Sukses

Kenali Fungsi Penting Mulut dan Bagian-bagiannya

Fungsi mulut pada tubuh sangat penting dalam menunjang kesehatan. Intip berbagai kegunaan mulut dan bagian-bagiannya di sini!

Mulut merupakan salah satu bagian yang sangat penting pada tubuh. Dengan organ ini, berbagai macam makanan dapat dinikmati hingga akhirnya dicerna tubuh.

Selain fungsi mulut dalam sistem pencernaan, organ ini juga berperan dalam pembentukan kemampuan bicara seseorang.

Nah, di luar fungsi-fungsi tadi, apa Anda sudah memahami betul bagian-bagian pada mulut dan kegunaannya? Yuk, baca ulasannya berikut ini.

Mulut dan Bagian-bagiannya

Rongga mulut terdiri atas beberapa organ lain, seperti gigi, gusi, frenulum, bibir, langit-langit, pipi, lidah, kelenjar ludah, dan uvula yang bekerja sama dalam melakukan seluruh fungsinya. 

Batas-batas mulut ditentukan oleh bibir, pipi, langit-langit keras dan lunak, serta glotis.

Artikel Lainnya: Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Fungsi dari mulut dapat dijelaskan dari struktur atau bagian dari mulut. Di dalam rongga mulut, terdapat beberapa struktur dan fungsinya, yaitu:

1. Bibir

Bibir memiliki dua struktur yang dapat bergerak fleksibel dan berotot. Bagian ini menandai pembatas antara kulit dan area mulut yang dinamakan mukosa.

Fungsi dari bibir, yaitu membantu mempertahankan makanan berada di dalam mulut untuk proses pengunyahan, serta berbicara dan estetika.

2. Gigi 

Seseorang memiliki dua set gigi di rongga mulut. Rata-rata anak memiliki 20 gigi sulung (gigi susu) yang lengkap pada usia 3 tahun.

Gigi sulung mulai tanggal antara usia 6-7 tahun. Secara bertahap, gigi tersebut akan digantikan oleh gigi permanen (gigi dewasa). 

Pada sekitar usia 21 tahun, rata-rata orang memiliki 32 gigi permanen yang terdiri atas 16 gigi di rahang atas dan 16 di rahang bawah.

Fungsi gigi pada rongga mulut, yaitu membantu proses bicara, menghaluskan makanan, dan estetika.

3. Gusi 

Bagian yang berwarna merah muda ini terdiri dari jaringan fibrosa yang melapisi lengkungan alveolar dan memeluk gigi. 

Gusi berfungsi untuk melindungi tulang rahang dan akar gigi.

4. Lidah  

Lidah hampir seluruhnya terdiri dari serat otot. Organ ini dibagi menjadi oral (ujung, depan, tengah, dan belakang) dan faring (tenggorokan).

Lidah berfungsi untuk membantu mengecap rasa, berbicara, dan menelan.

Artikel Lainnya: Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Berkumur Minyak Kelapa

5. Langit-Langit 

Mulut terdiri dari langit-langit keras dan lunak. Langit-langit keras adalah tulang atap mulut, sedangkan langit-langit lunak adalah lipatan selaput yang menggantung di antara rongga mulut dan bagian belakang tenggorokan.

Fungsi langit-langit mulut, yaitu membantu proses pencernaan makanan dan mencegah makanan naik ke hidung.

6. Kelenjar Ludah

Bagian ini berfungsi membuat air liur agar kelembapan mulut terjaga. Kelenjar ludah juga mengandung enzim untuk memecah makanan. Kelenjar ini ditemukan pada berbagai area di sekitar mulut, termasuk pipi bagian dalam.

Air ludah berfungsi untuk membasahi rongga mulut agar tidak kering, membantu proses pengunyahan, dan sebagai self-cleansing untuk membersihkan gigi dari sisa makanan yang menempel.

Fungsi Mulut pada Sistem Tubuh Manusia

Setelah mengenal bagian-bagian mulut dan fungsinya, saatnya Anda mengetahui apa saja kegunaan mulut pada tubuh secara keseluruhan:

1. Pencernaan

Fungsi mulut yang utama adalah sebagai tahap pertama dalam sistem pencernaan. Pencernaan dimulai saat makanan dimasukkan ke mulut, digiling oleh gigi, dan dibasahi dengan air liur.

Air liur memiliki enzim yang disebut amilase untuk memecah karbohidrat menjadi gula. Selanjutnya, lidah akan membantu mendorong makanan yang basah dan lembut ke bagian belakang mulut tempat ia dapat ditelan.

Sebuah lipatan kulit yang disebut epiglotis menutup tenggorokan (trakea) untuk memastikan makanan diarahkan ke kerongkongan (saluran yang menuju ke perut).

Artikel Lainnya: Penyebab Mulut Terasa Asam, Apakah Berbahaya?

2. Komunikasi

Mulut dapat membantu mengeluarkan suara dan berbicara. Rongga mulut menjadi organ yang berperan dalam proses mengeluarkan kata.

Proses dimulai dari udara yang masuk melalui rongga mulut, lalu melewati pita suara di laring. Udara akan membuat pita suara bergetar sehingga menghasilkan suara.

Selanjutnya, lidah dan bibir akan membantu dengan gerakannya untuk membentuk suara yang keluar agar jelas terdengar.

3. Pernapasan

Fungsi mulut lainnya pada manusia adalah membantu pernapasan berkat adanya organ palatum (langit-langit).

Palatum merupakan pemisah antara rongga mulut dengan rongga hidung. Juga sebagai pengontrol untuk jalannya napas dan saat proses masuknya makanan.

Jadi pada saat proses menelan, langit-langit dan uvula bergerak ke atas sehingga makanan langsung terarah menjauh dari rongga hidung atau langsung ke orofaring.

4. Pengecapan

Organ lidah berperan sangat besar, karena permukaannya memiliki papila-papila yang terdiri atas vallate, fungiform, foliate, dan filiform.

Di atas papila-papila tersebut terdapat taste buds yang berfungsi memberikan persepsi rasa. Taste bud ini terhubung dengan saraf-saraf yang bisa mendeteksi rasa asin, manis, asam, gurih dan pahit, lalu meneruskan sinyal rasa tersebut ke otak.

Itu dia berbagai fungsi hebat mulut bagi tubuh. Agar rongga mulut dapat berperan secara optimal, maka Anda perlu selalu menjaga kesehatan mulut dan bagian-bagiannya.  

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar kesehatan gigi dan mulut, Anda bisa konsultasi dengan dokter gigi lewat Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar