Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Agar Lebih Nyenyak, Lakukan Peregangan Ini Sebelum Tidur

Agar Lebih Nyenyak, Lakukan Peregangan Ini Sebelum Tidur

Melakukan peregangan sebelum tidur ternyata bermanfaat untuk membuat tidur lebih nyenyak. Ketahui berbagai gerakan peregangan sebelum tidur di sini.

Kebanyakan orang menghabiskan waktunya untuk duduk, baik saat bekerja, menyetir, ataupun makan. Kegiatan ini dapat menyebabkan otot menjadi tegang, nyeri, dan kaku. Akibatnya, tidur menjadi tidak nyenyak dan sulit relaks.

Nah, agar bisa lebih nyenyak, melakukan peregangan sebelum tidur ternyata bermanfaat, lho. Selain meredakan ketegangan otot, rasa relaks yang dihasilkan membantu memperbaiki kualitas tidur dan membuat Anda bangun lebih segar.

Ada beberapa gerakan peregangan yang bisa Anda lakukan sebelum tidur. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1 dari 4 halaman

1. The Bear Hug

Gerakan peregangan sebelum tidur ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu berdiri dengan kedua kaki selebar bahu. Lalu, silangkan kedua tangan, salah satu telapak tangan menyentuh punggung pada sisi berlawanan (seperti memeluk diri sendiri).

Gerakan ini dapat meregangkan otot punggung bagian atas.

2. Head Rolls

Masih dalam posisi berdiri, putar kepala ke kanan sampai telinga menyentuh bahu kanan, tahan 5 detik lalu kembali ke posisi semula. Ulangi lagi pada sisi kiri.

Gerakan ini baik untuk peregangan leher dan punggung atas.

Artikel lainnya: Lakukan 7 Cara Ini agar Anda Bisa Tidur Nyenyak

2 dari 4 halaman

3. Child’s Pose

Gerakan peregangan sebelum tidur yang satu ini bisa meredakan kekakuan pada bahu, leher, dan punggung. Pertama, duduk berlutut dengan bokong menyentuh tumit.

Kemudian, rentangkan tangan ke depan sambil menyentuh lantai sampai tubuh hampir rata dengan permukaan lantai.

Lalu, istirahatkan kepala pada lantai dan tahan beberapa detik.

4. Side Stretch

Gerakan ini dilakukan dalam keadaan duduk bersila. Rentangkan tangan kanan ke atas, lalu perlahan condongkan tubuh ke kiri dengan mempertahankan posisi tangan kanan.

Kembali ke posisi awal, lalu ulangi dengan sisi yang berlawanan. Gerakan ini baik untuk otot pinggang dan punggung.

Artikel lainnya: Kebiasaan Baik Sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan

3 dari 4 halaman

5. Knee to Chest

Berbaringlah di atas matras atau kasur. Kemudian, tekuk kedua lutut mendekati dada, peluk kaki menggunakan kedua tangan. Tahan selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi semula dan ulangi.

Gerakan ini bisa juga dilakukan dengan satu kaki secara bergantian. Peregangan ini baik untuk fleksibilitas punggung dan dapat membantu meredakan nyeri punggung bawah.

6. Spinal Twist

Masih dengan posisi berbaring, rentangkan kedua tangan di samping badan. Kemudian, secara perlahan silangkan kaki kiri ke sisi kanan tubuh dan biarkan kaki kiri menyentuh lantai. Ulangi pada sisi lainnya.

Gerakan ini juga membantu fleksibilitas tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh yang bungkuk.

7. Legs Up The Wall

Tetap dalam posisi berbaring, kali ini angkat kedua kaki Anda dan senderkan pada dinding secara vertikal. Pastikan bokong menyentuh dinding.

Bila kesulitan, Anda bisa meletakkan bantal pada pinggul. Posisi ini baik untuk memperbaiki sirkulasi darah pada kaki dan pencernaan.

Gerakan-gerakan di atas bisa dilakukan secara rutin sebelum tidur. Namun, bila Anda merasa tidak nyaman atau bahkan nyeri saat melakukan peregangan, segera hentikan untuk mencegah cedera. Selamat mencoba!

Bila ingin konsultasi lebih cepat ke dokter seputar cara memperbaiki kualitas tidur, gunakan Live Chat di KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar