Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Pakai Kentang untuk Atasi Jerawat, Waspada Efek Sampingnya

Pakai Kentang untuk Atasi Jerawat, Waspada Efek Sampingnya

Sedang viral di TikTok mengenai manfaat kentang untuk jerawat. Dalam kacamata medis, benarkah kentang efektif dan aman untuk atasi jerawat?

Di TikTok baru-baru ini populer sebuah tren kecantikan yaitu, menempelkan kentang ke muka yang sedang ditumbuhi jerawat. Katanya, kentang dapat membantu meredakan jerawat dan menghilangkan bekasnya.

Kentang diketahui memang kaya vitamin dan nutrisi Beberapa di antaranya dapat bermanfaat juga untuk kulit. Namun, apa benar kentang ampuh atasi jerawat? Berikut pendapat dokter!

 

1 dari 4 halaman

Efektifkah Kentang dalam Mengatasi Jerawat?

Konsumsi kentang pada dasarnya bisa membantu Anda memenuhi beberapa nutrisi penting, termasuk kalium dan vitamin C. Makanan ini juga dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik.

Tak hanya untuk tubuh secara keseluruhan, nutrisi kentang yang dikonsumsi juga dapat berfungsi mengurangi peradangan pada kulit wajah.

Namun, apakah kentang juga bisa efektif dalam mengatasi peradangan di kulit akibat jerawat, khususnya bila ditempelkan ke wajah?

Sebuah penelitian menemukan, ekstrak kulit kentang mengandung senyawa antiradang. Dilansir dari Healthline, studi di tahun 2013 itu melakukan penelitian pada tikus terkait hal tersebut.

Artikel Lainnya: Hindari 5 Makanan Ini Kalau Ingin Bebas Jerawat

Hasilnya, ditemukan kemungkinan efek antiinflamasi dari ekstrak kulit kentang yang dapat mengurangi jumlah sitokin.

Sitokin adalah molekul yang dilepaskan oleh sel dalam sistem kekebalan. Fungsinya adalah mengatur peradangan, kekebalan, dan hemopoiesis (produksi sel darah dan trombosit).

Nah, jerawat merupakan bentuk peradangan pori-pori di kulit yang dipicu oleh peningkatan jumlah sitokin.

Beberapa jenis sitokin melawan dan mengurangi peradangan, sedangkan yang lainnya justru dapat meningkatkan peradangan.

Terlepas dari hasil temuan tersebut, sampai saat ini belum ada penelitian pada manusia yang mendukung bahwa kentang dapat membantu mengurangi jumlah sitokin.

Dokter Adeline Jaclyn menegaskan hal serupa. Ia menegaskan, belum ada penelitian pada manusia mengenai efektivitas kentang dalam mengatasi jerawat.

Jadi, Anda jangan sembarang mengikuti konten media sosial yang menganjurkan menggunakan kentang untuk mengatasi jerawat. Dikhawatirkan, hal tersebut malah membawa dampak buruk bagi kondisi kulit.

Pasalnya, kondisi kulit setiap orang bisa berbeda-beda. Reaksi yang dihasilkan dari sebuah kandungan pun tidak sama.

Artikel lainnya: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Obat

2 dari 4 halaman

Efek Samping yang Bisa Terjadi saat Pakai Kentang di Wajah

Selain kurang didukung oleh penelitian ilmiah yang lebih kuat, penggunaan kentang di wajah sebaiknya dihindari karena juga dapat memunculkan reaksi alergi.

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine, Amerika Serikat, menemukan kentang mentah dapat memicu alergi lateks pada orang dewasa. Alergi dapat muncul karena adanya protein patatin di dalam kentang.

Beberapa makanan lain yang mungkin memicu alergi lateks di antaranya wortel, tomat, apel, dan pisang. Bila Anda pernah mengalami alergi akibat makanan tersebut, hindari menggunakan kentang mentah pada kulit.

Berikut ini tanda-tanda reaksi alergi yang dapat timbul akibat menempelkan kentang mentah di wajah:

  • Gatal-gatal
  • Kulit merah
  • Bengkak di kulit
  • Hidung gatal dan berair
  • Kesulitan bernapas

Untuk mengetahui Anda alergi kentang atau tidak, sebaiknya lakukan uji tempel (patch test) terlebih dahulu.

Tempelkan sedikit kentang di bagian belakang leher atau siku. Bila tidak terjadi tanda-tanda alergi dalam 24 jam atau lebih, tandanya kentang aman untuk Anda.

Artikel lainnya: Daftar Makanan Sehat yang Bikin Wajah Bebas Jerawat

3 dari 4 halaman

Bahan Alami yang Disarankan untuk Atasi Jerawat

Dalam mengobati atau mengatasi jerawat, dr. Adeline menyarankan untuk menggunakan alternatif lain yang sudah terbukti ampuh dan aman.

 Berikut beberapa pilihan bahan alami yang bisa digunakan untuk membasmi jerawat:

  • Madu
  • Jus lemon
  • Minyak pohon teh (tea tree oil)
  • Minyak lavender
  • Yoghurt
  • Kunyit
  • Teh hijau
  • Lidah buaya

Bila Anda memiliki jerawat, bekas luka, atau masalah kulit lainnya, lebih baik temui dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang efektif. Konsultasi bisa dilakukan lebih mudah lewat Live Chat KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar