Sukses

Pijatan untuk Atasi Konstipasi pada Bayi

Bayi Anda mengalami sembelit sampai terus-menerus rewel? Jangan panik! Yuk, coba lakukan sendiri pijat bayi sembelit di rumah. Begini caranya!

Bayi memang lebih rentan mengalami konstipasi karena sistem pencernaannya belum berkembang sempurna selayaknya orang dewasa. Saat sembelit menyerang, si kecil jadi rewel seharian hingga membuat Anda pusing tujuh keliling. 

Nah, jangan keburu senewen dulu, Bund! Coba bantu atasi keluhan bayi Anda dengan pijatan. Apa dan bagaimana cara pijat bayi sembelit? Berikut ulasannya.

 

1 dari 4 halaman

Tanda-tanda Konstipasi pada Bayi

Untuk mengetahui konstipasi atau sembelit pada bayi memang butuh kepekaan orangtua dalam memantau kondisi bayinya. Terkadang, tangisan bayi seharian belum tentu karena masalah konstipasi.

Selain itu, perhatikan juga bentuk feses bayi. Apabila feses berbentuk seperti kerikil yang keras, boleh jadi itu akibat sembelit.

Cek juga frekuensi buang air besar (BAB) si kecil. Jika mereka absen BAB dua hari atau bahkan lebih, bayi mungkin sedang menderita sembelit.

Artikel lainnya: Terapi Pijat Pada Bayi, Kapan Sebaiknya Mulai Dilakukan?

Selain hal-hal tersebut, perhatikan juga tanda-tanda sembelit pada bayi berikut:

  • Tinja yang jarang dan sulit dikeluarkan.
  • Berusaha mengejan dan BAB lebih keras dari biasa.
  • Tinja cair (seperti diare) yang mungkin keluar dari kotoran padat yang tertinggal di dalam.
  • Perut kembung karena gas.
  • Kram perut.
2 dari 4 halaman

Lakukan Teknik Pijat untuk Atasi Konstipasi pada Bayi

Berbeda dengan orang dewasa yang tahu apa yang harus dilakukan dan dimakan saat konstipasi, bayi tidak bisa berbuat apa-apa sendiri. Anda bisa menolongnya dari kondisi tersebut dengan melakukan teknik pijatan. 

Menurut dr. Devia Irine Putri, pijatan sangat bagus sebagai pertolongan pertama. Namun, sebelum memulai pijat bayi konstipasi, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Pilih waktu yang tepat. Jangan mencoba memijat bayi Anda sebelum atau sesudah makan, atau ketika dia perlu tidur siang.
  • Singkirkan perhiasan yang dapat mengiritasi kulit bayi Anda.
  • Letakkan bayi di atas handuk yang lembut dan hangat di tengah tempat tidur atau kalau mau di lantai dialasi dulu dengan karpet.
  • Gosokkan krim atau minyak di tangan Anda sebelum menyentuh bayi Anda, untuk menghangatkan tangan Anda dan krim.

Artikel lainnya: Kiat Praktis Atasi Sembelit pada Anak

Soal tekniknya, berikut cara memijat bayi agar tidak sembelit:

1. Teknik I Love You

Teknik ini sudah sangat terkenal dan dipercaya manjur mengatasi sembelit. Anda tinggal memijat perut dengan membentuk huruf I, L, dan Y.

Buat gerakan huruf I dengan jari Anda dengan menekan perut secara lembut dari atas ke bawah. Lakukan gerakan yang sama juga untuk membentuk huruf L. Terakhir, bentuk huruf Y di perut si kecil.

"Kebanyakan orang tua harus sambil berbicara kepada anaknya. Sambil bilang ‘I love you’," kata dr. Devia Irine.

2. Gerakan Spiral

Letakkan telunjuk Anda di dekat pusar bayi. Mulailah menggerakkan jari searah jarum jam, melingkar ke tepi perutnya. Konon, arah ini mengikuti garis pencernaan bayi dan membantu menciptakan gerakan internal.

3. Menggoyangkan Pinggul

Luruskan kaki bayi Anda atau tekuk lututnya, lalu perlahan goyangkan pinggulnya dari satu sisi ke sisi lain. Gerakan ini dapat membantu sistem pencernaan bayi, khususnya saat sedang sembelit.

Artikel lainnya: Cara Mudah Jaga Kesehatan Bakteri Saluran Pencernaan Anak 

4. Gerakan Mengayuh Sepeda

Pegang kaki anak Anda dengan tangan. Lalu, gerakkan kakinya seperti sedang mengayuh sepeda, dari atas ke bawah.

Ingat, semua gerakan di atas harus dilakukan secara lembut dan tenang. Jangan lakukan secara kasar atau terlalu keras. Hal ini untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Keamanannya?

Tampaknya gerakan pijat bayi sembelit di atas tidak terlalu sulit. Lantas, apakah teknik tadi relatif aman dilakukan sendiri oleh orangtua?

"Sebenarnya aman kalau dilakukan dengan lembut. Usia berapa pun boleh mendapatkan pijatan ini. Pijat bayi sembelit itu juga biasanya jadi kesatuan dengan pijat bayi seluruh badan," dr. Devia Irine menjawab.

Akan tetapi, perhatikan ya, bila si kecil mengalami satu atau lebih kondisi di bawah ini, segeralah bawa ke dokter:

  • Bayi Anda sangat rewel dan sepertinya mengalami sakit perut.
  • Anda melihat darah di anus anak.
  • Sembelit bayi Anda tidak membaik dengan pengobatan pijatan ini.

Pijat bayi sembelit bisa menjadi pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan. Bonusnya lagi, bonding Anda dan buah hati akan semakin terjalin erat, bukan?

Jangan ketinggalan informasi seputar kesehatan dan nutrisi bayi dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar