Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Anak Jatuh Cinta pada Pria Lebih Tua, Ini yang Perlu Dilakukan Orangtua

Anak Jatuh Cinta pada Pria Lebih Tua, Ini yang Perlu Dilakukan Orangtua

Punya anak perempuan usia SMP yang mulai jatuh cinta dengan pria yang jauh lebih tua bikin orangtua waswas. Lantas, apa saran psikolog mengenai hal ini?

Saat anak perempuan mengidolakan artis dewasa pria, mungkin Anda biasa saja. Tapi, ketika ia mulai memuji ketampanan pria di sekitarnya yang usianya jauh lebih tua, biasanya perasaan khawatir timbul.

Kok bisa anak perempuan menyukai pria dewasa? Mengingat banyak oknum tak bertanggung jawab yang dapat memanfaatkan kepolosan anak, bagaimana orangtua harus bersikap?

 

1 dari 4 halaman

Anak Suka Artis Idola yang Lebih Tua, Normalkah?

Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog berpendapat, ketika anak mulai jatuh cinta dengan sosok yang lebih dewasa, hal itu terbilang normal.

“Pada usia praremaja dan remaja, wajar bila anak mulai menunjukkan rasa ketertarikan kepada orang lain dan lawan jenisnya. Biasanya yang pertama kali ia kagumi adalah artis-artis,” jelasnya.

Gracia menambahkan, “Anak sedang mulai memasuki tahap perkembangan identitas, konsep, kepercayaan diri, dan berusaha bisa diterima di lingkungan sosial khususnya pertemanan.”

“Anak berusaha untuk update dengan tren yang ada, salah satunya ngefans dengan artis pria yang kebetulan usianya lebih tua. Itu umum bagi praremaja dan remaja.”

Artikel lainnya: Posting Foto Pacar di Media Sosial Bisa Tingkatkan Kualitas Hubungan?

2 dari 4 halaman

Wajarkah Anak Jatuh Cinta dengan Pria Lebih Tua dan Bukan Artis?

Lalu, bagaimana bila yang disukainya bukan artis, melainkan pria yang memang ada di sekitarnya? Psikolog klinis bernama Carla Marie Manly, Ph. D., menjelaskan penyebab anak mulai jatuh cinta kepada sosok yang lebih tua.

Dilansir dari Parents, ia mengatakan, “Kondisi ini dipicu oleh kebutuhan alam bawah sadarnya yang ingin merasa aman dan dicintai. Sedangkan, alasan pria dewasa menyukai wanita yang jauh lebih muda adalah ingin mengontrol orang yang dicintai.”

Untuk kasus yang seperti ini, normal atau tidaknya dapat dilihat dari perbedaan usia mereka. Jika anak perempuan berusia di bawah 14 tahun sementara usia pasangan prianya sudah puluhan tahun, maka hal ini patut dipertanyakan.

Kita juga bisa mencari tahu perasaan apa yang sebenarnya dikembangkan oleh anak. Apakah jatuh cinta yang ia maksud adalah kekaguman terhadap profesi dan kemampuan si pria atau sudah sampai perasaan romantis?

Artikel lainnya: Kenali Gejala Erotomania, Delusi Cinta yang Tak Nyata

3 dari 4 halaman

Cara Menyikapi Anak Jatuh Cinta dengan Pria yang Jauh Lebih Tua

Sangat wajar bila orangtua khawatir anaknya akan menjadi korban seorang pedofil yang berkedok kekasih.

“Apalagi di masa remaja anak sudah mulai lebih fokus ke lingkungan pertemanan. Sering kali ortu jadi waswas karena kontrolnya semakin berkurang, sementara risiko dan kerentanan remaja terlibat masalah sosial juga tinggi,” kata Gracia.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan orangtua ketika anak suka dengan pria yang lebih tua yaitu:

  • Coba Jadi Teman Anak

Posisikan diri orangtua sebagai teman. Bila ingin anak terbuka, orangtua perlu berperan sebagai temannya. Dengan begini, Anda bisa mengetahui isi pikiran dan hatinya.

Biasakan rutin melakukan quality talk dengan anak. Jangan sungkan untuk membicarakan ketertarikan anak terhadap pria dewasa, baik artis maupun pria lain di lingkungannya. Tanyakan, apa yang membuatnya spesial?

Sebagai orangtua, kita tidak dapat mengontrol semua yang dilakukan remaja. Namun, terlibat dalam percakapan terbuka dengan anak secara rutin akan sangat membantunya ketika memilih pasangan yang tepat nantinya.

Artikel Lainnya: Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Memberi Kebebasan pada Anak

  • Perlahan Beritahu Risiko dan Batasan

“Fokuslah pada pengarahan tentang menjalin hubungan romantis dan kualitas seseorang yang layak dijadikan pasangan. Ini berkaitan dengan sex education juga,” jelas Gracia.

“Jelaskan batasan menjalin relasi lawan jenis, terutama hal apa yang bisa dilakukan untuk menjaga diri. Ini penting,” tegasnya. 

Saat menyampaikan, orangtua jangan terlihat cemas dan dramatis. Anda harus tetap tenang dan bijak. Tidak perlu terlalu menakut-nakuti karena anak justru jadi defensif.

  • Cukupi Kebutuhan Kasih Sayang dalam Keluarga

Hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah anak jatuh cinta dengan pria yang jauh lebih tua adalah dengan memberikan pengasuhan yang konsisten dan penuh kasih.

Pola asuh yang baik membantu menumbuhkan kepercayaan diri anak. Secara alami, hal ini akan menarik anak remaja untuk berkencan dengan orang seusianya.

Tak perlu khawatir bila anak menyukai sosok artis pria yang lebih tua. Yang patut dikhawatirkan di sini adalah ketika anak mulai jatuh cinta dengan pria yang jauh lebih tua dan dekat dengan lingkungannya.

Bila anak susah sekali terbuka dengan orangtua dan kekhawatiran Anda semakin memuncak, lebih baik minta bantuan tenaga profesional seperti psikolog.

Untuk informasi menarik lainnya seputar pola asuh anak dan kesehatan mental, download aplikasi KlikDokter!

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar