Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Penyebab Anak Introvert, Benarkah Menurun dari Orangtua?

Penyebab Anak Introvert, Benarkah Menurun dari Orangtua?

Genetik alias keturunan dituding sebagai salah satu faktor penyebab anak introvert. Apakah tudingan tersebut sesuai dengan fakta medis? Yuk, cari tahu!

Introvert identik dengan seseorang yang punya kepribadian penyendiri dan pendiam. Keadaan tersebut ternyata tak hanya dialami orang dewasa, tapi juga anak-anak.

Salah satu hal yang diduga menjadi penyebab introvert pada anak adalah faktor genetik alias keturunan. 

Apakah hal tersebut sesuai dengan fakta medis? Benarkah introvert adalah kondisi yang diturunkan orangtua kepada anaknya?

1 dari 3 halaman

Benarkah Faktor Penyebab Anak Introvert?

Berdasarkan Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog., hal yang menjadi faktor penyebab introvert pada anak sebenarnya bisa karena keturunan dan kondisi lingkungan.

Hal senada juga diungkapkan oleh penulis buku The Hidden Gifts of the Introverted Child: Helping Your Child Thrive in an Extroverted World, Dr. Marti Olsen Laney.

“Ya, anak-anak dilahirkan dengan temperamen bawaan dan orangtua punya peran penting untuk bagaimana kondisi itu dipelihara," ungkap Laney.

Pengaruh genetika pada sikap introvert—atau ekstrovert, kata Laney, bukanlah isapan jempol belaka. 

Artikel Lainnya: Anak Introver dan Pemalu Itu Beda, Lho!

Laney telah mengumpulkan beberapa penelitian neurologis tentang introvert. Dari sana, ia menelaah seberapa besar faktor genetik mempengaruhi tipe kepribadian  seorang anak. 

Menurut Laney, dasar seseorang dikatakan introvert terletak pada biokimia. Otak manusia memiliki campuran lebih dari 60 neurotransmitter—bahan kimia yang menentukan dengan tepat bagaimana otak bekerja. 

Perbedaan pada neurotransmitter di otak yang membentuk kepribadian introvert ditentukan oleh gen. Faktor tersebut sudah ada sejak seseorang dilahirkan. 

Dengan kata lain, anak-anak bisa menunjukkan kecenderungan menjadi seorang introvert —atau ekstrovert— sejak mereka dilahirkan.

Artikel Lainnya: Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua Jika Anak Tidak Punya Teman

2 dari 3 halaman

Faktor Lain yang Menyebabkan Anak Introvert

Seperti telah diungkit oleh Ikhsan, penyebab anak introvert tak sepenuhnya genetik. Kondisi lingkungan juga bisa memengaruhi. 

"Faktor lingkungan inilah yang punya pengaruh paling besar," tegas Ikhsan.

Ikhsan berujar, faktor lingkungan yang dimaksud adalah pola asuh: bagaimana keluarganya bersikap, kondisi tempat si anak tumbuh dan berkembang, serta keadaan dari teman-temannya. 

"Nilai dan budaya yang ditanamkan ke anak juga bisa mempengaruhi terbentuknya sikap introvert padanya," tegas Ikhsan.

Artikel Lainnya: Tips Mudah Bergaul bagi si Introver yang Pemalu

Terlepas dari kemungkinan tersebut, kepribadian introvert bukanlah sesuatu yang bernuansa negatif. Kondisi ini pun punya beberapa kelebihan dari segi kesehatan.

Faktanya, orang dengan kepribadian introvert lebih mungkin terhindar dari obesitas. Mereka pun cenderung punya tidur malam yang berkualitas, bisa berpikir lebih dalam, dan penuh dengan kreativitas sehingga sering punya ide yang tidak terduga.

Selain itu, orang introvert juga punya hal-hal lain yang mungkin tidak dimiliki oleh tipe kepribadian lainnya. Baca selengkapnya di sini: Manfaat Sehat Menjadi Seorang Introvert.

Kini Anda sudah tahu informasi mengenai introvert keturunan dan turut dipengaruhi kondisi lingkungan, bukan? Apabila Anda penasaran tentang kepribadian anak, tak perlu ragu untuk konsultasi kepada psikolog melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar