Sukses

Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan Wanita dan Pria

Stres karena tak kunjung mendapatkan kehamilan yang diinginkan? Anda bisa mencoba diet vitamin E. Ada banyak manfaat vitamin E untuk kesuburan.

Sudah menikah satu tahun tapi belum juga dikaruniai momongan. Sudah mencoba ini itu, tapi belum juga membuahkan hasil. Frustrasi? Jangan! Coba dulu ubah pola diet Anda dengan menambahkan asupan tinggi vitamin E.   

Disebut-sebut, ada banyak manfaat vitamin E untuk kesuburan pria dan wanita. Simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan

Vitamin E memegang peranan penting pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mikronutrien ini antara lain membantu melindungi membran sel, sel darah merah, sel saraf, mencegah kerusakan oksidatif, gangguan saraf, anemia, dan infeksi virus.

Selanjutnya, vitamin E memelihara daya tahan tubuh sekaligus mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Manfaatnya yang terakhir ini turut dibenarkan dr. Sara Elise Wijono, M. Res.

“Vitamin E pada dasarnya bersifat antioksidan. Itu sebabnya, bisa saja vitamin E membantu kalau ada masalah kesuburan yang berkaitan dengan radikal bebas. Misalnya merokok atau hidup di lingkungan yang banyak polusi,” kata dr. Sara.

Berikut deretan manfaat vitamin E yang dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita:

1 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan Pria

Berikut beberapa potensi manfaat vitamin E untuk kesuburan pria:

  1. Meningkatkan Pergerakan Sperma

Pergerakan sperma yang optimal penting dalam usaha pembuahan sel telur. Untuk tujuan tersebut, vitamin E dapat membantu meningkatkan pergerakan sperma.

  1. Membantu Meningkatkan Jumlah Sperma

Salah satu penyebab paling umum dari ketidaksuburan pada pria adalah jumlah sperma yang rendah. Idealnya, 1 mililiter air mani mengandung tak kurang dari 20 juta sperma.

Nah, asupan tinggi vitamin E dapat membantu meningkatkan jumlah sperma pria.

Artikel lainnya: Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Penis

  1. Meningkatkan Dorongan Seks

Penelitian menunjukkan, untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh, pria harus mengonsumsi makanan kaya vitamin E. Peningkatan hormon ini dapat meningkatkan minat dan stamina seksual.

  1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Penelitian menunjukkan, pria yang mendapat asupan vitamin E secara teratur mengalami peningkatan hingga 29 persen dalam tingkat pembuahan. Mereka juga memiliki kualitas sperma yang lebih baik.

2 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan Wanita

Bagaimana dengan wanita? Di bawah ini beberapa potensi manfaat vitamin E untuk kesuburan wanita:

  1. Penebalan Lapisan Rahim

Lapisan rahim yang tipis bisa menjadi faktor penyebab utama infertilitas pada wanita. Makan sekitar 600 mg vitamin E sehari dapat meningkatkan aliran darah di arteri radial, sehingga meningkatkan ketebalan lapisan rahim.

  1. Membantu Mengobati Penyakit Payudara Fibrocystic

Penyakit payudara fibrokistik adalah kondisi payudara berkembang menjadi tumor jinak. Pada saat menstruasi, tumor jinak ini menjadi bengkak dan menimbulkan nyeri. Nah, vitamin E dapat membantu mengurangi tumor ini.

Artikel lainnya: Lebih Penting Vitamin C atau Vitamin E untuk Kulit?

  1. Membantu Mengobati Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

Sindrom PCOS menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan memperlambat laju metabolisme. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan masalah kesuburan pada wanita. Asupan vitamin E yang cukup dapat membantu menyeimbangkan hormon.

  1. Melindungi Kantong Ketuban

Kantong ketuban berisi cairan ketuban, yang berfungsi untuk melindungi dan mengandung janin di dalam rahim. 

Vitamin E dapat membuat selaput lebih kuat, sehingga mencegah kemungkinan kantong ketuban pecah.

Dokter Sara mengingatkan, manfaat vitamin E tadi hanya bersifat membantu. Pemenuhan asupan vitamin E tidak bisa dijadikan satu-satunya patokan dalam meningkatkan kesuburan.

“Bila sudah satu tahun menikah (tapi belum hamil juga), Anda perlu untuk memeriksakan ke dokter kandungan, apa yang menjadi penyebab tidak subur,” kata dr. Sara.

“Kalau Anda dan pasangan sehat, dan tidak ada masalah kesuburan, sebenarnya enggak ada yang perlu ditingkatkan. Kalaupun ada masalah, vitamin E ini kan klaimnya membantu.”

Misalnya, dia menjelaskan, Anda sudah 3 tahun menikah tapi belum punya anak Meminum vitamin E tidak lantas membuat Anda bisa langsung hamil.

“Tetap saja harus diperiksa dulu, cek masalahnya apa, lalu ditangani sesuai penyebabnya,” kata dr. Sara.

Artikel lainnya: Vitamin dan Mineral untuk Meningkatkan Kesuburan

3 dari 4 halaman

Tertarik? Coba Asupan Tinggi Vitamin E Berikut

Dokter Sara menjelaskan belum ada data penelitian memadai seputar manfaat vitamin E untuk meningkatkan kesuburan. Namun, tak ada salahnya Anda mengonsumsi asupan vitamin E untuk kesuburan sekaligus menjaga kesehatan secara umum.

Berikut beberapa makanan yang mengandung vitamin E:

  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Sayur (sayur hijau, labu, paprika)
  • Buah (alpukat, mangga)

Konsumsilah makanan sumber vitamin E dalam jumlah yang wajar dan cukup. Variasikan dengan menu sehat lainnya. Jangan lupa dibarengi dengan pola hidup sehat.

Jika masih punya pertanyaan mengenai masalah kesuburan atau kesehatan reproduksi lainnya, Anda bisa memanfaatkan Live Chat dari aplikasi Klikdokter.

[HNS-JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar