HomeIbu Dan anakKesehatan BayiPijat Bayi untuk Atasi Sembelit, Apakah Ampuh?
Kesehatan Bayi

Pijat Bayi untuk Atasi Sembelit, Apakah Ampuh?

dr. Devia Irine Putri, 30 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Si Kecil mengalami sembelit sampai terus-menerus rewel? Jangan panik, coba lakukan sendiri pijat bayi di rumah untuk membantu mengatasinya.

Pijat Bayi untuk Atasi Sembelit, Apakah Ampuh?

Bayi memang lebih rentan mengalami konstipasi karena sistem pencernaannya belum berkembang sempurna selayaknya orang dewasa. Saat sembelit menyerang, anak jadi rewel seharian hingga membuat orang tua pusing tujuh keliling. 

Tak hanya rewel, beberapa tanda sembelit lainnya adalah perubahan bentuk tinja yang seperti kerikil dan frekuensi BAB yang mulai jarang. 

Apabila bayi mengalami kondisi ini, jangan keburu senewen dulu ya. Coba bantu atasi sembelit tersebut dengan melakukan pijat bayi

Adakah Manfaat Pijat untuk Bayi Sembelit?

Pijat bayi adalah hal yang aman dilakukan. Tak hanya membantunya merasa rileks dan meningkatkan ikatan antara orang tua dan bayi, tindakan ini juga turut mengatasi masalah sembelit. 

Selama dilakukan dengan perlahan atau secara lembut, melakukan pijat untuk bayi sembelit aman dilakukan oleh orang tua di rumah. 

Namun, apabila muncul gejala seperti keluar darah dari anus, masalah sembelit sudah lebih dari satu minggu, bayi menjadi rewel, muntah, ataupun lemas, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan.

Artikel Lainnya: Untung-Rugi Pijat Bayi dengan Minyak Zaitun

Cara Memijat Bayi agar Tidak Sembelit

Untung-Rugi Pijat Bayi dengan Minyak Zaitun

Sebelum memulai pijat bayi untuk anak yang sedang sembelit, sebaiknya orang tua memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Pilih waktu yang tepat. Jangan mencoba memijat bayi sebelum atau sesudah makan, atau ketika dia perlu tidur siang agar tak rewel. Sebaiknya tunggu kira-kira 45 menit setelah jam makan.
  • Singkirkan perhiasan yang mungkin dapat mengiritasi kulit bayi.
  • Letakkan bayi di tempat yang nyaman, misalnya di atas handuk yang lembut dan hangat di tengah tempat tidur. Jika di lantai, maka alasi dahulu dengan karpet atau kain.
  • Gunakan krim atau minyak untuk memijat bayi. Orang tua bisa mengoleskan dahulu krim atau minyak di tangan sebelum menyentuh bayi.

Apabila orang tua sudah mempersiapkan ini, berikut adalah cara pijat bayi sembelit yang dapat dipraktikkan di rumah:  

1. Teknik I Love You

Teknik ini sudah sangat terkenal dan dipercaya manjur mengatasi sembelit. Orang tua dapat memijat perut dengan membentuk huruf I, L, dan Y.

Buatlah gerakan huruf I dengan jari untuk menekan perut secara lembut dari atas ke bawah. Lakukan gerakan yang sama untuk membentuk huruf L. Terakhir, bentuk huruf Y di perut anak.

Saat memijat, pastikan tetap ada kontak mata antara orang tua dan anak. Jangan lupa ajak bayi untuk berkomunikasi, misalnya panggil namanya dengan lembut, tanyakan apakah ini nyaman atau tidak, dan sebagainya. 

Jika bayi merasa tidak nyaman seperti menangis atau rewel, orang tua bisa hentikan pijatan dan memeluknya.  

Artikel Lainnya: Bolehkah Memberikan Buah Naga Saat Anak Susah BAB?

2. Gerakan Spiral

Pijat bayi yang satu ini juga dapat mengatasi sembelit. Caranya, letakkan telunjuk orang tua di dekat pusar bayi. Lalu, mulailah menggerakkan jari searah jarum jam, melingkar ke tepi perutnya. 

Konon, arah ini mengikuti garis pencernaan bayi dan membantu menciptakan gerakan internal. 

Jika telah usai memutar, letakkan telapak tangan di perut anak untuk memberikan kehangatan dan rasa nyaman kepadanya. 

3. Menggoyangkan Pinggul

Orang tua dapat menggoyangkan pinggul bayi untuk membantu menangani sembelit. 

Caranya, luruskan kaki bayi atau tekuk lututnya. Setelah itu, perlahan goyangkan pinggulnya dari satu sisi ke sisi lain. 

Gerakan ini dipercaya dapat membantu sistem pencernaan bayi, khususnya saat sedang susah buang air besar (BAB). 

4. Gerakan Toes to Nose

Untuk bayi yang susah BAB, cara pijat yang satu ini dapat membantu. Sesuai dengan namanya, gerakan ini menyentuhkan kaki ke arah hidung bayi. 

Caranya mudah, rapatkan kedua telapak kaki bayi lalu goyangkan atau angkat hingga dapat menyentuh hidungnya. Ulangi gerakan ini beberapa kali untuk membantu menghilangkan gas yang terkumpul di perut. 

5. Gerakan Mengayuh Sepeda

Ini adalah gerakan pijat bayi yang tak asing untuk dilakukan. Caranya, pegang kaki bayi dengan kedua tangan orang tua. Lalu, gerakkan kakinya seperti sedang mengayuh sepeda, dari atas ke bawah.

Artikel Lainnya: Gangguan Pencernaan yang Rentan Dialami Anak

Itulah beberapa cara pijat bayi untuk atasi sembelit. Orang tua bisa melakukannya di rumah sekaligus meningkatkan ikatan antara Mama, Papa, dan anak. Jangan lupa juga bahwa gerakan-gerakan tersebut harus dilakukan secara lembut dan tenang. 

Selain dengan pijatan, mengobati sembelit juga dapat dilakukan dengan cara meningkatkan jumlah asupan cairan dan memperhatikan kembali makanan yang dikonsumsi bayi. 

Pijatan lembut bisa menjadi pertolongan pertama sembelit pada bayi. Namun, jika masalah susah BAB tetap tak teratasi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. 

Apabila punya pertanyaan mengenai kesehatan anak, orang tua dapat menggunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi. Informasi kesehatan anak yang terbaru juga bisa didapat dengan download aplikasi KlikDokter. #JagaSehatmu dan keluarga selalu, ya!

[RS]

BayiSembelit

Konsultasi Dokter Terkait