Sukses

Jenis Tepung yang Bagus untuk MPASI si Kecil

Dalam memenuhi kecukupan karbohidrat, penambahan tepung untuk MPASI jadi pilihan. Lantas, apa saja tepung yang bagus untuk si kecil?

Selain lemak, protein, serat, dan vitamin, karbohidrat juga harus ada dalam menu makanan pendamping ASI (MPASI). Salah satu cara paling mudah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut adalah dengan menggunakan tepung.

Tepung untuk MPASI bisa dilarutkan menjadi bubur agar mudah dikonsumsi bayi. Berikut beberapa pilihan tepung tepung yang bagus untuk MPASI si kecil.

 

1 dari 3 halaman

Pilihan Tepung untuk MPASI

Tak sembarang tepung bisa dijadikan makanan bayi yang baru masuk masa MPASI. Adapun tepung yang direkomendasikan, antara lain:

1. Tepung Beras Putih

Supaya lebih hemat, Anda bisa menggiling beras di rumah dengan food processor agar teksturnya menjadi halus seperti tepung. 

Jika malas memprosesnya, tepung beras putih sangat mudah ditemukan di pasaran. Meski kandungan kalorinya cukup tinggi, tepung yang satu ini bebas gluten sehingga tak mengganggu pencernaan si kecil. 

2. Tepung Beras Merah

Selain beras putih, Anda juga bisa menggiling beras merah menjadi tepung. Menurut dr. Arina Heidyana, kandungan serat dalam tepung beras merah lebih tinggi daripada beras putih. Jadi, ini sangat bagus untuk bayi Anda dan bebas gluten juga. 

Tak cuma serat, tepung beras merah juga mengandung vitamin B kompleks yang mampu menyehatkan sistem saraf bayi dan metabolismenya. 

Artikel Lainnya: Mana yang Lebih Baik, Beras Putih atau Beras Merah untuk MPASI?

3. Tepung Gandum

Tepung gandum lebih kasar dan cokelat daripada tepung terigu. Sebab, tepung gandum terbuat dari gandum utuh dan masih mengandung banyak serat. 

Jika ingin menyehatkan melancarkan pencernaan bayi, selain tepung beras merah, tepung yang satu ini bisa jadi opsinya. Meski masih mengandung gluten, kandungan vitamin dan mineralnya cukup banyak. 

4. Tepung Jagung

Tepung jagung yang dimaksud bukan tepung maizena, ya. Tepung jagung itu dari jagung kering yang dihaluskan. Warnanya kuning dan teksturnya agak kasar. 

Sedangkan tepung maizena, terbuat dari pati dalam jagung. Teksturnya pun lebih halus dan gunanya untuk mengentalkan cairan dalam masakan. 

Anda yang ingin menaikkan berat badan bayi, tepung jagung bisa jadi solusi. Bonusnya lagi, dia bebas gluten dan nutrisi dalam tepung ini bisa memelihara kesehatan tulang, otot, dan otak bayi. Cari tepung jagung yang organik agar lebih aman, ya, Bund! 

Artikel Lainnya: Resep dan Cara Membuat Bubur Bayi Sesuai Tingkatan Usia

5. Tepung Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian yang kaya akan kalsium, protein, dan fosfor. Kandungan fosfor dalam tepung quinoa baik untuk memelihara kesehatan jantung, ginjal dan otak.

Sama seperti beberapa tepung lainnya, quinoa bebas gluten. Anda bisa membelinya secara online atau supermarket. 

6. Tepung Ubi Ungu 

Mau pakai tepung yang warnanya menarik perhatian si kecil? Coba pakai tepung ubi ungu. Jangan terkecoh dengan harga yang sangat murah. Dikhawatirkan itu bukan tepung ubi ungu asli dan hanya ditambah pewarna. 

Hindari memilih tepung ubi ungu yang warnanya terlalu mencolok, sebab sudah pasti itu ditambahkan zat pewarna makanan.

Meski masih aman, tak ada salahnya kan untuk cari yang organik tanpa penambahan ini itu?

Rasa tepung ini juga sedikit manis ketimbang tepung lainnya. Karena kaya vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata, mengandung serat, serta antioksidan, Anda bisa menggunakan tepung ubi ungu sebagai variasi MPASI.

7. Tepung Mocaf

Tepung yang satu ini bukan tepung singkong biasa. Modified cassava flour atau kerap disebut mocaf terbuat dari singkong yang difermentasi agar asam sianidanya berkurang dan tidak pahit.

Teksturnya mirip seperti tepung terigu. Selain mengandung vitamin K dan zat besi yang baik untuk kesehatan bayi, tepung mocaf hanya mengandung sedikit gluten.

Dokter Arina menyampaikan, “Masing-masing tepung memiliki kelebihannya masing-masing. Jadi, orangtua tinggal menyesuaikan lagi dengan kebutuhan si anak. Pilih mana gampang ditemukan dan mana yang harganya sesuai budget Anda.”

Artikel Lainnya: Setelah Menyapih Perlukah Anak Diperkenalkan pada Susu Pengganti?

2 dari 3 halaman

Tetap Waspada dengan Efek Sampingnya 

Untuk anak dengan penyakit celiac, jangan lupa untuk pilih tepung yang bebas gluten. Jika tidak, lapisan usus halusnya akan bermasalah dan menyebabkan sakit perut, diare, anemia, hingga lemas. 

Selain itu, efek gluten pada penderita penyakit celiac juga akan mengganggu penyerapan nutrisi. Tumbuh kembang anak pun menjadi terhambat. 

Dari tepung untuk MPASI di atas, yang bebas gluten adalah tepung beras putih, beras merah, quinoa, dan jagung. 

Apabila sampai muncul alergi seperti gatal-gatal, segera konsumsi obat antihistamin. Bila ada gejala lain yang lebih parah, misalnya sesak napas dan pembengkakan, segeralah ke rumah sakit.

Itu dia tujuh tepung yang bagus untuk MPASI. Bila masih ada pertanyaan seputar kesehatan anak, langsung konsultasikan pada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar