang anting bau kalau pemakaian dan perawatan telinga terbengkalai.

Kenapa lubang tindik bau? Bagaimana cara agar lubang anting tidak bau? Baca terus, ya!

Penyebab Lubang Anting Bau

Penyebab Lubang Anting Bau

Penyebab lubang anting telinga bau bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, di antaranya:

1. Lubang Anting Kotor

Saat mandi, kamu mungkin hanya terfokus membersihkan area tubuh yang terlihat dan melupakan lubang anting telinga. Kamu mungkin berpikir keringat atau kotoran tidak akan menempel pada lubang kecil tersebut. 

Artikel lainnya: Telinga Berbau Tidak Sedap, Apa Penyebabnya?

Padahal, kelenjar keringat ada di seluruh area tubuh, termasuk belakang telinga. Keringat yang bercampur bakteri akan mengeluarkan bau tidak sedap dan menyebabkan lubang anting bau. 

Selain kelenjar keringat, kelenjar minyak juga dapat ditemukan di area mana pun di kulit. Kelenjar tersebut akan mengeluarkan sebum atau minyak yang dapat berbau. 

Lipatan dan lubang anting akan menyebabkan kotoran dan minyak menumpuk, dan menjadi penyebab lubang anting telinga bau. 

2. Polusi dan Zat Tertentu

Beberapa zat atau senyawa seperti asap rokok, produk rambut, asap kendaraan bermotor, polusi, debu, dan kotoran lainnya dapat menumpuk pada garis rambut dan belakang telinga. Akibatnya, lubang anting bau. 

Rambut panjang, pemakaian selendang, topi, dan kosmetik, serta sisa produk rambut juga dapat menyumbat pori-pori di belakang telinga dan membuat lubang tindik bau. 

3. Infeksi 

Infeksi di lubang telinga dapat menimbulkan bau tidak sedap seperti keju. Penyebabnya antara lain bakteri dan jamur yang gemar hidup di lingkungan hangat dan lembap. 

Beberapa penyebab infeksi bakteri dan jamur tersebut antara lain sering menggaruk area lubang anting dengan tangan kotor, penggunaan kacamata, dan infeksi saat tindik anting. 

Artikel lainnya: Pakai Anting saat Tidur, Amankah?

Cara Menghilangkan Bau di Lubang Anting Telinga

Lakukan cara agar lubang anting tidak bau akibat pemakaian anting berikut ini:

1. Lepas Anting Saat Berolahraga 

Tujuannya adalah agar keringat, minyak, dan sel kulit mati tidak menumpuk di area tindikan.Jika lupa mencopot anting, segera lap belakang telinga khususnya area yang bertindik dengan tisu bersih.

2. Lepas Anting Saat Mandi 

Pakai anting saat mandi justru membuat sisa busa sabun dan sampo terjebak di area tindikan.

3. Cuci Anting

Beberapa kali dalam seminggu, cuci anting dengan air dan sabun berbahan lembut. Jika di rumah tak ada sabun seperti itu, cucilah dengan air garam. Keringkan dengan kain atau tisu bersih.

4. Bersihkan Belakang Telinga

Setiap mandi, jangan lupa bersihkan bagian belakang telinga, ya. Gosok perlahan supaya sel-sel kulit mati dan kotoran lainnya ikut terangkat. Jangan lupa lap bagian tersebut dengan handuk agar tidak lembap.

5. Konsultasi ke Dokter

Jika ada tanda-tanda selain bau seperti gatal, kemerahan, dan perih, lebih baik berkonsultasi dengan dokter. Kamu biasanya akan diminta untuk tidak menggunakan anting dulu dan diresepkan salep antibakteri dan antiinflamasi.

Jika ada bau tidak sedap dari lubang anting, bisa jadi disebabkan oleh kondisi di atas. Cobalah untuk membersihkan lubang anting secara rutin! 

Apabila tak kunjung hilang, tanya dokter THT di aplikasi KlikDokter. Konsultasinya mudah, tebus obatnya cepat!

(FR/JKT)

Kesehatan Telinga