Sukses

Stres karena Dicuekin Pasangan? Ini Tips Mengatasinya

Punya pasangan yang cuek rasanya memang suka bikin sebal! Akan tetapi, wajarkah kalau sampai stres dan bagaimana mengatasinya?

Ketika menjalin hubungan, perhatian pasangan merupakan salah satu hal penting untuk menjaga keharmonisan. Akan tetapi, tidak sedikit hubungan yang tak kunjung harmonis akibat pasangan cuek.

Sikap cuek memang kembali kepada pribadi masing-masing. Respons atau feedback dari tiap-tiap orang yang menerimanya pun belum tentu sama. Mungkin ada yang tidak terlalu mempermasalahkan sifat cuek, namun ada juga yang benar-benar tidak suka.

Tak bisa dimungkiri, keluhan perihal pasangan yang cuek memang kerap jadi masalah dalam hubungan. Adakalanya hal itu membuat seseorang stres. Apakah kondisi ini wajar terjadi atau bisa berdampak buruk pada kesehatan mental?

1 dari 3 halaman

Stres karena Pasangan Cuek, Wajarkah?

Wajar tidak, ya, kalau sampai stres karena dicuekin pacar? Tenang saja, menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, hal ini lumrah terjadi.

Ia mengatakan, mendapat perhatian dari pasangan merupakan kebutuhan standar manusia. Kalau pasangan cuek-cuek saja, bisa saja salah satu pihak merasa stres.

"Wajar kalau seseorang merasa stres dan jadi kepikiran kalau punya pasangan yang cuek, karena ada kebutuhannya yang tidak terpenuhi," ungkap Ikhsan. 

"Bisa jadi orang tersebut berharap dapat diperhatikan oleh pasangannya, selalu ditemani, dan dimengerti," sambungnya.

Namun, Anda jangan langsung kesal dan marah sepihak ketika dicuekin pasangan. Cuek bukan merupakan sikap negatif atau buruk dalam hubungan. Pada dasarnya, memang ada orang-orang yang punya sifat cuek sejak kecil.

Artikel lainnya: Setiap Orang Punya Tipe Pasangan Ideal, Mengapa Bisa Begitu?

Nah, hal yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar sifat cuek pasangan Anda. Kalau terlalu berlebihan sampai mengabaikan pasangan, hal ini perlu dibicarakan.

"Pasangan cuek boleh saja, tapi sejauh mana cueknya? Apakah selalu cuek bahkan sampai mengabaikan pasangan?" kata Ikhsan.

"Kalau sering begitu dan sampai membuat pasangan tidak nyaman, itu yang perlu didiskusikan kembali," sarannya.

Pasalnya, keadaan tersebut akan berimbas pada hubungan Anda dan pasangan. Bila salah satu pihak memendam rasa tidak nyaman akibat dicukin pasangan, tentu hal ini akan mengganggu kelancaran hubungan.

Artikel lainnya: Terus Semangat, Ini Cara Mendampingi Pasangan dengan Gangguan Mental

2 dari 3 halaman

Tips Antistres Hadapi Pasangan Cuek

Dicuekin pasangan secara berlebihan memang bisa menimbulkan stres. Jangan mau tenggelam dalam kondisi tersebut, yuk atasi stres karena pasangan cuek dengan tips ini:

1. Memahami Pasangan

"Coba pahami kembali pasangan Anda. Apakah dia memang wataknya cuek atau hanya cuek dari ekspresi wajahnya?" kata Ikhsan. 

"Dengan memahami pasangan, Anda akan terbantu agar tidak begitu stres dan siap menghadapi sifatnya yang cuek," sambungnya.

2. Bicarakan Sifat Cueknya 

"Kemudian, coba komunikasikan apa yang membuat dia cuek dalam beberapa hal. Apakah cuek itu sifatnya mengganggu dan merugikan atau tidak?" saran Ikhsan.

Bicarakan secara baik-baik supaya satu sama lain saling memahami apa yang dirasakan. Jangan hanya melempar kode-kode tapi pasangan tidak menangkap pesan yang Anda sampaikan. Kondisi itu bisa berujung keributan!

Artikel Lainnya: Cepat Cinta Apakah Benar Cepat Benci, Ini Kata Psikolog

3. Lihat Juga Sisi Positif Pasangan

Setiap orang punya sisi positif yang bisa dibanggakan, begitu juga dengan pasangan Anda meskipun dia cuek.

"Lihat kembali sisi positif dari pasangan. Alasan Anda memilih dia tentu karena ada hal positifnya juga. Bila memang cuek sudah jadi kepribadiannya, coba lihat hal positif apa yang dia miliki supaya tidak fokus pada cueknya saja," ujar Ikhsan.

Stres karena pasangan cuek memang wajar. Akan tetapi, kondisi ini perlu diselesaikan dan dikomunikasikan dengan baik agar hubungan asmara tetap membahagiakan kedua belah pihak.

Ingin tahu tips cinta lainnya dari psikolog? Yuk, download aplikasi KlikDokter!

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar