Sukses

Penyebab dan Cara Mengatasi Varises di Usia Muda

Varises biasanya dialami oleh orangtua. Namun, anak muda juga bisa mengalami varises. Ketahui penyebab varises di usia muda melalui ulasan di bawah ini.

Varises terjadi ketika pembuluh darah seseorang membesar dan mengalami pembengkakan. Pada beberapa kasus, varises dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan tidak nyaman. Kondisi ini sering ditemukan di bagian kaki, seperti area betis dan tungkai.

Varises sering dianggap sebagai kondisi kesehatan yang hanya dialami oleh orang lanjut usia. Kendati begitu, orang usia muda juga dapat mengalami varises juga, lho. Apa penyebab seseorang mengalami varises di usia muda?

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Varises di Usia Muda

Dijelaskan oleh dr. Reza Fahlevi, Sp. A, varises dapat dialami oleh orangtua maupun anak muda. Penyebab varises umumnya sama, yaitu ketika pembuluh darah mengalami pembesaran atau pelebaran yang mengakibatkan aliran darah jadi tidak lancar.

“Penyebabnya bisa jadi karena ada satu sumbatan, sumbatan struktur di pembuluh darah, atau sumbatan anatomi lain yang berada di atas pembuluh darah. Alhasil, aliran darah balik yang seharusnya balik lancar ke atas jadi tersumbat sehingga menimbulkan varises,” kata dr. Reza.

Lalu apa yang menyebabkan varises terjadi di usia muda? Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah faktor penyebab varises di usia muda.

1. Kehamilan

Varises dapat terjadi pada wanita yang hamil di usia muda. Pasalnya, peningkatan hormon progesteron dan estrogen akan menyebabkan pembuluh darah jadi membesar.

Lalu, ketika berat badan ibu hamil bertambah, hal ini dapat memberikan tekanan ekstra di bagian pembuluh darah dan bisa memicu munculnya varises.

Selain itu, kondisi hamil membuat aliran darah ibu jadi meningkat untuk mendukung pertumbuhan janin. Tekanan darah yang meningkat dan bertambah inilah yang bisa mengakibatkan varises.

Artikel Lainnya: Stoking untuk Varises, Efektifkah Pemakaiannya?

2. Obesitas

Orang yang mengalami berat badan berlebih atau obesitas rentan mengalami varises. Sebab, massa tubuhnya memberikan beban dan tekanan yang jauh lebih besar ke pembuluh darah.

Selain itu, orang bertubuh gemuk tidak dapat melihat pembengkakan pembuluh darah dengan mudah. Ini karena pembuluh darah di tubuhnya tertutup oleh lemak berlebih.

Tak hanya berisiko tinggi mengalami varises, orang dengan obesitas juga dapat terkena masalah pembuluh darah.

3. Sering Memakai Sepatu Hak Tinggi dan Pakaian Ketat

Wanita yang sering menggunakan sepatu hak tinggi berisiko mengalami tekanan di pembuluh darah dan dapat memicu terjadinya varises di kaki.

Selain itu, mengenakan pakaian yang ketat, khususnya celana, dapat memicu varises dan kondisi pembuluh darah yang mirip sarang laba-laba.

Artikel Lainnya: Overdosis Olahraga Bisa Sebabkan Varises?

4. Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

Dijelaskan oleh dr. Reza, ada kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan anak muda terkena varises. “Bisa karena terlalu lama olahraga, kurang pemanasan dan pendinginan, atau terlalu lama duduk di posisi yang sama,” ungkap dr. Reza

Tidak banyak bergerak atau gaya hidup sedentary adalah salah satu penyebab utama varises. Pada kasus anak muda, mereka dapat duduk di depan komputer selama berjam-jam di posisi yang sama.

Duduk atau berdiri dalam jangka waktu lama telah terbukti memiliki efek yang tidak baik bagi kesehatan pembuluh darah.

5. Keturunan

Faktor keturunan bisa menjadi salah satu penyebab munculnya varises di usia muda. Namun, tidak perlu khawatir, Anda dapat mencegah faktor keturunan ini dengan menjalani pola hidup sehat serta menghindari aktivitas yang dapat menyebabkan terjadinya varises.

Artikel Lainnya: Cara Alami Mengatasi Varises

2 dari 3 halaman

Adakah Cara untuk Menghilangkan Varises?

Dijelaskan oleh dr. Reza, bahwa varises memiliki derajat keparahan di setiap kasusnya, ada yang ringan dan ada juga yang berat. Tingkat keparahan ini tergantung dari lokasi dan jumlah varises yang dimiliki.

“Umumnya dokter akan memeriksa terlebih dahulu, kira-kira derajatnya derajat berapa dan apa tindakan yang mesti dilakukan, atau jenis tindakan apa yang dapat dilakukan. Pengobatannya banyak, pilihannya ada operasi, di suntikan sclerosing agent, dan lain-lain,” kata dr. Reza.

Berikut ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari terjadinya varises di usia muda:

  1. Olahraga secukupnya
  2. Jangan duduk terlalu lama, cobalah untuk bangun dari kursi setiap 30 menit sekali.
  3. Jangan berdiri terlalu lama, cobalah istirahatkan kaki setiap 30 menit sekali.
  4. Hindari berendam di air hangat terlalu lama.
  5. Jaga pola makan sehat, kurangi makanan cepat saji atau makanan yang mengandung lemak tinggi.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan agar masa muda Anda terhindar dari varises. Ingin tahu pola hidup yang sehat untuk anak muda, Anda bisa memanfaatkan layanan Live Chat atau baca terus artikel kesehatan di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar